Rincian Formasi dan Persyaratan CPNS BPKP, Ada Auditor sampai Tenaga Ahli

Terdapat sebanyak 831 formasi yang disediakan dalam CPNS 2024 ini. Jenis pekerjaannya pun beragam, mulai dari auditor, tenaga ahli, hingga analis di lingkup BPKP.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 03 Sep 2024, 15:50 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 15:50 WIB
Gedung kantor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP)
Gedung kantor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) (dok: Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) turut membuka sejumlah formasi dalam seleksi Calon Aparatus Sipil Negara (CASN) atau CPNS. Pada CPNS BPKP Tahun 2024 ini, dibuka sebanyak 18 jabatan.

Mengutip laman resmi BPKP, terdapat sebanyak 831 formasi yang disediakan dalam CPNS 2024 ini. Jenis pekerjaannya pun beragam, mulai dari auditor, tenaga ahli, hingga analis di lingkup BPKP.

Rinciannya, ada jabatan Auditor Ahli Pertama yang dibuka sebanyak 100 formasi. Syarat pendaftar CPNS jabatan ini adalah lulusan D-IV atau S-1 di dengan beberapa bidang studi. Diantaranya, Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Administrasi Negara, Administrasi Bisnis, Administrasi Publik, Teknik Informatika, Teknik Sipil, hingga Statistika dan Ilmu Hukum.

Kemudian, ada posisi Auditor Terampil yang dibuka sebanyak 500 formasi. Kriteria pendaftar diharapkan minimal lulusan D-III dari berbagai bidang studi. Mulai dari Akuntansi Perpajakan, Manajemen, Administrasi, Statistika Bisnis, Administrasi Bisnis, hingga Manajemen Keuangan.

Lalu, posisi Analis Kebijakan Ahli Pertama yang dibuka sebanyak 6 formasi. Syarat pendaftar CPNS BPKP jabatan ini mencakup lulusan S-1 dan D-IV dari bidang studi Administrasi Publik, Ilmu Pemerintahan Studi Pemerintahan, Administrasi Negara, Manajemen, dan Studi Kebijakan Publik.

Berikutnya, Perencana Ahli Pratama sebanyak 10 formasi. Lulusan D-IV dan S-1 menjadi yang dicari dari bidang srudi Manajemen, Kebijakan Publik, hingga Administrasi Negara.

Selanjutnya, ada posisi Konselor Sumber Daya Manusia sebanyak 34 formasi. Syaratnya adalah Lulusan S-1 dari bidang studi Psikologi atau Bimbingan dan Konseling. Ada pula Asesor Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Pertama sebanyak 6 formasi dengan kriteria lulusan S-1 Psikologi.

Kemudian, Analis Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Pertama sebanyak 20 formasi. Kualifikasi pendidikan yang dicari adalah lulusan D-IV dan S-1 dari jurusan Ilmu Pemerintahan, Manajemen, Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik, hingga Teknik Informatika.

Lalu, Prabara Sumber Daya Manusia Aparatur Terampil sebanyak 20 formasi dengan kualifikasi lulusan yang dicari adalah D-III dari bidang studi Teknollgi Informasi, Administrasi Negara, Manajemen Personalia, sampai Kesekretariatan dan Teknik Komputer.

Selanjutnya, Analis Hukum Ahli Pertama sebanyak 5 formasi. Kualifikasi pendidikan yang dicari adalah S-1 Hukum. Posisi Perancang Peraturan Perundang-Undangan Ahli Pertama sebanyak 7 formasi dengan kualifikasi lulusan S-1 Hukum.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Posisi CPNS BPKP Lainnya

800 Peserta Ikuti Tes SKD CPNS
Peserta mengikuti proses Tes Standar Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di BKN, Jakarta, Kamis (2/9/2021). Sebanyak 800 peserta mengikuti tes yang dibagi dua sesi dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Lalu, Analis Anggaran Ahli Pertama sebanyak 3 formasi. Kualifikasi pendidikan pendaftar CPNS BPKP posisi ini adalah S-1 dari jurusan Ekonomi, Hukum, Administrasi Bisnis, dan Administrasi Publik.

Selanjutnya, Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Pertama sebanyak 10 formasi. Kualifikasi pendidikan yang dicari adalah lulusan D-IV dan S-1 dari jurusan Akuntansi Sektor Publik, Ekonomi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, hingga Hukum.

Kemudian, posisi Pranara Keuangan APBN Terampil sebanyak 13 formasi dengan kualifikasi pendidikan lulusan D-III dari jurusan Akuntansi, Manajemen, Perbankan dan Keuangan, Manajemen Pajak, hingga Administrasi Publik.

Berikutnya, posisi Statistisi Ahli Pertama sebanyak 2 formasi dengan kualifikasi pendidikan D-IV dan S-1 jurusan Sains Data Terapan, Statistika Terapan, Matematika, hingga Sains Data Spasial.

Ada posisi Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Pertama sebanyak 3 formasi dengan lulusan D-IV dan S-1 dari Manajemen Aset Sektor Publik, Manajeme, Ekonomi, hingga Ekonomi Pembangunan. Posisi Penata Laksana Barang Terampil sebanyak 31 formasi dengan kualifikasi pendidikan D-III jurusan Akuntansi, Sistem Informasi Akuntansi, hingga Manajemen Aset.

 


Arsiparis Terampil dan Pranara Komputer

Selanjutnya, posisi Arsiparis Terampil sebanyak 25 formasi dengan kualifikasi pendidikan D-III dari jurusan Kearsipan, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Administrasi Perkantoran, hingga Administrasi Publik.

Serta, posisi Pranara Komputer Terampil sebanyak 36 formasi dengan kualifikasi pendidikan D-III dari jurusan Teknologi Informasi, dan Sistem Informasi.

Perlu diketahui, informasi lengkap terkait persyaratan dan cara daftar CPNS BPKP bisa diakses melalui laman resmi BPKP.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya