Daftar 10 Pemain Timnas Termahal di ASEAN, Thom Haye Tergusur

Thom Haye, gelandang berbakat asal Belanda, tak lagi sebagai pemain termahal di ASEAN menurut data terbaru dari Transfermarkt.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 04 Sep 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2024, 06:00 WIB
Timnas Indonesia vs Filipina: Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Thom Haye setelah mencetak gol pertama ke gawang Filipina pada laga terakhir Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta Thom Haye dinobatkan sebagai pemain dengan nilai transfer tertinggi di Asia Tenggara. Berdasarkan data Transfermarkt, gelandang asal Indonesia ini memiliki nilai jual yang mencapai 3 juta euro atau sekitar Rp 51,5 miliar. Angka Thom Haye tersebut sempat menjadikannya sebagai pemain termahal di kawasan ASEAN.

Lantas siapa yang berhasil menyalip Thom Haye di peringkat atas? Dia adalah pemain Timnas Singapura terbaru, yaitu Perffy Ng. Perffy Ng merupakan salah satu pemain naturalisasi Singapura-Inggris yang saat ini menjadi pemain andalan Cardiff City, klub yang bermain di EFL Championship. 

Data Transfermarkt menyatakan, pemain termahal berdarah Singapura ini memiliki nilai pasar mencapai 3,8 juta euro atau setara dengan Rp 65,2 miliar.

Kiprah Thom Haye 

Sementara itu, Thom Haye saat ini masih berstatus tanpa klub setelah kontraknya dengan SC Heerenveen berakhir pada 30 Juni 2024.

Beberapa klub Eropa, seperti NAC Breda, Oxford United, hingga Dinamo Zagreb, dikabarkan tertarik untuk merekrut pemain berusia 28 tahun ini. Namun, hingga kini belum ada kepastian terkait langkah selanjutnya dalam karier Haye.

Tak hanya Haye, Timnas Indonesia juga menyumbang banyak pemain dengan label mahal. Calvin Verdonk, bek Timnas Indonesia, dengan nilai transfer 2,5 juta euro atau sekitar Rp 42 miliar. Verdonk, yang berusia 27 tahun, juga menjadi salah satu pemain dengan harga tertinggi di kawasan ASEAN.

Selain Haye dan Verdonk, dua pemain naturalisasi Indonesia, Jay Idzes dan Maarten Paes, juga masuk dalam jajaran empat besar pemain termahal Asia Tenggara.

Idzes, yang bermain untuk Venezia di Serie A, dan Paes, kiper FC Dallas di MLS, masing-masing memiliki nilai transfer sebesar 2,5 juta euro (Rp 42 miliar) dan 1,5 juta euro (Rp 25 miliar).

Sandy Walsh, bek Timnas Indonesia yang bermain untuk KV Mechelen, melengkapi daftar pemain Indonesia di posisi teratas Asia Tenggara dengan nilai transfer 1,3 juta euro. Walsh juga tengah mempersiapkan diri untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 bersama Timnas Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daftar Pemain Termahal di ASEAN

Foto: Mengintip Sesi Latihan Maarten Paes Bersama Skuad MLS All-Stars
Calon kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes terpilih untuk menjadi salah satu pemain dari MLS All-Stars. Tim tersebut rencananya akan berlaga melawan Liga MX All-Stars, alias para pemain bintang dari Meksiko. (AFP/Jason Mowry)
  1. Perffy Ng - 3,8 juta euro (Timnas Singapura/Cardiff City)
  2. Thom Haye - 3 juta euro (Timnas Indonesia/Tanpa Klub)
  3. Calvin Verdonk - 2,5 juta euro (Timnas Indonesia/NEC Nijmegen)
  4. Jay Idzes - 2,5 juta euro Timnas Indonesia/Venezia)
  5. Maarten Paes - 1,5 juta euro (Timnas Indonesia/FC Dallas)
  6. Raphael Obermair - 1,5 juta euro (Timnas Filipina/SC Paderborn)
  7. Sandy Walsh - 1,3 juta euro (Timnas Indonesia/KV Mechelen)
  8. Supachai Chaided - 1,3 juta euro (Timnas Thailand/Buriram United)
  9. Gerrit Holtmann - 1 juta euro (Timnas Filipina/VfL Bochum)
  10. Chanathip Songkrasin - 1 juta euro (Timnas Thailand/BG Pathum United)
Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya