ISF 2024 Dibuka Jokowi Hari Ini, Hadirkan Para Tokoh Dunia

Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 akan dibuka Presiden Jokowi hari ini

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 05 Sep 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 09:00 WIB
Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024
Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024

 

Liputan6.com, Jakarta Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 resmi dibuka pada Kamis, 5 September 2024, di Jakarta Convention Center (JCC).

Forum bergengsi ini diresmikan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, dan dihadiri oleh para pemimpin dunia dari berbagai bidang.

Mengusung tema Towards Sustainable and Inclusive Growth, ISF 2024 menarik lebih dari 8.000 peserta dan menyoroti lima pilar utama: ekonomi hijau, transisi energi, konservasi alam dan keanekaragaman hayati, gaya hidup berkelanjutan, dan ekonomi kelautan.

Sejumlah tokoh global hadir sebagai pembicara utama dalam ISF 2024, termasuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut B. Pandjaitan, Menteri Koordinator Keamanan Nasional Singapura Teo Chee Hean, Wakil Perdana Menteri Malaysia Fadillah Yusof, serta Menteri Industri dan Teknologi Informasi China Jin Zuanglong.

Tak ketinggalan, Menteri Lingkungan Hidup Republik Demokratik Kongo Eve Bazaiba, Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Kelautan Peter Thomson, dan Penasihat Khusus Aksi Iklim dari Kementerian Luar Negeri Prancis Kevin Magron turut ambil bagian.

Forum ini juga menghadirkan Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid, CEO Bezos Earth Fund Andrew Steers, dan Wakil Presiden The Rockefeller Foundation Deepali Khanna.

ISF 2024 merupakan platform resmi Pemerintah Indonesia yang mengundang para pemimpin dunia dari berbagai sektor untuk berbagi ide, solusi, dan praktik terbaik dalam menghadapi tantangan perubahan iklim.

Gala Dinner di Monas

Selama dua hari, forum ini akan menyelenggarakan berbagai agenda, mulai dari sesi utama dengan pembicara kunci, pleno, diskusi tematik, dialog tingkat tinggi, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), hingga pameran.

Acara Gala Dinner yang akan digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas) menjadi salah satu momen yang paling dinantikan.

Gala Dinner ini dijanjikan akan menampilkan pertunjukan spektakuler, termasuk video mapping dan atraksi pencahayaan yang memukau. Dipimpin oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, acara ini juga akan menyajikan makanan khas Nusantara kepada 500 tamu VIP yang hadir.

ISF 2024 menegaskan komitmen Indonesia dan dunia internasional untuk bergerak menuju masa depan yang berkelanjutan, inklusif, dan tangguh dalam menghadapi tantangan iklim global.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman Jelang Pelaksanaan ISF 2024

PLN Kerahkan 81 Ribu Personel dan Sistem Kelistrikan Nasional yang Andal
PT PLN (Persero) menggelar Apel Siaga Kelistrikan Hari Raya Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan tema "Kobarkan Semangat Membawa Terang di Seluruh Penjuru Negeri” di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Rabu (20/12/2023)

Pemerintah pastikan pasokan listrik andal jelang pelaksanaan International Sustainability Forum (ISF) 2024. Menyambut ISF 2024, pemerintah melalui PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya memastikan keandalan pasokan listrik selama rangkaian acara penting tersebut berlangsung.

Terdapat langkah konkret yang PLN UID Jakarta Raya siapkan dalam menjamin ketersediaan listrik andal.

Penggunaan daya hingga mencapai 8.919 MW dan beban puncak sebesar 5.882 MW, selain itu, PLN juga memiliki cadangan daya sebesar 3.037 MW atau sekitar 35,05 persen yang siap digunakan selama masa siaga.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan sebanyak 4 posko siaga khusus di beberapa lokasi strategis yang dekat dengan venue acara.

Kehadiran posko siaga tersebut beroperasi selama 24 jam untuk memastikan adanya respon cepat terhadap segala kemungkinan gangguan listrik.

“PLN berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik, terutama dalam mendukung suksesnya acara berskala internasional seperti ISF 2024 ini,” kata Lasiran.

“Seluruh tim sudah siap siaga, dan kami akan terus memantau kondisi sistem kelistrikan secara real-time selama acara berlangsung,” tambahnya.

Pemerintah memang sudah sangat siap untuk menggelar ISF 2024 untuk kedua kalinya yang berlangsung pada tanggal 5 hingga 6 September 2024 di Jakarta Convention Center. Termasuk pula, dari sektor pengamanan melalui rangkaian proses persiapan yang sangat matang dari aparat keamanan.

Karo PID Divhumas Polri, Brigjen Pol Tjahyono Saputro mengatakan bahwa kegiatan pengamanan tersebut melibatkan ribuan personel.

"Dalam operasi ini, personel yang dilibatkan sebanyak 4.730 personel," ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya