Wamentan Sudaryono Temui Dubes, Mahasiswa dan Diaspora Indonesia di Belanda

Wamentan Sudaryono ingin mendongkrak hasil produk pertanian Indonesia dan meningkatkan nilai ekspor komoditas pertanian nasional di dunia.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 08 Sep 2024, 16:36 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2024, 16:36 WIB
Wamentan Sudaryono Temui Dubes, Mahasiswa dan Diaspora Indonesia di Belanda
Wakil Menteri Pertanian RI (Wamentan RI) Sudaryono melakukan pertemuan dengan Duta besar RI untuk Belanda, H.E. Mayerfas dan para diaspora serta mahasiswa Indonesia di Belanda.

Liputan6.com, Jakarta Sektor pertanian memiliki peran yang sangat strategis dalam mendukung perekonomian nasional. Sejumlah peran tersebut di antaranya mewujudkan ketahanan pangan, peningkatan daya saing, penyerapan tenaga kerja, penanggulangan kemiskinan, serta pertumbuhan agroindustri di hilir yang akan memacu ekspor komoditas pertanian untuk meningkatkan devisa negara.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Wakil Menteri Pertanian RI (Wamentan RI) Sudaryono melakukan pertemuan dengan Duta besar RI untuk Belanda, H.E. Mayerfas dan para diaspora serta mahasiswa Indonesia di Belanda. Wamentan RI Sudaryono menegaskan bahwa kehadirannya di negeri kincir angin tersebut untuk mendongkrak hasil produk pertanian Indonesia dan meningkatkan nilai ekspor komoditas pertanian nasional di dunia. 

"Terima kasih Pak Dubes dan jajaran atas sambutannya. Oleh-oleh yang saya bawa dari Indonesia adalah saya harus mem-follow-up ekspor impor untuk milenial. Terutama ekspor komoditas pertanian untuk meningkatkan devisa negara," ungkap Wamentan RI Sudaryono saat bertemu dengan Duta besar RI untuk Belanda, H.E. Mayerfas di Den Haag, Belanda, melalui keterangan resminya, Minggu (8/9/2024). 

Wamentan RI Sudaryono juga mengungkapkan komitmennya untuk menciptakan petani-petani milenial dan eksportir-eksportir muda baru untuk mendongkrak hasil produk pertanian nasional serta menambah pasar komoditas pertanian nasional di dunia. 

Wamentan berharap kedutaan besar RI di Belanda dan di seluruh dunia membantu untuk memperluas serta membuka akses pasar baru yang bisa menampung produk-produk nasional di luar negeri. 

"Kita harus promoting pengusaha lokal di Indonesia untuk membantu ekspor komoditas pertanian nasional. Misalnya satu atau dua kontainer dulu yang penting kita punya nilai tambah. Misalnya sekarang nilai transaksi nya 10 nanti kita tambah. Yang terpenting dari hari ke hari, bulan ke bulan kita bisa nambah. Dan target kita, kita harus menciptakan dan menambah pelaku ekspor baru," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diskusi Pemasaran Produk Nasional di Belanda

Wamentan RI Temui Dubes, Mahasiswa dan Diaspora Indonesia di Belanda
Wakil Menteri Pertanian RI (Wamentan RI) Sudaryono melakukan pertemuan dengan Duta besar RI untuk Belanda, H.E. Mayerfas dan para diaspora serta mahasiswa Indonesia di Belanda.

Setelah melakukan pertemuan dengan Duta besar RI untuk Belanda, di Den Haag, Wamentan RI Sudaryono juga berkesempatan bertemu dengan para diaspora Indonesia dan mahasiswa Indonesia di Amsterdam, Belanda. 

Dengan perjalanan darat sekitar 40 menit dari Den Haag, Wamentan RI Sudaryono langsung menggelar pertemuan di salah satu restoran Indonesia di Amsterdam. Para mahasiswa dan diaspora Indonesia menyambut baik kehadirannya. 

"Kita dari Den Haag tadi ke Amsterdam 40 menit. Siang ini rencananya kita makan siang bersama kawan-kawan diaspora Indonesia yang juga merupakan pelaku importir yang bisnis di Belanda yang mendatangkan produk produk dari Indonesia untuk menambah devisa negara, dan juga bersama teman-teman mahasiswa Indonesia di Belanda," tutur Wamentan RI Sudaryono. 

Lebih lanjut, Wamentan menjelaskan bahwa tujuan pertemuan ini untuk melakukan identifikasi terkait problematika dan kendala yang dialami oleh para diaspora Indonesia dalam memasarkan produk nasional di Belanda. Sehingga Kementerian Pertanian bisa memitigasi resiko dari hasil produk komoditas pertanian yang akan dipasarkan ke luar negeri. 

"Kita diskusi kita ingin tahu identifikasi apa yang sebetulnya terkait permasalahan mereka. Pemerintah sangat berkomitmen untuk terus memajukan pertanian Indonesia, kita ekspor apa saja asal legal, dan kita harus ekspor dimana saja. Dan itu komitmen kita," pungkasnya.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya