Beli Saham Las Vegas Raiders, Bintang NFL Ini Rogoh Kocek Rp 3,4 Triliun

Brady dan Wagner membeli saham Raiders dengan valuasi sekitar USD 3,5 miliar atau dengan investasi ekuitas sekitar USD 220 juta untuk saham di Las Vegas Raiders.

oleh Elyza Binta Chabibillah diperbarui 20 Okt 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2024, 06:00 WIB
Tom Brady
Tom Brady

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik National Football League NFL) menyetujui Tom Brady sebagai pemilik minoritas Las Vegas Raiders. Juara Super Bowl tujuh kali itu membeli sekitar 10% saham di Raiders bersama mitra bisnisnya, pendiri Knighthead Capital Tom Wagner.

Dikutip melalui CNBC, Minggu (20/10/2024), Brady dan Wagner membeli saham Raiders dengan valuasi sekitar USD 3,5 miliar atau dengan investasi ekuitas sekitar USD 220 juta atau kurang lebih Rp 3,4 triliun (estimasi kurs Rp 15493 per USD) sebagai bagian dari kemitraan tersebut. Hal ini diungkap oleh sumber terpercaya yang mengetahui negosiasi tersebut.

Selain jumlah tersebut, Brady dan Wagner juga harus membayar "pajak balik" sebesar 10%, yang hasilnya akan dibagi di antara 31 pemilik liga lainnya.

Secara terpisah, mantan pemain NFL Richard Seymour juga membeli saham Raiders kurang dari 1% dengan nilai valuasi USD 3,5 miliar.

Sebanyak 32 pemilik tim NFL menandatangani kesepakatan itu dengan suara bulat pada pertemuan liga di Atlanta. Brady dan Wagner tidak menghadiri pertemuan itu, menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut.

"Saya ingin berkontribusi pada organisasi dengan cara apa pun yang saya bisa, menghormati tradisi Raiders yang kaya sambil menemukan setiap peluang yang memungkinkan untuk meningkatkan penawaran kami kepada para penggemar dan yang terpenting, Memenangkan pertandingan sepak bola," kata Brady dalam sebuah pernyataan.

Pendapatan Raiders Melonjak di Las Vegas

Gisele Bundchen
Gisele Bundchen berlari ke arah Tom Brady usai pertandingan Super Bowl LV yang berlangsung di Raymond James Stadium, Senin (8/2/2021). Dalam duel ini, Tampa Tampa Bay Buccaneers menang 31-9 atas Kansas City Chiefs. (Mike Ehrmann/AFP)

Penilaian Tim NFL Resmi 2024 mematok Raiders sebagai waralaba NFL paling berharga kelima, senilai USD 7,8 miliar, yang berarti Brady dan Wagner mendapat diskon lebih dari 50%. Diskon yang umum untuk mitra terbatas tanpa suara dalam cara tim dijalankan dan tidak ada jalur untuk mengendalikan kepemilikan adalah 20% hingga 25%, menurut bankir olahraga.

Nilai Raiders telah meningkat sejak tim tersebut pindah dari Oakland pada tahun 2020. Sebelum kepindahan tersebut, tim tersebut dinilai berada di antara separuh terbawah dari 32 tim liga.

Sejak tim tersebut pindah ke Las Vegas dan stadion barunya, pendapatannya telah meningkat secara signifikan. Raiders memperoleh pendapatan sebesar USD 780 juta atau pada tahun 2023, tertinggi ketiga di liga, dan menghasilkan EBITDA sebesar USD 115 juta atau

Meskipun Allegiant Stadium termasuk yang terkecil di NFL dengan 65.000 kursi, Raiders mengimbanginya dengan mengenakan harga tiket tertinggi di liga. Harga tiket umum rata-rata musim lalu adalah USD 169.

Allegiant Stadium, yang dioperasikan oleh Raiders, juga menyelenggarakan banyak acara non-NFL sepanjang tahun, yang mendatangkan pendapatan tambahan untuk waralaba tersebut. Pada tahun 2023, Raiders memperoleh lebih dari $50 juta dari konser dan acara lain seperti sepak bola perguruan tinggi.

 

Tom Brady Siap Jadi Mantan Pemain NFL Ketiga dengan Saham Tim

[Bintang] Tom Brady
Tom Brady. Bintang sepak bola tampan ini merupakan ayah dari tiga orang anak. Benjamin dan Vivian (dengan istrinya Gisele Bundchen) dan anak lain yang lebih tua, John. (Bintang/EPA)

Tawaran Brady untuk mendapatkan bagian dari tim dimulai pada Mei 2023 tetapi telah ditunda karena beberapa pemilik merasa tawaran awal terlalu murah. Setelah pensiun dari NFL, Brady menandatangani kesepakatan penyiaran selama 10 tahun senilai USD 375 juta dengan Fox Sports pada tahun 2022. 

Kepemilikan baru Brady akan disertai dengan pembatasan tentang bagaimana ia meliput tim. Misalnya, Brady akan diizinkan untuk menyiarkan pertandingan Raiders, tetapi ia tidak akan diizinkan untuk menghadiri rapat produksi secara langsung atau daring. Ia juga mungkin tidak memiliki akses ke fasilitas tim, pemain, dan pelatih.

Brady juga akan tunduk pada peraturan liga yang melarang kritik publik terhadap ofisial dan klub lain. Peraih lima kali MVP Super Bowl ini bukanlah orang baru di dunia olahraga Las Vegas. Ia juga merupakan pemilik minoritas Las Vegas Aces milik Women's National Basketball Association, yang, seperti Raiders, dimiliki oleh Mark Davis. Brady akan menjadi mantan pemain NFL ketiga yang menjadi pemilik tim.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya