Produsen Mobil Listrik AS Rancang Kendaraan Auto-Pilot

Mobil auto-pilot yang dikembangkan Tesla makin memanaskan persaingan diantara produsen otomotif termasuk Google.

oleh Syahid Latif diperbarui 18 Sep 2013, 14:20 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2013, 14:20 WIB
tesla-motors-130918b.jpg
Jika Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan tengah sibuk membangun mobil listrik, lompatan lebih jauh justru sudah disiapkan produsen Tesla Motor Co.

CEO Tesla Motor, Elon Musk dikabarkan tengah mengembangkan mobil yang bisa berjalan menggunakan fungsi auto-pilot dalam tiga tahun mendatang. Keputusan Tesla ini sekaligus memanaskan persaingan para pembuat mobil autopilot yang sedang digarap Google dan produsen mobil lainnya.

Dikutip Reuters dari laman Financial Times, Rabu (18/9/2013), Tesla bakal mengembangkan mobil dimana pengendara akan menyerahkan 90% kontrol kendaraan kepada sistem komputer.

Musk menyatakan memunculkan kendaraan yang dikendalikan sepenuhnya oleh sistem auto pilot akan membutuh waktu sangat panjang.

Untuk mengembangkan mobil auto pilotnya ini, Tesla akan menggunakan teknologi yang dikembangkannya sendiri.

Belum lama ini, Tesla mengumumkan lowongan pekerjaan sebagai Advanced Driver Assitance System Controls Enginerr yang bertugas untuk membantu perusahaan mengembangkan kendaraan yang dikendalikan secara otomatis.

Disamping masalah teknis, pengembangan kendaraan auto pilot tampaknya akan berhadapan dengan masalah hukum dan isu keselamatan. (Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya