10 Merek Paling Berharga di Dunia (2)

Peringkat merek termahal yang selama 13 tahun digenggam Coca Cola berhasil digeser. Siapa penguasa tahta tertinggi?

oleh Liputan6 diperbarui 01 Okt 2013, 22:42 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2013, 22:42 WIB
mcdonald-130913b.jpg

Konsultan merek, Interbrand kembali merilis daftar 100 merek paling berharga di seluruh dunia. Pada pemeringkatan kali ini, tahta tertinggi yang telah 13 tahun dikuasai Coca Cola akhirnya berhasil tergusur.

Dikutip dari laman BusinessInsider, Selasa (1/10/2013), perusahaan teknologi informasi Apple mampu menggeser tahta yang telah belasan tahun dikuasai Coca Cola. Posisi produsen minuman bersoda ini terlempar ke posisi 3 dunia.

Dalam membuat pemeringkatan kali ini, Interbrand menggunakan pengukuran berupa uang yang mampu dihasilkan perusahaan. Selain itu, Interbrand juga menilai seberapa besar peran merek dalam menciptakan untung.

Indikator terakhir adalah bagaimana merek dari sebuah perusahaan mampu bertahan dari pesaingnya yang lain.

Berikut adalah 10 merek termahal dunia, (Untuk mengetahui lima merek lainnya, klik link ini):

6. GE


Nilai merek: US$ 46,9 miliar
Peringkat tahun lalu: 6
Nilai perubahan naik 7%

GE memiliki posisi sebagai pemimpin untuk ekspansi Big Data dengan investasi US$ 1,5 miliar untuk koneksi software dan internet. Kampanye Briliant Machines telah menjadi pemenang.

7.McDonald's

Nilai merek: US$ 42 miliar
Peringkat tahun lalu: 7
Nilai perubahan naik 5%

McDonald's bekerja keras untuk menguatkan merek setelah penjualan global turun dalam sembilan tahun. The Golden Arches telah mengadaptasikan keinginan konsumen untuk memilih makanan yang lebih bernutrisi dengan menu Egg White Delight dan Premium Chicken Wraps. Selain itu, lokasi McCafe juga ditempatkan di lokasi yang mudah diakses.

8. Samsung

Nilai merek: US$ 39,6 miliar
Peringkat tahun lalu: 9
Nilai perubahan naik 20%

Samsung melanjutkan tantangan ke depan menghadapi Apple. Mereka mengajak Jay Z dan LeBron James untuk memasarkan produk. Perusahaan mendapatkan keuntungan dari melakukan interkonektivitas dan produk.

9. Intel

Nilai merek: US$ 37,2 miliar
Peringkat tahun lalu: 8
Nilai perubahan turun 5%

Dengan tablet dan smartphone membuat merek ini meningkat. Tantangan Intel akan membuat Intel inside menjadi relevan dengan konsumen selama era PC. Pimpinan tim baru telah siap untuk mengubah grup bisnis penting. Selain itu, perseroan melakukan penelitian untuk tipe baru produk.

10. Toyota

Nilai merek: US$ 35,3 miliar
Peringkat tahun lalu: 10
Nilai perubahan naik 17%

Toyota dapat mampu naik dari tantangan pada 2010 dan 2011 dengan fokus pada design yang bagus dan penuh petualangan. Merek ini didorong dari faktor yang baik dari Prius. Sementara, penjualan Camry juga meyakinkan. (Shd)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya