Ajukan 4 Pertanyaan Ini Jika Ingin Mulai Berbisnis

Berniat memulai bisnis, siapkan mental dahulu

oleh Siska Amelie F Deil diperbarui 12 Feb 2014, 21:31 WIB
Diterbitkan 12 Feb 2014, 21:31 WIB
jobs-gates-140212c.jpg
Perjalanan untuk menjadi bos atas bisnis sendiri tentu tidak selalu mulus. Berbagai upaya yang dikerahkan seringkali dihantam berbagai rintangan dan tantangan membuat para pebisnis dituntut untuk sangat bersabar.

Seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (12/2/2014), karenanya penting bagi Anda untuk mengecek kesiapan mental pribadi sebelum memulai bisnis.

Lagipula, semua pengusaha kaya seperti Bill Gates dan Donald Trump juga pernah mengalami masa-masa sulit sebelum menemukan kesuksesannya.

Untuk mengecek kemampuan dan ketahanan Anda, berikut empat pertanyaan yang harus dijawab sebelum mulai mengarungi dunia bisnis:

1. Apakah Anda orang yang gigih dan pantang menyerah?

Jika Anda pernah mendengar kisah pendiri KFC, Colonel Sanders, dia termasuk orang yang sangat gigih dalam memperjuangkan gagasan bisnisnya. Bisnis bernilai US$ 550 juta itu lahir dari upaya Sanders mencari pembeli untuk ayam andalannya itu.

Bahkan dia sempat mengalami masa-masa buruk seperti perceraian dan kebangkrutan sebelum akhirnya sukses membangun bisnis KFC.  Namun dia selalu bangkit dan berupaya mencoba kembali.

Tak heran, kegigihan menjadi salah satu bagian utama dalam membangun bisnis. Orang-orang yang mudah menyerah akan dengan mudah menemukan kegagalan dalam berbisnis. Singkatnya, tak satupun tujuan bisa dicapai tanpa hambatan.

2. Mampukah bertahan dengan bisnis yang tidak populer?

Pendiri bisnis Pandora, Tim Westegren mengajarkan banyak orang pentingnya mengerahkan segala upaya dalam membangun bisnis. Meski dengan uang yang sangat terbatas dan bisnis yang belum tentu sukses, dia tidak pernah takut gagal.

Pada akhirnya, menerima risiko atas bisnis yang tidak populer menjadi salah satu cara untuk mencapai kesuksesan. Latihlah kemampuan Anda untuk mempengaruhi orang lain guna menggapai kesuksesan yang diimpikan.

3. Apakah Anda takut gagal?

Contoh paling nyata tentang kegagalan datang dari Thomas Alfa Edison. Dia merupakan orang yang akhirnya berhasil setelah ribuan kali mencoba dan gagal. Pendiri General Electric ini telah terbukti tidak takut gagal dan berakhir sukses.

Maklum, para pengusaha harus belajar untuk berteman dengan kegagalan. Jangan putus asa saat terjatuh, tetapi bangkit dan jangan ambruk lagi di tempat yang sama. Mencoba sekali lagi merupakan salah satu cara untuk menemukan jalan menuju kesuksesan berbisnis.

4. Apakah gaya hidup Anda sudah seperti pengusaha?

Gaya hidup pengusaha tidak berada di dalam diri setiap orang. Para pengusaha harus terbiasa menerima kenyataan jika bisnisnya gagal dan tidak bersikap berlebihan saat menerima banyak keuangan.

Para pengusaha cenderung tangguh dan mampu bertahan di tengah banyak masalah. Konsistensi dan kegigihan untuk berangkat dari nol dan berhasil harus menjadi gaya hidup para pengusaha. (Sis/Nrm)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya