Subhan Aksa Ditantang Yunior

Meski tuan rumah dan sangat paham karakter perkebunan tebu Takalar yang menjadi venue lomba, Shuban tetap wajib waspada.

oleh Eky Hendrawan diperbarui 10 Mei 2014, 00:06 WIB
Diterbitkan 10 Mei 2014, 00:06 WIB
Konfrensi pers Kejuaraan Nasional Rally of Celebes 2014
Konfrensi pers Kejuaraan Nasional Rally of Celebes 2014 (Eky Hendrawan)

Liputan6.com, Makassar: Status sebagai pereli dunia WRC2 membuat Subhan Aksa dengan sendirinya jadi unggulan dalam seri pertama Kejuaraan Nasional Rall Celeby ofes 2014 di Makassar, 10-11 Mei.

Akan tetapi status tersebut tidak menjamin untuk mengantarkan dirinya menjadi juara dengan kehadiran para pereli muda. Meski tuan rumah dan sangat paham karakter perkebunan tebu Takalar yang menjadi venue lomba, Shuban tetap wajib waspada. Terlebih tahun lalu ia gagal di trek itu.

“Saya tak boleh mengulangi kesalahan tahun lalu. Sejak awal balapan saya akan camkan hal itu. Publik Makassar bisa malu kalau gelar juara lari ke daerah lain,” kata Shuban.

Menarik juga menunggu aksi Ubang bersama navigator Hade Mboi karena sudah cukup lama tak bersama di dalam kokpit. Pacuan yang sekarang dipakai pun bukanlah Mitsubishi Evo X yang andalan, tapi beralih ke Evo IX.

“Tak ada masalah. Karakter lintasan masih sama seperti tahun lalu. Kalaupun ada yang berubah, tak lebih dari 10 persen. Yang harus kami antisipasi adalah potensi hujan pada hari pembuka Sabtu yang membuat trek sangat licin,” tambah Hade.

Jika hujan maka sangat sulit memprediksi segala sesuatunya karena mayoritas lintasan adalah tanah kebun yang dalam sekejap bisa jadi lumpur kala dilindas mobil-mobil reli. Jumat sore saat scrutineering berlangsung, hujan sudah menghampiri dan imbasnya tentu masih akan terasa pada Sabtu pagi di lokasi lomba.

Tarung dengan bendera FBRT (Firna Bosowa Rally Team) Sport, tantangan khusus datang dari pereli muda yang notabene yunior Ubang di kancah reli nasional. Rival terdekat adalah Akbar Hadianto yang juga anggota tim FBRT Sport yang turun dengan Evo X. Sebagai juara nasional 2013, motivasi Akbar pun tengah menggelegak untuk mempertahankan gelar tahun ini.

“Soal peluang tentu selalu ada. Soal besar dan kecilnya sangat tergantung situasi pada saat lomba nanti. Intinya saya akan berjuang keras sejak awal,” tegasnya.

Selain duel sesama pereli tuan rumah Sulsel, event kejurnas ini sepertinya juga akan menyajikan perlawanan seru dari BRM Motorsport asal Kalimantan Timur yang digawangi kakak beradik Ryan dan Glenn Nirwan. Khususnya Ryan, kehadirannya tak bisa diabaikan tuan rumah lantaran performanya yang terus meningkat. Apalagi ia pun dikelilingi para mekanik berpengalaman untuk menyeting Subaru-nya sesuai driving style Ryan yang cenderung bertipe fighter.

“Mobil sudah oke, pacenote rapi. Saya siap pol-polan untuk hasil maksimal,” tandas Ryan.

Tercatat 22 mobil yang akan meramaikan garis start di trek Perkebunan Gula Takalar, Makassar, pada Sabtu (10/5). Selain tuan rumah dan Kaltim, peserta juga berdatangan dari DKI Jakarta, dan Sumatera Utara. Lomba menempuh 13 SS (Special Stage) dan berakhir Minggu 11 Mei 2014.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya