Ini Dia 12 Fakta Unik Boxing Day

12 fakta unik Boxing Day.

oleh Arie Nugroho diperbarui 27 Des 2014, 09:51 WIB
Diterbitkan 27 Des 2014, 09:51 WIB
Barclays Premier League
Barclays Premier League (wassermanexperience.com)

Liputan6.com, Jakarta - Boxing Day di pekan ke-18 Liga Premier Inggris baru saja berlalu. Berikut berbagai fakta menarik yang berhasil terjaring.

Boxing Day adalah pertandingan yang digelar satu hari setelah Natal. Hanya Liga Premier Inggris saja yang memiliki tradisi seperti ini.

Jauh sebelum kompetisi Premier League digelar, publik Inggris umumnya telah mengenal Boxing Day. Menurut sejarah, Boxing Day mulai dipopulerkan pada pertengahan abad ke-19, saat masa pemerintahan Ratu Victoria. Sebelumnya, perayaan ini dikhususkan bagi para penduduk golongan bawah (pelayan) yang selama satu tahun melayani sang majikan.

Setelah melayani sang majikan pada hari Natal, keesokan harinya para pelayan tersebut mendapat jatah libur plus menerima berbagai hadiah yang pada saat itu umumnya berbentuk kotak persegi (boxes) yang diberikan majikan-majikan mereka. Hadiah tersebut beragam, bisa berupa pakaian, makanan, buah-buahan atau bahkan uang.

Tradisi inilah yang kemudian akrab disebut Boxing Day (Hari pembagian kotak hadiah). Di beberapa bagian Negara seperti Selandia Baru, Inggris, Australia dan Kanada, perayaan ini juga akrab disebut Stephens Day.

Seiring bergulirnya waktu, makna Boxing Day meluas. Klub-klub di Inggris berupaya memberikan hadiah terindah bagi para fans setia mereka berupa berbagai pertandingan panas.

Lima klub raksasa sukses meraih kemenangan pada Boxing Day kali ini, Jumat (26/12/2014). Chelsea menang dua gol tanpa balas melawan West Ham United.

Duo Manchester, Manchester United dan Manchester City, juga menang. MU menaklukkan Newcastle United 3-1. Sementara, City menekuk West Bromwich Albion dengan skor serupa. Arsenal menang tipis 2-1 menghadapi Queens Park Rangers (QPR).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Data & Fakta Menarik Usai Boxing Day:

1. Robin van Persie telah mencetak lima gol dari enam penampilan terakhirnya.

2. Raheem Sterling mencetak tiga gol drai tiga laga, usai sebelumnya mandul di 17 pertandingan.

3. Southampton mencetak enam gol di dua laga terakhirnya. Padahal, sebelum ini Soton hanya mampu mencetak enam gol dari delapan laga.

4. Manchester United menjadi tim kedua paling banyak kebobolan dari titik penalti. Posisi pertama menjadi milik Tottenham Hotspur dengan lima gol.

5. Papiss Demba Cisse telah mencetak lima gol usai masuk dari bangku cadangan musim ini. Hingga kini, belum ada pemain yang mampu menyamai rekor ini.

6. Manchester United kebobolan delapan kali melalui titik putih di Liga Premier Inggris setelah ditinggal Sir Alex Ferguson.

7. Manchester United menjadi tim pertama sepanjang sejarah yang mampu meraih 50 kemenangan di Boxing Day.

8. Stoke City musim ini empat kali mengalahkan tim yang berada di posisi enam besar klasemen musim lalu.

9. Alexis Sanchez mencetak 15 gol di berbagai kompetisi bersama Arsenal. Pencapaian itu hanya mampu disamai oleh bomber Tottenham Hotspur, Harry Kane.

10. Charlie Austin mencetak 10 gol dari sembilan laga terakhirnya di Liga Premier Inggris.

11. QPR mengikuti jejak Bolton Wanderers musim 1995-1996 dengan mengalami kekalahan di sembilan partai tandang awal.

12. Arsene Wenger mencatatkan kemenangan ke-400 di Liga Premier Inggris.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya