Drama Adu Penalti, Kongo Rebut Juara Ketiga Piala Afrika 2015

Kongo tampil sebagai juara ketiga Piala Afrika 2015.

oleh Arie Nugroho diperbarui 08 Feb 2015, 01:13 WIB
Diterbitkan 08 Feb 2015, 01:13 WIB
Kongo

Liputan6.com, Malabo - Drama adu penalti mewarnai perebutan tempat ketiga Piala Afrika 2015, Kongo akhirnya tampil sebagai pemenang usai menekuk Guinea Ekuator 4-2.

Perebutan juara ketiga Piala Afrika 2015 mempertemukan Guinea Ekuator melawan Kongo. Pertandingan digelar di Nuevo Estadio de Malabo, Malabo, Jumat (7/2/2015) malam WIB.

Kongo dikalahkan Pantai Gading dengan skor 1-3 di babak semifinal. Sementara, Guinea Ekuator dibekap Ghana tiga gol tanpa balas di semifinal.

Kongo turun dengan skema 4-4-2 di pertandingan ini. Duet Bokola dan Bolasie menjadi andalan di lini serang. Adapun, Guinea Ekuator mengandalkan Nsue sebagai bomber solo dalam balutan formasi 4-2-3-1.

Secara keseluruhan, pertandingan bnerjalan seimbang. Kedua tim tampak sangat berhati-hati dalam melakukan penyerangan. Alhasil, pergerakan bola mayoritas hanya terjadi di lini tengah.

Kongo mendapatkan peluang bersih mencetak angka di menit ke-48. Tandukan jarak dekat Mbemba berhasil ditepis satu tangan oleh kiper Ovono.

Menit ke-56, giliran Guinea Ekuator yang mengancam gawang Kongo. Sepakan kaki kanan Nsue dari sudut sempit melambung tipis di atas mistar gawang Kongo.

Tak ada satu pun gol tercipta hingga 90 menit waktu normal berakhir. Laga pun memasuki babak adu penalti.

Penendang pertama Guinea Ekuator, Javier Balboa, gagal mencetak gol. Tembakannya melambung jauh di atas mistar gawang Kongo.

Penendang kedua Guinea Ekuator juga gagal mencetak gol dari titik 12 pas. Tendangan Raul Fabiani hanya mengenai tiang sebelah kanan gawang. Kongo menang adu penalti 4-2.

 

Susunan Pemain:

Kongo (4-4-2): Kidiaba; Issama, Mongongu, Zakuani, Kasusula; Mbemba, Makiadi, Kage, Mabwati; Bokila, Bolasie.

Guinea Ekuator (4-2-3-1): Ovono; Randy, Evuy, Rui, Sipo; Zarandona, Juvenal; Belima, Balboa, Kike Boula; Nsue.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya