Uruguay vs Paraguay: Ujian Berat Sang Juara Bertahan

Duel ini bak laga ulangan final Copa Amerika 2011.

oleh Defri Saefullah diperbarui 20 Jun 2015, 15:00 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2015, 15:00 WIB
Uruguay vs Paraguay
Uruguay vs Paraguay (Liputan6.com/Ari Wicaksono)

Liputan6.com, Jakarta: Uruguay bakal melakoni ujian berat saat menjamu Paraguay di laga terakhir penyisihan grup B Copa America di La Portada Stadium, La Serena Chili pada Minggu (21/6/2015) dini hari WIB. Uruguay sebenarnya sedikit diuntungkan dengan hasil di grup A kala Chile libas Bolivia 5-0.

Dengan hasil ini, maka Uruguay hanya butuh hasil imbang atau setidaknya mengincar posisi ketiga terbaik di grup B. Maklum, posisi tiga grup A hanya mengoleksi 3 poin. Namun jika kalah, asal tidak kebobolan lebih dari dua gol maka posisi mereka masih aman.

Kemungkinan besar posisi tiga besar direbut kontestan di grup C yang hingga laga kedua semua negara mengoleksi 3 poin. Tentu bakal lebih baik jika menang karena bakal lebih mengamankan posisi.

Apalagi, Paraguay posisinya nyaris aman karena sudah mengoleksi 4 poin di grup ini. Mereka masih bisa jadi juara grup B dan masih bersaing dengan Argentina jika menang di laga nanti.

Dilihat dari 12 pertemuan terakhir, Uruguay memang unggul atas Paraguay dengan 6 kali menang, 2 kali imbang dan 4 kali kalah. Namun jika dilirik dari dua laga terakhir, maka laga nanti cenderung berakhir imbang.

Ya, pada dua laga kualifikasi Piala Dunia pada 2011 dan 2013, keduanya hanya mampu bermain imbang 1-1. Produktifitas Uruguay di dua laga sangat minim. Baru Cesar Rodriguez yang mencetak gol.

Lanjut ke halaman berikutnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2

Tanpa Luis Suarez, Edinson Cavani dan Bombadilla belum bisa memberikan gol maksimal untuk Uruguay. Pemain cadangan Uruguay, Diego Rolan pun mengaku sangat penasaran di laga nanti.

Lawan Argentina, dia ditempatkan sebagai winger padahal dia ingin lebih berperan main di depan. "Saya sebenarnya lebih suka main di depan, tapi saya harus mengikuti strategi yang diterapkan pelatih. Saya tak masalah main di tengah dan bantu pertahanan," ujarnya.

Pelatih Uruguay, Oscar Tabarez mencatatkan rekor melatih 150 pertandingan dengan Uruguay. Ini menempatkannya menjadi pelatih terlama yang melatih satu negara di belakang Sepp Herberger (167), Morten Olsen (160) dan Hugo Meisl. Di laga nanti, Tabarez bakal melakoni laga ke-151.

Kebetulan laga nanti bakal menjadi ulangan final Copa Amerika 2011 dimana Uruguay juara karena menang 3-0 atas Paraguay. Tabarez juga meyakini jika laga nanti seperti final.

"Ya bagi kami, laga ini memang final. Saya tak mau menyebut mereka bakal balas dendam. Tapi bagi Paraguay, mereka punya kesempatan untuk cari hasil berbeda dibandingkan hasil dulu," tuturnya. (Def/Ary)

Prediksi Susunan Pemain:

Uruguay vs Paraguay (Liputan6.com/Ari Wicaksono)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya