KLB Disetujui PSSI, Kelompok 85 Tunggu Arahan FIFA

KLB kemungkinan digelar Agustus.

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 03 Jun 2016, 23:42 WIB
Diterbitkan 03 Jun 2016, 23:42 WIB
Kelompok 85
Kelompok 85 diwakili manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar (Helmi Fithriansyah/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok 85 mengklaim bahwa PSSI sudah menyapakati permintaan mereka untuk menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI. Kini, Kelompok 85 sedang menunggu jawaban berupa arahan dari FIFA.

Baca Juga

  • Mourinho Jadi Manajer, 3 Pemain MU Cetak Gol
  • Romantisme Rene Albert, Arema, dan PSM Makassar
  • Perez Lontarkan Pernyataan Kontroversial Soal Keberhasilan Barca

Keinginan Kelompok 85 agar PSSI segera menggelar KLB tampaknya segera terkabul. Hal itu dipastikan dalam press conference Kelompok 85 di Hotel Park Lane, Jumat (3/6/2016).

Kelompok 85 sendiri adalah perkumpulan voters yang meminta agar PSSI segera menggulirkan KLB. Permintaan itu sudah disampaikan Kelompok 85 sejak 3 Mei 2016. Kala itu, beberapa voters, termasuk tim manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, menyerahkan berkas yang berisi permintaan KLB dalam waktu sesegera mungkin.

Bahkan, saat itu mereka juga memberikan batas waktu hingga 18 Juni 2016 agar PSSI segera merespon permintaan mereka. Jika tidak, Kelompok 85 yang mendapat dukungan dari 92 suara akan mengambil inisiatif melaksanakan KLB.

PSSI tak tinggal diam mendengar permintaan Kelompok 85. Mereka pun langsung melakukan proses verifikasi yang dimulai pada Senin (30/5/2016). Ternyata, proses verifikasi sudah selesai dilakukan sehari kemudian, tepatnya pada Selasa (31/5/2016).

Hal itu diakui Gusti Randa sebagai salah satu kuasa hukum Kelompok 85 bersama Budiman Dalimunthe. Menurutnya, ia dan Budiman sudah bertemu dengan Sekjen PSSI, Azwan Karim, dan Wakil Ketua Umum PSSI, Erwin Dwi Budiman, pada Selasa (31/5/2016) dan menyelesaikan proses verifikasi.

"Demi mendapatkan informasi yang baik dan benar, PSSI pun melakukan verifikasi lewat tim yang mereka bentuk. Proses itu tentu membutuhkan waktu yang lama karena voters tersebar dari ujung Sumatera sampai Papua," kata Gusti dalam jumpa pers.

"Untuk mempersingkat waktu dan proses, teman-teman voters memberikan kuasa atau mandat kepada saya dan Budiman untuk membawa dokumen yang diperlukan. Setelah saya bertemu dengan PSSI, Alhamdulillah dokumen dinyatakan valid dan bisa diterima," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Digelar Agustus

Gusti juga menyebut proses verifikasi hanya tinggal melengkapi berbagai hal seperti materai, cap, kop surat, hingga tanda tangan yang masih kurang. Namun, segala kekurangan itu sudah benar-benar dipenuhi pada Jumat (3/6/2016).

Hal itu dipastikan setelah Tonny Aprilani, anggota Exco PSSI, bertemu dengan voters. Pertemuan itu menegaskan bahwa proses verifikasi 92 voters sudah benar-benar selesai. "PSSI menyetujui untuk menggelar KLB. Mereka pun sudah membawa permintaan itu ke FIFA," tegas Gusti.

Kini, posisi Kelompok 85 hanya tinggal menunggu jawaban dan arahan dari FIFA untuk menggelar KLB. Jika mengikuti statuta, permintaan KLB pada 3 Mei 2016 selambat-lambatnya harus diwujudkan pada 3 Agustus 2016.

"Karenanya, kami berharap ada notifikasi dari FIFA dalam kurun waktu 6-13 Juni 2016. Jika sudah oke, tentu PSSI akan membentuk Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan," ungkap Gusti.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya