Mengenal Sosok di Balik Layar Sukses Mourinho

Pria 41 tahun ini selalu setia mendampingi Jose Mourinho melatih.

oleh Thomas diperbarui 17 Jun 2016, 21:30 WIB
Diterbitkan 17 Jun 2016, 21:30 WIB
Jose Mourinho
Jose Mourinho saat diperkenalkan sebagai pelatih baru Manchester United.(Reuters)

Liputan6.com, Jakarta- Jose Mourinho termasuk salah satu pelatih paling sukses di dunia. Pria asal Portugal itu telah berhasil menjuarai liga di empat negara berbeda yakni Portugal, Spanyol, Inggris dan Italia.

Tak hanya gelar liga domestik, Mourinho sepanjang kariernya juga pernah mengecap sukses di level Eropa. Dia berhasil menjuarai Liga Champions dua kali bersama FC Porto dan Inter Milan.

Baca Juga

  • 5 Pemain Madrid Ini Bakal Dibawa Mourinho ke MU
  • Vardy Masih Tidak Percaya Jadi Pahlawan Inggris
  • Fakta Menarik Jerman Gagal Bungkam Polandia


Tangan dingin Mourinho membuat Manchester United tertarik memakai jasanya. Setan Merah baru saja menunjuk Mou sebagai manajer baru menggantikan Louis van Gaal yang dipecat. Mourinho dikontrak MU selama tiga tahun.

Namun, MU bukan klub pertama Mourinho di Inggris. Sebab, sebelumnya, dia juga sempat dua periode menukangi Chelsea di Liga Primer Inggris.

Di balik kehebatan Mourinho, ada peran pria bernama Rui Faria. Selama ini Faria selalu setia mendampingi Mourinho sebagai asisten pelatih. Faria juga sama-sama berasal dari Portugal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sejak 2001

Rui Faria
Rui Faria, sosok yang disebut-sebut punya peran besar di balik sukses Jose Mourinho. (Reuters)

Mourinho sudah bekerja sama dengan Faria sejak tahun 2001. Awalnya Faria bertugas sebagai pelatih fisik di Uniao Leiria dan kemudian berlanjut di FC Porto.

Pria 41 tahun itu baru naik pangkat menjadi asisten pelatih tahun 2004, bersamaan dengan bergabungnya Mourinho sebagai manajer Chelsea.

Sejak saat ini Faria selalu mengikuti kemananpun Mourinho melatih. Pemilik nama lengkap Rui Filipe da Cunha Faria setia mendampingi sebagai asisten pelatih mulai dari Chelsea, Inter, Madrid, dan kini di MU.

Di Old Trafford, Faria akan menggantikan posisi Ryan Giggs. Mantan pemain MU itu kemungkinan akan cabut karena ingin mencari petualangan baru sebagai pelatih di tim lain.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya