Gagal di Piala Dunia 2018, Spanyol Ingin Bajak Roberto Martinez dari Belgia

Spanyol harus menerima kenyataan pahit tersingkir dari Piala Dunia 2018.

oleh Luthfie Febrianto diperbarui 02 Jul 2018, 20:50 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2018, 20:50 WIB
Spanyol Kalah dengan Kepala Tegak
Pemain timnas Spanyol Gerard Pique dan Sergio Busquets berjongkok di lapangan setelah dikalahkan Rusia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Minggu (1/7). Spanyol pulang lebih awal setelah kalah adu penalti 4-3. (AP/Manu Fernandez)

Liputan6.com, Moskow - Spanyol harus menerima kenyataan pahit tersingkir dari Piala Dunia 2018. La Furia Roja ditumbangkan tuan rumah Rusia lewat babak adu penalti dengan skor 4-3, Minggu (1/7/2018) di Stadion Luzhniki, Moskow.

Federasi Sepak bola Spanyol (RFEF) pun langsung bergerak cepat mencari pengganti Fernando Hierro untuk posisi pelatih timnas Spanyol. Yang mengejutkan, RFEF disebut mengincar Roberto Martinez.

Padahal, seperti diketahui, Martinez saat ini masih memimpin Belgia berlaga di Piala Dunia 2018. Belgia akan menghadapi Jepang pada Babak 16 Besar Piala Dunia 2018, Selasa (2/7/2018) dinihari nanti WIB.

Seperti dilansir The Sun, Martinez sebetulnya baru saja menandatangani perpanjangan kontrak dua tahun dengan timnas Belgia. Namun Spanyol tak terpengaruh kontrak itu.

Bukan tanpa alasan Spanyol bersikukuh mengincar Martinez. RFEF menilai mantan pelatih Everton itu punya beberapa kriteria yang sesuai dengan kemauan mereka.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Taktik Sesuai

Pelatih Spanyol Dipecat, Hierro Pimpin Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018
Pelatih baru timnas Spanyol, Fernando Hierro kemungkinan bakal lengser dari jabatannya (AP/Manu Fernandez)

Di antara kriteria yang diingkan, RFEF menilai Martinez punya taktik yang cocok dengan timnas Spanyol. Selain itu, RFEF menganggap Martinez tak akan kesulitan menangani timnas Spanyol yang dihuni banyak pemain bintang.

RFEF melihat itu dari cara Martinez menangani bintang-bintang timnas Belgia seperti Eden Hazard, Romelu Lukaku, dan Kevin de Bruyne. Martinez juga berani menentang opini publik yang ingin Radja Nainggolan dipanggil.


Dua Nama Lain

Kendati ngotot, RFEF bukan tanpa nama cadangan seandainya Martinez gagal ditarik. Kabarnya, RFEF menyiapkan nama Luis Enrique dan Albert Celades sebagai suksesor Hierro.

Hierro sendiri memang dikontrak hanya sampai Piala Dunia 2018. Penunjukkan mantan bek Real Madrid itu pun diiringi kontroversi.

Hierro dilantik hanya dua hari sebelum Piala Dunia dimulai. Sebelumnya, RFEF memecat Julen Lopetegui karena dianggap melanggar kesepakatan dengan menandatangani kontrak sebagai pelatih Real Madrid.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya