Pelatih Persija Masuk Radar Calon Pelatih Timnas Indonesia

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco berpotensi menjadi pelatih Timnas Indonesia untuk menggantikan Bima Sakti

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 29 Nov 2018, 17:10 WIB
Diterbitkan 29 Nov 2018, 17:10 WIB
Persija Jakarta Vs Persela Lamongan
Pelatih Persija, Stefano Teco, mengamati anak asuhnya saat melawan Persela pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Selasa (20/11). Persija menang 3-0 atas Persela. (Bola.com/Yoppy Renato)

Jakarta Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco dikabarkan masuk dalam radar calon pelatih Timnas Indonesia. Berkat kegemilangannya membawa Persija ke jalur juara Liga 1, nama Teco dianggap cukup cocok untuk dicalonkan menjadi kandidat pelatih.

PSSI saat ini melakukan evaluasi terkait kiprah Timnas Indonesia, terutama di Piala AFF 2018, dan mengindikasikan mencari pelatih baru menggantikan Bima Sakti.

Beberapa pelatih digadang menjadi pengganti, termasuk pelatih asing seperti Simon McMenemy dan Stefano Cugurra Teco.

Simon McMenemy memiliki pengalaman membawa Bhayangkara FC menjadi juara pada musim lalu dan pernah menangani Timnas Filipina. Sementara Stefano Cugurra Teco, kini dalam jalur membawa Persija menjadi juara Liga 1 2018. Teco punya beberapa pengalaman bersama timnas.

Ketika dikonfirmasi mengenai kans yang dimilikinya menangani Timnas Indonesia, Teco memberikan pandangan yang positif. Menurutnya, jika kesempatan datang di saat yang tepat, tak ada alasan untuk menolaknya.

"Sebagai seorang pelatih, ya keinginannya menangani timnas. Yang pasti, semua pelatih memiliki target masing-masing, entah jadi pelatih terbaik di timnas atau di liga. Saya punya pengalaman menangani Brasil U-20 dan Thailand U-16. Jadi, saya merasa punya CV yang bagus untuk melatih timnas," ujar Teco.

"Jika memang ada kesempatan, ya kenapa tidak diambil? Namun, yang pasti saya harus menyelesaikan dulu tugas saya. Kontrak saya di Persija selesai akhir tahun ini, jadi saya harus fokus untuk menyelesaikannya dengan sangat baik," lanjut pelatih asal Brasil itu.

Jika Persija berhasil menjadi juara Liga 1 2018, Teco memiliki modal meyakinkan untuk menangani Timnas Indonesia, khususnya tim muda yang akan berkompetisi di Piala AFF U-22 2019 pada Februari dan Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 pada Maret 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya