Sudah Lebih Sedekade Tidak Juara, Valentino Rossi Disarankan Pensiun dari MotoGP

Rossi sudah berkarier di ajang MotoGP selama 20 tahun. Dalam rentang waktu tersebut, pebalap kelahiran Urbino, Italia berhasil meraih tujuh gelar juara dunia MotoGP.

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 20 Apr 2020, 19:40 WIB
Diterbitkan 20 Apr 2020, 19:40 WIB
Valentino Rossi, MotoGP Prancis
Aksi pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, di Sirkuit Le Mans, Prancis, Sabtu (18/5/2019). (AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER)

Liputan6.com, Madrid - Mantan pembalap MotoGP, Carlos Checa meminta Valentino Rossi sadar diri. Dia berharap Rossi, yang kini sudah berusia 41 tahun, segera meninggalkan panggung balap MotoGP.

Tak bisa dipungkiri kalau Rossi merupakan pembalap terhebat di MotoGP. Sembilan gelar juara dunia, tujuh di antaranya di kelas MotoGP, surah pernah diraih Rossi.

Namun, Rossi sudah sedekade lebih tidak menjadi juara dunia. Terakhir kali Rossi menjadi juara dunia MotoGP terjadi pada 2009.

"Rossi pebalap yang luar biasa, salah satu yang terbaik dalam sejarah. Akan tetapi dia bukan lagi pebalap yang ingin semua orang lihat," ujar Checa seperti dilansir Tuttomotoriweb.

Dalam tujuh musim terakhir di MotoGP, Rossi kalah bersaing dengan pembalap Spanyol, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. Bahkan, Marquez menjadi juara dunia sebanyak enam kali dan Lorenzo sekali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sudah Tidak Masuk Akal

valentino rossi
Selebrasi Valentino Rossi ketika merayakan kemenangannya dalam MotoGP di Sirkuit TT, Assen pada 27 Juni 2015. (AFP/ANP/Bas Czerwinski)

Lebih lanjut, Checa menyebut kondisi Rossi untuk balapan di MotoGP sudah tidak masuk akal. Bahkan pada tahun lalu, Rossi gagal menjuarai sebuah seri dan terjatuh hingga empat kali.

"Melihatnya bersaing untuk posisi 10 besar dan kemudian terjatuh, sudah tidak lagi masuk akal. Ini bukan soal pertanyaan lanjut atau tidak, pertanyaan adalah apakah yang dilakukan Rossi masih masuk akal?" kata Checa, yang saat ini berusia 47 tahun.

Rossi sudah berkarier di ajang MotoGP selama 20 tahun. Dalam rentang waktu tersebut, pebalap kelahiran Urbino, Italia berhasil meraih tujuh gelar juara dunia MotoGP.

 


Bukan Hal Positif

Secara pribadi, Checa tak memungkiri masih ingin melihat Rossi balapan hingga tiga tahun ke depan. Checa menilai kehadiran pebalap berusia 41 itu bagus untuk MotoGP, namun bukan sesuatu yang positif dari aspek olahraga.

"Tetapi pensiun atau tidak kembali pada putusan Rossi. Saya menghormati dia dan seluruh fan harus berterima kasih padanya," kata Checa yang pernah jadi juara dunia Superbike tahun 2011.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya