Ridwan Kamil Restui Jabar Gelar Kompetisi Sepak Bola, Asal...

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menanggapi soal kembali digelarnya Shopee Liga 1 2020 setelah vakum karena pandemi virus Corona (Covid-19).

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 04 Jul 2020, 07:30 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2020, 07:30 WIB
Bobotoh
Ilustrasi suasana Bobotoh memenuhi Stadion Si Jalak Harupat saat berlangsungnya laga Persib Bandung melawan Arema FC, Selasa (12/11/2019). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil menanggapi kembali digelarnya Shopee Liga 1 2020 setelah vakum karena pandemi virus Corona (Covid-19). Terkait penggunaan stadion, pria yang karib disapa Emil ini menyebut pihaknya akan melakukan pengecekan status lokasi stadion berdasarkan level kewaspadaan.

Menurut Ridwan Kamil, stadion bisa dijadikan venue kompetisi jika berada di level zona biru atau zona hijau. Termasuk Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, yang berstandar internasional harus dipastikan berada di zona aman.

“Nanti saya cek stadion-stadion itu secara PSBM (Pembatasan Sosial Berskala Mikro) apakah memenuhi zona biru atau hijau. Kajian dari PSSI, Si Jalak Harupat salah satu yang dijagokan karena dipakai selama Asian Games, standarnya sudah standar internasional," ucap Emil, Jumat (3/7/2020).

Si Jalak Harupat digadang-gadang akan kembali menjadi home base Persib. Namun, stadion tersebut rencananya juga dipakai sebagai venue Piala Dunia U-20 2020. Sehingga opsi lainnya adalah Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

"Kami dukung (Si Jalak Harupat sebagai venue) dan kami akan pastikan wilayahnya berada di zona yang aman untuk melaksanakan kegiatan kompetisi,” tegas Ridwan Kamil.

Saksikan Video Ridwan Kamil Berikut Ini


Belum Tanpa Penonton

Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Nantinya, meski stadion berada di zona aman, Emil tetap merekomendasikan agar pertandingan yang digelar di Jabar tidak melibatkan penonton sebagai bentuk meningkatkan kewaspadaan selama pandemi Covid-19.

“Saya rekomendasi kalau bertanding di Jawa Barat belum boleh dulu dengan penonton. Di Eropa juga sama, sampai betul-betul kondisi (pandemi) bisa kita kendalikan secara keseluruhan,” ucapnya.


Persib Gelar Tes PCR

Menyambut kembali bergulirnya kompetisi, seluruh pemain, pelatih, dan staf Persib Bandung mengikuti tes usap Polymerase Chain Reaction (PCR) Covid-19 di Graha Persib, Kota Bandung, Jumat, (3/7/2020). Kegiatan dilakukan jelang bergulirnya kembali sesi latihan dan kompetisi.

Dokter Persib Raffi Ghani mengatakan pemeriksaan itu merupakan salah satu protokol kesehatan Covid-19 yang perlu dijalani.

"Kita segera berlatih bersama, semua sudah melakukan tes PCR hari ini. Yang diperiksa dari pemain, pelatih dan ofisial 46 orang," kata Raffi.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya