Cuplikan Drama Adu Penalti Arsenal vs Liverpool di Community Shield

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengakui bahwa timnya seharusnya mencetak gol kemenangan dalam waktu normal setelah berada di atas angin.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 30 Agu 2020, 07:00 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2020, 07:00 WIB
Menang Adu Penalti Atas Liverpool, Arsenal Juara Community Shield
Para pemain Arsenal bereaksi saat rekan setimnya Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol penalti kemenangan dalam adu penalti pada laga Community Shield di stadion Wembley di London, Sabtu, (29/8/2020). (Justin Tallis / Pool via AP)

Liputan6.com, Jakarta Arsenal sukses meraih gelar Community Shield 2020 usai mengalahkan Liverpool lewat babak adu penalti 5-4 di Wembley, Sabtu malam WIB (29/8/2020). Laga harus diakhiri adu penalti setelah pada waktu normal, kedua tim bermain imbang 1-1.

Arsenal membuka skor pada menit ke-12 lewat Pierre-Emerick Aubameyang. Liverpool membalasnya melalui gol Takumi Minamino.

Ini adalah tahun kedua berturut-turut Liverpool kehilangan Community Shield melalui adu penalti. Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengakui itu adalah hari yang menyedihkan bagi juara bertahan Liga Inggris ini.

Klopp mengakui bahwa timnya seharusnya mencetak gol kemenangan dalam waktu normal setelah berada di atas angin.

“Kami pantas menyamakan kedudukan dan bisa mencetak lebih banyak tapi kami tidak melakukan itu,” kata pelatih Liverpool asal Jerman itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jalannya Pertandingan

Menang Adu Penalti Atas Liverpool, Arsenal Juara Community Shield
Bek Liverpool, Neco Williams (tengah) berebut bola dengan gelandang Arsenal, Ainsley Maitland-Niles pada laga Community Shield di stadion Wembley di London, Sabtu, (29/8/2020). (Justin Tallis / Pool via AP)

Arsenal membuka skor pada menit ke-12 lewat Aubameyang. Gol berawal dari umpan silang Bukayo Saka ke Aubameyang di sisi kanan pertahanan Liverpool. Striker asal Gabon itu lebih dahulu mengecoh Neco Williams sebelum melesatkan tendangan ke pojok kiri gawang Alisson. Arsenal unggul 1-0.

Namun ketatnya barisan pertahanan Meriam London membuat Liverpool kesulitan. Gawang The Reds malah nyaris bobol untuk kedua kali andai Alisson tak sigap menghalau tendangan Eddie Nketiah.

Hingga turun minum, Liverpool terus mencoba menembus pertahanan Arsenal. Akan tetapi, usaha mereka kerap menemui jalan buntu sampai babak pertama berakhir.


Babak Kedua

Menang Adu Penalti Atas Liverpool, Arsenal Juara Community Shield
Penyerang Liverpool, Takumi Minamino saat mencetak gol ke gawang Arsenal pada laga Community Shield di stadion Wembley di London, Sabtu, (29/8/2020). (Justin Tallis / Pool via AP)

Kendali permainan masih dipegang Liverpool di babak kedua. Demi meningkatkan intensitas serangan, Klopp memasukan Takumi Minamino dan Naby Keita.

Strategi itu terbukti ampuh. Minamino membuat Liverpool menyamakan kedudukan berkat golnya pada menit ke-73 setelah memanfaatkan kemelut di gawang Arsenal.

Gol Minamino menjadi satu-satunya di babak kedua. Alhasil, pertandingan pun dilanjutkan ke babak penalti.


Adu Penalti

Menang Adu Penalti Atas Liverpool, Arsenal Juara Community Shield
Penyerang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang saat mencetak gol penalti kemenangan melawan Liverpool pada laga Community Shield di stadion Wembley di London, Sabtu, (29/8/2020). (Andrew Couldridge/Pool via AP)

Liverpool memulai penalti dengan mulus lewat eksekusi Mohamed Salah. Namun Reis Nelson yang menjadi eksekutor pertama Arsenal juga sukses.

Pertaruhan Klopp menunjuk Rhian Brewster sayangnya menjadi blunder. Bertindak sebagai eksekutor ke-3 Liverpool, bola tendangannya gagal masuk usai membentur tiang.

Gelar Community Shield akhirnya menjadi milik Arsenal setelah Aubameyang sukses mengecoh Alisson. Arsenal menang 5-4 di babak adu penalti.


Susunan Pemain

Liverpool XI: Alisson; Williams, Van Dijk, Gomez, Robertson; Fabinho, Wijnaldum, Milner; Salah, Mane, Firmino.

Arsenal XI: Martínez; Bellerín, Holding, David Luiz, Tierney; Maitland-Niles, Elneny, Xhaka, Saka; Nketiah, Aubameyang.


Cuplikan Video Pertandingan

Menang Adu Penalti Atas Liverpool, Arsenal Juara Community Shield
Penyerang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang dan bek David Luiz berpose dengan trofi Community Shield usai pertandingan melawan Liverpool di stadion Wembley, London, Sabtu, (29/8/2020). Arsenal mengalahkan Liverpool 5-4 dalam adu penalti setelah pertandingan seri 1-1. (Justin Tallis/Pool via AP)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya