Hasil MotoGP Valencia: Sejarah, Joan Mir Raih Gelar Juara Dunia

Sukses Joan Mir jadi juara dunia tak lepas dari jatuhnya salah satu rival terdekat, Fabio Quartararo, di MotoGP Valencia 2020.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 15 Nov 2020, 20:58 WIB
Diterbitkan 15 Nov 2020, 20:58 WIB
Joan Mir
Joan Mir juara dunia MotoGP 2020 (Liputan6.com/Trie Yasni)

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Suzuki Joan Mir berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP 2020. Juara baru di ajang balapan ini terjadi di GP Valencia, di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu malam WIB (15/11/2020).

Meski hanya finish di urutan ke-7, Joan Mir tetap jadi juara karena perolehan nilainya tidak mungkin lagi terkejar para pesaingnya sekalipun masih menyisakan satu balapan pada MotoGP Portugal.

Sukses Mir ini tidak lepas dari kegagalan pesaing terdekatnya Fabio Quartararo. Ia jatuh di Turn 6 putaran kesembilan. Kans Fabio Quartararo juara dunia sirna

Sejak bendera start dikibarkan Franco Morbidelli, Jack Milner dan Pol Espargaro melesat meninggalkan pembalap lainnya. Sedangkan, Joan Mir yang tinggal selangkah lagi menuju gelar juara dunia tercecer di urutan 8.

Posisi tiga pembalap terdepan ini tidak berubah hingga balapan menyisakan 19 laps. Urutan keempat ditempati Miguel Oliveira, Nakagami, dan Rins di urutan keenam MotoGP Valencia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Menarik Berikut Ini


Kecelakaan

Johann Zarco
Johann Zarco harusnya start di posisi depan kalau tidak kena sanksi (Joe Klamar/AFP)

Memasuki laps ke-22, kecelakaan menimpa Johann Zarco. Nasib sial dialami Fabio Quartararo setelah motornya tergelincir di laps 18. Peluang pembaap Petronas Yamaha SRT ini pun berakhir.

Kecelakaan itu membuat Quartararo bisa keluar dari empat besar gelar, di belakang Vinales.

Morbidelli masih terus memimpin saat balapan di MotoGP Valencia menyisakan 9 laps. Milner dan Espargaro juga masih konsisten mempertahankan jarak.


Sengit

Franco Morbidelli
Aksi Franco Morbidelli di FP1 MotoGP Valencia (Jose Jordan/AFP)

Kecelakaan kembali terjadi di laps 8. Nakigami tak mampu menguasi kendaraannya dan terjatuh. Posisi Mir kini naik di urutan ke-7.

Drama menegangkan terjadi di laps terakhir. Morbidelli dan Milner terlibat persaingan ketat. Namun, Morbidelli akhirnya menjadi pembalap terdepan yang menyentuh garis akhir.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya