Barcelona Vs Juventus di Liga Champions : Pirlo Tetap Anggap Messi Sebagai Ancaman

Episode baru rivalitas Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo berpotensi tersaji pada lanjutan Liga Champions dini hari nanti.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 08 Des 2020, 14:30 WIB
Diterbitkan 08 Des 2020, 14:30 WIB
Gerard Pique Kartu Merah, Barcelona Pesta Gol di Laga Pembuka Liga Champions 2020/2021
Penyerang Barcelona, Lionel Messi, berusaha melewati pemain Ferencvaros pada matchday 1 Grup G Liga Champions 2020/2021 di Camp Nou, Rabu (21/10/2020) dini hari WIB. Barcelona menang 5-1 atas Ferencvaros. (AFP/Lluis Gene)

Liputan6.com, Jakarta Barcelona dan Juventus sebenarnya sama-sama sudah memastikan tempat di babak 16 besar Liga Champions 2020. Namun pertemuan kedua tim di Camp Nou dini hari nanti, berpotensi menghadirkan episode baru rivalitas antara dua ikon sepak bola modern, yakni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. 

Persaingan Messi dan Ronaldo boleh dikatakan meruncing saat kedua pemain masih sama-sama tampil di pentas Liga Spanyol. Rivalitas semakin panas manakala kedua pemain berada di dua kutub berbeda pada El Clasico; Ronaldo memperkuat tim ibu kota Real Madrid dan Messi bermain untuk Barcelona. 

Namun aroma persaingan kedua ikon sepak bola modern itu sedikit mereda sejak 2018, saat Ronaldo pindah ke Juventus. Bermain di kompetisi yang berbeda membuat Messi dan CR7 jarang bertemu.    

Ronaldo tampak menikmati petualangan barunya bersama Si Nyonya Tua. Sempat melempem di awal musim pertamanya, Ronaldo perlahan tapi pasti berhasil bangkit dan menunjukkan ketajamannya. Penampilan pemain asal Portugal itu tetap stabil meski tim asal kota Turin itu berganti-ganti pelatih. 

Di era Massimiloano Allegri, Ronaldo mampu mencetak 21 gol dan ikut mengantar Juventus menjadi juara Serie A. Pada musim berikutnya ketika Juventus ditangani Maurizio Sarri, Ronaldo yang sudah berusia 35 tahun mencetak 31 gol dan mengantar Juventus menjadi Scudetto untuk ke-36 kalinya.

Musim ini, Juventus kembali ditangani pelatih berbeda, yakni Andrea Pirlo. Meski demikian, Ronaldo belum juga menunjukkan tanda-tanda melambat melihat 8 gol yang sudah dicetaknya musim ini.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini


Nasib Lionel Messi

Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Pemain Terbaik FIFA 2017
Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, berbincang dengan striker Barcelona, Lionel Messi, saat acara penghargaan pemain terbaik FIFA 2017 di London, Senin (23/10/2017). Cristiano Ronaldo berhasil meraih pemain terbaik FIFA 2017. (AFP/Ben Stansall)

Berbeda dengan Ronaldo, dua tahun terakhir menjadi momen yang cukup berat bagi Messi. Setelah Barcelona mengakhiri musim lalu tanpa gelar, Messi bahkan berniat meninggalkan Camp Nou. 

Kehadiran pelatih baru Ronald Koeman yang berusaha mencari bentuk baru bagi skema bermain Barcelona ikut mempengaruhi penampilan Messi sejauh ini. Catatan 4 gol dari 10 pertandingan (2 gol lewat penalti) menjadi gambaran sulitnya situasi yang harus dihadapi La Pulga saat ini.

Kehadiran Messi juga mulai dirasakan sebagai beban bagi manajemen. Presiden interim Barcelona, Carles Tusquets bahkan tidak ragu menjual Messi untuk menyelamatkan keuangan tim. 

 

 


Masalah Kejiwaan

Pencetak Gol Kemenangan, Barcelona, Real Madrid
Bintang Barcelona, Lionel Messi (tengah) mencetak satu gol saat timnya melumat PSG pada leg kedua Babak 16 Besar Liga Champions di Camp Nou stadium, Barcelona, (8/3/2017). Barcelona menang 6-1. (AP/Manu Fernandez)

Pelatih Juventus, Andrea Pirlo, bisa mencium masalah pelik yang melanda Messi. Hanya saja, mantan pemain timnas Italia itu enggan terpengaruh saat pasukannya bersua Barcelona dini hari nanti. 

Menurut Pirlo, masalah yang menimpa Messi tidak membuat kemampuannya di lapangan menurun. Bagi Pirlo, pemain yang dijuluki La Pulga itu tetaplah fenomenal dan berpotensi mengancam timnya. 

"Messi saat ini sedang melewati momen spesial dalam hidupnya tapi bukan pada kariernya karena dia punya masalah pada musim panas ini," kata Pirlo seperti dilansir Goal.com. 

"Ini soal apakah dia mau bertahan atau tidak di Barcelona. Namun selama pertandingan dia selalu menunjukkan kelasnya. Di luar sepak bola, dia mungkin ada masalah psikologi. Tapi saya tidak mau masuk terlalu dalam soal itu karena itu bukan urusan kami," beber Pirlo menambahkan. 

"Messi tetaplah fenomenal dan dia telah menunjukkan itu."

 

 

 


Belajar dari Kesalahan

Juventus saat ini berada di urutan kedua klasemen sementara Grup G dengan 12 poin. Si Nyonya Tua terpaut 3 poin dari Barcelona yang memimpin dengan 15 poin. Meski sudah tidak mungkin tergusur dari dua besar, Juventus masih berpeluang menggusur Barcelona dan menjadi juara grup G. 

"Kami tanpa beban. Kami bisa bermain terbuka. Kami sudah mengetahui kesalahan yang kami lakukan pada leg pertama. Ini bakal jadi laga yang sulit sebab kami akan menderita, tapi kami masih punya kesempatan dan kami akan mencoba mengambil keuntungan dari mereka," kata Pirlo.  

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya