Prediksi Final Euro 2020 Italia vs Inggris : Pulang ke Rumah atau Roma?

Italia bakal menghadapi Inggris pada Final Euro 2020 yang berlangsung di stadion Wembley, London.

oleh Defri Saefullah diperbarui 11 Jul 2021, 19:00 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2021, 19:00 WIB
Prediksi Italia vs Inggris
Italia vs Inggris (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta Inggris dan Italia merupakan dua kiblat sepak bola yang selalu diperhitungkan termasuk di ajang besar seperti Euro 2020. Tak aneh kalau kedua negara berhasil menembus final Euro 2020 yang bakal dihelat di Wembley Stadium, Senin (12/7/2021).

Inggris salah satu kiblat sepak bola dunia. Di sinilah konon sepak bola zaman dahulu ditemukan. Maka itu slogan "It's coming home" yang memiliki arti sepak bola pulang ke rumah.

Italia pun tak bisa dinafikan sejarah mereka di kancah sepak bola dunia. Negara Pizza ini menjadi pesaing terdekat Brasil dalam hal trofi Piala Dunia. Italia bersama Jerman sudah empat kali menjadi juara Piala Dunia.

Uniknya, Italia baru sekali juara Piala Eropa atau Euro. Itu terjadi pada 1968 atau sekitar 53 tahun lalu. Padahal Italia bisa melakukannya di dua kali kesempatan saat lolos final Euro 2000 dan 2012 tapi gagal.

Inggris lebih parah lagi karena belum pernah menjadi juara Piala Eropa sekalipun. Prestasi terbesar Inggris terjadi saat menjuarai Piala Dunia 1966 yang juga berstatus sebagai tuan rumah, apakah itu terulang lagi? Atau malah trofi diboyong Italia ke Roma?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Video Menarik


Bukan Catenaccio Lagi

Foto Piala Eropa: 7 Pemain yang Diprediksi akan Menjadi Bintang di Babak 16 Besar Euro 2020, Ada Cristiano Ronaldo dan Kylian Mbappe
Nicola Barella salah satu motor serangan Italia di final Euro 2020 nanti(Foto: AP/Pool/Alberto Lingria)

 

Inggris dan Italia sejatinya dulu menciptakan atau terkenal dengan dua gaya main yang konvensional. Inggris mengandalkan permainan kick and rush atau lepas umpan-umpan panjang langsung ke striker atau penyerang.

Sedangkan Italia terkenal dengan Catenaccio atau pertahanan grendel. Italia menunjukkan permainan ini saat lawan Spanyol di semifinal, tapi mereka juga punya counter attack yang mematikan.

Pelatih Italia, Roberto Mancini tahu bagaimana caranya menampilkan permainan terbaik untuk Gli Azzuri. Tampil bagus sepanjang Euro 2020, Mancini pastikan Italia bakal habis-habisan lawan Inggris.

"Bisa tembus final itu sebuah prestasi, tapi tidak cukup. Kami bisa disebut sukses kalau menang lawan Inggris. Kami sudah tampil bagus, tapi pada akhirnya kemenangan juga yang paling penting," ujarnya.

 


Dipuji

Inggris ke Final Euro 2020 Usai Taklukkan Denmark 2-1
Para pemain Inggris melakukan selebrasi usai mengalahkan Denmark pada pertandingan semifinal Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Kamis (8/7/2021). Inggris menang atas Denmark dengan skor 2-1. (Justin Tallis/Pool Photo via AP)

 

Perubahan yang dilakukan Mancini juga diakui Gareth Southgate. Sebagai mantan pemain Inggris, dia sebut permainan Italia saat ini lebih modern.

"Saya telah mengamati mereka dengan cermat selama dua tahun, karena saya tahu pekerjaan yang dilakukan Roberto Mancini," ujarnya.

"Ini adalah tim yang luar biasa dan saya pikir, tanpa ragu, dua tim terbaik di turnamen ini telah mencapai final."

 

 

 


  Rekor Pertemuan

Piala Eropa 2020 Inggris Melawan Kroasia
Bek Inggris, John Stones, duel udara dengan penyerang Kroasia, Ante Rebic, pada laga Piala Eropa 2020 di Stadion Wembley, Minggu (13/6/2021). (Laurence Griffiths, Pool via AP)

28/03/18 UJC Inggris 1 - 1 Italia

01/04/15 UJC Italia 1 - 1 Inggris

15/06/14 PID Inggris 1 - 2 Italia

16/08/12 UJC Inggris 2 - 1 Italia

25/06/12 EUR Inggris 0 - 0 P Italia

 


Prediksi Susunan Pemain

 

Italia: Donnarumma; Di Lorenzo, Bonucci, Chiellini, Emerson; Verratti, Jorginho, Barella; Chiesa, Immobile, Insigne

England: Pickford; Walker, Stones, Maguire, Shaw; Phillips, Rice, Mount; Saka, Kane, Sterling

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya