Buntut Kericuhan di Laga Nice Vs Marseille, LFP Prancis Jatuhkan Hukuman

Badan pengelola sepak bola profesional utama di Prancis, LFP, akan menjatuhkan hukuman kepada kedua tim akibat insiden kericuhan yang terjadi dalam pertandingan Nice kontra Marseille pada Senin (23/8/2021) dini hari WIB

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Agu 2021, 16:15 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2021, 16:15 WIB
Foto: Rusuh Suporter dengan Pemain, Laga Nice Melawan Marseille di Liga Prancis Dihentikan di Menit ke-77
Laga Liga Prancis pada pekan ketiga antara tuan rumah Nice menghadapi Marseille yang digelar di Allianz Riviera Stadium, Senin (23/8/2021) dini hari WIB terpaksa dihentikan pada menit ke-77 akibat terjadinya kerusuhan antara suporter dengan pemain. (Foto: AFP/Valery Hache)

Liputan6.com, Jakarta Badan pengelola sepak bola profesional utama Prancis, The Ligue de Football Professionnel (LFP), menjatuhkan hukuman atas insiden kericuhan yang terjadi dalam laga Nice vs Marseille pada Senin (23/8/2021) dini hari WIB.

Melansir laporan Goal.com, Wasit Benoit Bastien mau tak mau menangguhkan permainan di pertengahan babak kedua akibat aksi rusuh yang dilancarkan suporter, pemain, dan staf di lapangan.

Kericuhan lantas membuat para pemain Marseille menolak keluar dari ruang ganti sehingga mereka dinyatakan kalah telak 0–3 dari Nice, sesuai peraturan yang ditetapkan LFP.

Hukuman LFP juga turut menghampiri OGC Nice. Badan sepak bola tersebut menetapkan bahwa pertandingan Nice berikutnya bakal digelar secara tertutup akibat kericuhan yang terjadi dalam laga kontra Olympique de Marseille.

Sanksi lebih lanjut diharapkan akan diberikan bulan depan. Akan tetapi, untuk saat ini, para pendukung Nice telah dilarang untuk menghadiri pertandingan mendatang dengan Bordeaux di Allianz Riviera.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Putusan Komisi Disiplin

Foto: Rusuh Suporter dengan Pemain, Laga Nice Melawan Marseille di Liga Prancis Dihentikan di Menit ke-77
Kerusuhan dipicu lemparan botol oleh suporter Nice yang mengenai punggung striker Marseille, Dimitri Payet pada pertengahan babak kedua. (Foto: AFP/Valery Hache)

“Mengingat insiden kekerasan serius yang terjadi selama pertandingan OGC Nice melawan Olympique de Marseille, Komisi Disiplin LFP memutuskan untuk menyelidiki kasus ini dan mengumumkan dua tindakan pencegahan,” demikian bunyi pernyataan LFP seperti dilansir dari Goal.com.

Adapun, tindakan pertama berupa penyelenggaraan pertandingan tertutup di Stadion Allienz Riviera dalam laga OGC Nice kontra FC Girondins de Bordeaux pada Sabtu (28/8/2021) sore waktu setempat.

Kedua, adanya penangguhan bangku cadangan, ruang ganti wasit, dan semua fungsi resmi untuk Pablo Fernandez, pelatih fisik di Olympique de Marseille.

“Pada akhir penyelidikan yang dikeluarkan Kamis, 8 September, Komisi Disiplin akan menentukan keputusan akhir yang diambil mengenai: (1) Perilaku pendukung OGC Nice dan invasi ke lapangan. (2) Perilaku para pemain di lapangan. (3) Nasib pertemuan,” sambung pihak LFP, dikutip dari Goal.com.


Penyebab Kericuhan

Foto: Rusuh Suporter dengan Pemain, Laga Nice Melawan Marseille di Liga Prancis Dihentikan di Menit ke-77
Kejadian tersebut diperparah dengan sikap para pemain Marseille lainnya yang menendang bola ke arah suporter Nice hingga makin memicu amarah mereka untuk bersama-sama turun ke lapangan. (Foto: AFP/Valery Hache)

Adapun, kericuhan hari itu pecah usai pemain Marseille Dimitri Payet menjadi sasaran proyektil yang dilempar dari tribun suporter Nice dalam pertandingan. Tensi tinggi semakin berkobar ketika sang pemain melemparkan botol kembali ke arah penonton.

Melansir Goal.com, setelah kejadian tersebut, para penonton mulai menyerbu lapangan dan memicu perkelahian habis-habisan ketika mereka berhadapan dengan Payet bersama rekan setimnya di Marseille.


Menunggu Hasil

Kini, Nice dan Marseille harus menunggu hasil banding dari pertandingan yang terhenti kala itu. Untuk sementara, Marseille dinyatakan kalah atas Nice. Meski demikian, keduanya pun masih perlu memantau kemungkinan hukuman lain sebagai buntut atas kejadian tersebut.

 

Penulis: Melinda Indrasari

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya