Timnas Indonesia Bantai Malaysia di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong Ungkap Rahasianya

Timnas Indonesia menjadi juara Grup B Piala AFF 2020 setelah mengalahkan Malaysia dengan skor telak 4-1.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 20 Des 2021, 07:30 WIB
Diterbitkan 20 Des 2021, 07:30 WIB
Pratama Arhan - Timnas Indonesia - 20 Desember 2021
Pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan dan rekannya Irfan Jaya merayakan gol ke gawang Malaysia pada laga pamungkas Grup B Piala AFF di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB. (foto: PSSI)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Ini setelah Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan menang 4-1 atas Malaysia di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB.

Keempat gol Timnas Indonesia dicetak oleh Irfan Jaya pada menit ke-36 dan 43, Pratama Arhan menit ke-50, dan Elkan Baggott menit ke-82. Sedangkan satu gol Malaysia dilesakkan Kogileswaran Raj Mohan di menit ke-13.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkapkan kunci kemenangan anak asuhnya atas Malaysia. Pada laga ini, skuat Garuda sempat tertinggal terlebih dahulu sebelum berbalik unggul dan menang telak.

"Memang sebelum pertandingan selalu ada pertemuan tim. Jadi saya tegaskan kepada pemain walau kebobolan harus tetap tenang, terus menjalankan instruksi pelatih," kata juru taktik asal Korea Selatan itu seperti dikutip dari situs PSSI.

"Selain itu, kami juga memberikan semangat kepada pemain agar mereka percaya diri, tidak kalah mental, dan tidak boleh kalah saat berduel berebut bola," tambahnya.

Simak selengkapnya jadwal Piala AFF 2020/2021 dan jadwal Timnas Indonesia, juga hasil pertandingan dan klasemen dengan klik di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Selamat dan terima kasih

Timnas Indonesia - Shin Tae-yong - 20 Desember 2021
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan instruksi saat melawan Malaysia pada laga terakhir Grup B Piala AFF di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB. (foto: PSSI)

Shin Tae-yong menyatakan dirinya sangat senang dengan kinerja yang ditampilkan para pemainnya dalam laga ini. "Pemain hari ini bekerja keras dan mencetak banyak gol ke gawang Malaysia. Saya mengucapkan selamat dan berterima kasih kepada para pemain Timnas Indonesia," ujarnya.

Kemenangan ini semakin lengkap setelah Pratama Arhan terpilih menjadi pemain terbaik. Sebelumnya, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya, dan Alfeandra Dewangga Santosa juga pernah meraih predikat itu. Itu artinya selama empat kali main, pemain Indonesia selalu menyabet man of the match.

 


Juara grup

Foto: Irfan Jaya Bikin Mental Timnas Indonesia Bangkit dan Sukses Bungkam Malaysia di Piala AFF 2020
Menit ke-82, Indonesia kembali mencetak gol. Kali ini dimulai dari tendangan sudut Evan Dimas yang dituntaskan sundulan keras Elkan Baggott. (Dok. PSSI)

Kemenangan 4-1 melawan Malaysia membuat Indonesia menjadi juara Grup B. Skuat Garuda punya poin dan selisih gol yang sama dengan Vietnam, tetapi unggul agresivitas gol. Di waktu bersamaan, Vietnam menang 4-0 atas Kamboja.

"Saya sudah menduga Vietnam pasti bisa menang dengan mudah atas Kamboja. Saya memang harus memperhatikan poin. Kalau poin sama, berlanjut ke selisih gol," tutur Shin Tae-yong.

Indonesia akan menghadapi Singapura dalam dua leg pada laga semifinal Piala AFF. Leg pertama dimainkan 22 Desember dan kedua tiga hari kemudian. Kedua laga tersebut digelar di National Stadium, Singapura.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya