Mengenal Sosok Christian Adinata, Pahlawan Tim Bulu Tangkis Indonesia

Christian Adinata yang mengawali di klub Tangkas Intiland Jakarta bisa menjadi calon bintang baru Indonesia di sektor tunggal

oleh AY Yustiawan diperbarui 18 Feb 2022, 20:25 WIB
Diterbitkan 18 Feb 2022, 20:25 WIB
Christian Adinata
Penampilan pemain Indonesia, Christian Adinata, saat melawan Korea Selatan pada Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2022 di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Kamis (17/2/2022). (PBSI)

Liputan6.com, Jakarta Sosok Christian Adinata ramai jadi perbincangan publik. Ini setelah pebulutangkis muda ini tampil menjadi pahlawan tim bulu tangkis Indonesia.

Pemain bulu tangkis kelahiran 16 Juni 2001 ini, menjadi penentu kemenangan tim bulu tangkis putra Indonesia saat menghadapi Korea Selatan, di babak penyisihan Grup A Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu (Badminton Asia Team Championships) 2022 di Malaysia, Kamis kemarin (17/22/2022).

Pada pertarungan di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, itu, pemain peringkat 203 dunia ini mengalahkan Jeong Min Sun dalam rubber game 21-19, 11-21, 21-17, sekaligus menjadi kemenangan kunci di partai kelima.

Indonesia pun menang tipis 3-2 atas Korsel dan memastikan posisinya ke semifinal. Sukses ini sontak membuat penampilan Christian Adinata di pertandingan tersebut mendapat pujian berbagai kalangan, termasuk dari netizen.

“Puji Tuhan bisa menyelesaikan pertandingan dan tak ada cedera. Senang bisa main maksimal dan menyumbangkan poin, meski tegang tapi akhirnya bisa mengatasi,” tutur Christian seperti dilansir situs resmi PBSI.

Chris, sapaan akrab Christian Adinata, adalah salah satu pemain muda yang bisa menjadi asa baru Indonesia di sektor tunggal. Dia merupakan pebulutangkis muda asal Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Awal Karier

Christian Adinata
Penampilan Christian Adinata pada Mola TV PBSI Thomas & Uber Cup Simulation 2020 di Pelatnas Cipayung, Selasa (1/9/2020). (PBSI)

Chris mengawali kariernya dengan bergabung di klub bulutangkis Tangkas Intiland Jakarta. Bakatnya terlihat saat tampil di Sirnas Semarang 2015 dan ajang Djarum Sirkuit Nasional Premier Banten Terbuka.

Berkat penampilannya di dua ajang itu, pebulutangkis asal Pati, Jawa Tengah itu, mulai mendapat perhatian dan berkesempatan tembus ke pelatnas di usia yang masih muda.


Terus Meroket

Deretan potret Christian Adinata
foto: IG/@christianadinata16

Prestasi Chris terus meroket. Dia berhasil menjadi runner up pada Yonex Junior International 2019. Selanjutnya, CHris menjadi runner up di turnamen Yonex Sunrise India Junior International 2018.

Christian berhasil menjadi runner up OUE Singapore Youth International Series. Dan, prestasi terbaru pria yang memang bercita-cita bisa mewakili Indonesia di ajang dunia adalah mencetak posisi ketiga di Bahrain International Challenge 2021.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya