Hadapi Anthony Joshua, Oleksandr Usyk Dapat Izin Tinggalkan Garis Depan Perang Ukraina-Rusia

Oleksandr Usyk bakal berusaha mempertahankan gelar juara dunia kelas berat yang direbutnya dari Anthony Joshua, tahun lalu.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 23 Mar 2022, 19:15 WIB
Diterbitkan 23 Mar 2022, 19:15 WIB
Foto: Hajar Anthony Joshua, Oleksandr Usyk Rebut Gelar Juara Tinju Kelas Berat Dunia
Dominasi Oleksandr Usyk terlihat jelas di ronde ke-12 saat dia tampil agresif berusaha mengeja kemenangan KO. (AP/Frank Augstein)

Liputan6.com, Jakarta Sejak Rusia melancarkan invasi ke Ukraina, Olekasndr Usyk memilih pulang untuk mempertahankan Tanah Kelahirannya. Dia ikut mengangkat senjata di garis depan bersama pasukan pertahanan Kiev.

Foto Usyk berseragam militer sembari menyandang senjata sempat menghiasu sejumlah media. Sama halnya dengan dua mantan juara dunia tinju kelas berat dari Ukraina, Klitschko bersaudara (Waldimir dan Vitali), petinju berusia 35 tahun itu juga rela mati demi mempertahankan kedaulatan negaranya. 

Namun seperti dilansir dari Dailystar, Usyk untuk sementara bakal menepi dari lokasi pertempuran. Pasalnya, dia sudah ditunggu jadwal 'pertempuran' lain di atas ring tinju. 

Ya, Usyk akan mempersiapkan diri menghadapi rematch melawan Anthony Joshua. Sebelumnya, Usyk berhasil merebut seluruh gelar milik AJ lewat kemenangan angka multak, 25 November 2021 lalu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dapat Lampu Hijau

Foto: Hajar Anthony Joshua, Oleksandr Usyk Rebut Gelar Juara Tinju Kelas Berat Dunia
Cedera yang dialami Joshua di ronde kesembilan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan petinju berusia 31 tahun itu tidak bisa menahan serangan Usyk yang tampil energik. (AFP/Adrian Dennis)

Menurut laporan ESPN, Usyk sudah mendapat restu untuk melawan Joshua. Menteri olahraga Ukraina telah memberi lampu hijau untuk meninggalkan negaranya dan mempersiapkan diri menghadapi AJ. 

Sesuai kontrak, pertandingan rencananya akan berlangsung musim panas nanti. Dalam laga ini, Usyk akan berusaha mempertahankan gelar juara dunia kelas berat versi IBF, WBA, dan WBO miliknya. 

Sang promotor, Eddie Hearn juga sangat optimistis rematch Usyk Vs AJ bisa digelar segera. Apalagi, kesepakatan mengenai bayaran juga sudah rampung dan tinggal menentukan tanggal dan harinya. 

 

 

 

 

 


Duel Melawan Joshua

Pada pertemuan pertama di Stadion Tottenham Hotspur, London, sebelumnya, Usyk sebenarnya tidak diunggulkan atas AJ. Apalagi, dia sebenarnya bukan lawan yang sejak awal diincar petinju Inggris itu. 

Sebelum meladeni Uysik, AJ sebenarnya tengah bersiap mengawinkan gelar melawan Tyson Fury. Namun karena masih menyisakan duel wajib, AJ pun terpaksa bertemu Uysk terlebih dulu. 

AJ bertubuh lebih besar. Namun Uysk yang mengemas rekor bertanding 19-0, ternyata petinju cerdas. Dia bertahan dan memberi perlawanan sepanjang 12 ronde sampai akhirnya menang angka mutlak. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya