Krisis Keuangan Pulih, Barcelona Tidak Jadi Jual De Jong ke MU?

Dengan kondisi keuangan semakin pulih, Barcelona dikabarkan tidak jadi menjual pemain bintang mereka, Frenkie De Jong ke Manchester United. Mereka juga dikabarkan sudah bersedia membayarkan gaji sang pemain yang sebelumnya sempat tertunda.

oleh Jefry Hutabarat diperbarui 24 Jul 2022, 13:00 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2022, 13:00 WIB
Frenkie de Jong - Barcelona - Manchester United
Gelandang Barcelona Frenkie de Jong menjadi target utama Manchester United atau MU pada bursa transfer musim panas 2022. (LLUIS GENE / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Situasi keuangan dari Barcelona dikabarkan sudah semakin membaik. Hal ini dilakukan The Blaugrana menjual 15 persen hak siar mereka kepada Sixth Street selama 25 tahun ke depan. Kesepakatan itu menghasilkan 400 juta euro atau sekitar Rp 6,13 triliun bagi Barcelona.

Sebelumnya, Barcelona telah menjual 10 persen hak siar TV ke Sixth Street dengan harga sekitar 200 juta euro pada awal musim panas ini. Ini berarti perusahaan investasi asal Amerika itu akan memiliki 25 persen hak siar klub Catalan selama 25 tahun ke depan.

Melihat hal ini, seperti yang dikutip dari Manchester Evening News, Sabtu (23/7/2022), Barcelona dikabarkan tidak jadi menjual pemain bintang mereka, Frankie De Jong ke Manchester United.

Barca juga sudah mulai setuju untuk membayarkan sisa gaji dari De Jong yang memang sengaja dibekukan saat pandemi COVID-19 lalu. Hal ini, juga yang membuat raksasa Catalan itu ingin menjual pemain asal Belanda tersebut ke MU.

Walaupun sudah mendapatkan angin segar mengenai keuangan yang makin membaik. Barcelona masih berupaya menjual beberapa pemain mereka sebelum akhir jendela transfer musim panas untuk mengurangi tagihan gaji mereka.

Namun, untuk mendaftarkan pemain, Barcelona masih harus berpikir keras agar mendapatkan solusinya, salah satunya klub ingin menjual sebagian dari Barca Studios supaya mendapatkan dana segar kembali.

Barcelona sejauh ini telah mendatangkan empat pemain baru. Mereka adalah Robert Lewandowski, Andreas Christensen, Franck Kessie, dan Raphinha

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Barcelona Terus Belanja

Foto: Penampakan Perdana Robert Lewandowski di Sesi Latihan Barcelona
Barcelona secara resmi mengumumkan pemain terbarunya, Robert Lewandowski. Penyerang haus gol itu ditebus dari Bayern Munchen seharga 50 juta Euro. (Michael Reaves/Getty Images/AFP)

Meski telah mendatangkan empat pemain baru, Presiden Barcelona Joan Laporta menegaskan belum berhenti beraktivias di bursa transfer. Tim Catalan masih akan merekrut pemain lagi.

Barcelona terus dikaitkan dengan sejumlah bek, yakni Cesar Azpilicueta dari Chelsea dan pemain Sevilla Jules Kounde. "Kami ingin membuat tim yang kompetitif, memberi Xavi alat untuk memiliki tim yang bagus dan saya pikir kami berada di jalur yang benar," kata Laporta seperti dikutip Marca.

"Mimpi saya adalah agar Barca menjadi referensi dunia lagi dan kami bekerja untuk itu. Jika ekonomi tidak pulih maka akan sangat sulit."

“Kami mencapainya, tetapi kami harus bekerja lebih keras. Sepak bola tidak menunggu. Kami harus melakukannya sekarang," ucap Laporta.

"Dengan Ousmane Dembele, Raphinha, Lewandowski, Franck Kessie, Auba (Pierre-Emerick Aubameyang), Ferran Torres, saya pikir Mateu Alemany dan Jordi Cruyff melakukan pekerjaan dengan baik."

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Selain Belanja, Barca Fokus Jual Pemain

Foto: 5 Pasang Pemain Berkelas yang Ternyata Rekan Duet di Klub dan Timnas
Memphis Depay dan Frenkie de Jong - Barisan lini serang Barcelona kini kental dengan aura Timnas Belanda. Depay dan De Jong saat ini tengah berjuang bersama membawa kembali masa kejayaan Barcelona. (AFP/Lluis Gene)

Masa depan Memphis Depay juga menjadi subyek spekulasi. Dia harus berjuang demi bermain reguler musim depan karena bersaing dengan Ousmane Dembele, Ansu Fati, Ferran Torres, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Robert Lewandowski.

Menurut Sport, pelatih Barcelona Xavi Hernandez bakal mengadakan pertemuan dengan De Jong dan Memphis dalam beberapa hari mendatang. Ini untuk kembali mengklarifikasi bahwa keduanya tidak ada dalam rencana klub untuk musim depan.

Laporan itu mengklaim Barelona percaya dapat mengumpulkan 100 juta euro atau sekitar Rp 1,5 triliun dengan menjual De Jong dan Depay. Sebagian besar uang akan didapat dari penjualan De Jong.


MU Siapkan Plan B Jika De Jong Tak Jadi Dijual

Foto: Jarang Mendapat Sorotan, 5 Gelandang Klub Semenjana Liga Inggris yang Mampu Tampil Impresif pada Musim Ini
Sejak bergabung dengan Wolves pada musim 2017/2018, Ruben Neves menjelma menjadi motor permainan klub yang bermarkas di Molineux tersebut. Bermain agak bertahan, dirinya mampu menorehkan rataan 1,2 clearance dan 1,8 tekel per laga pada musim ini. (AFP/Pool/Andy Rain)

Manchester United dan sang manajer Erik ten Hag ingin mendatangkan gelandang Barcelona Frenkie de Jong. Pemuda Belanda itu jadi buruan utama MU di bursa transfer musim panas 2022.

Kini Setan Merah kabarnya bakal mengalihkan harapan itu kepada Ruben Neves. Rekan Cristiano Ronaldo di timnas Portugal itu adalah salah satu pilar penting di lini tengah Wolverhampton Wanderers.

Neves, yang bergabung dengan Wolverhampton Wanderers sejak 2017, telah mencatatkan 212 penampilan dengan mengemas 24 gol serta 12 assist.

Dia merupakan sebagai gelandang bertahan yang tidak takut untuk maju dan memiliki keterampilan passing akurat, visi yang hebat, dan kepekaan posisi yang cerdik.

Selain itu, Neves juga punya kualitas teknik, kecerdasan taktikal, dan kemampuan menembak jarak jauh yang baik. Dengan catatan yang mentereng dan gaya bermainnya yang aduhai, Neves memiliki harga pasar sekitar 40 juta poundsterling.

Seperti gayung bersambut, sang pemain memang ingin meninggalkan Wolverhampton Wanderers.

Infografis transfer MU - November 2021
Infografis transfer MU. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya