PSV Eindhoven vs Arsenal: Kekalahan di Philips Stadion Jadi Pelajaran Penting Buat Mikel Arteta

Sebenarnya, Arsenal hanya membutuhkan satu poin untuk memastikan lolos ke fase gugur sebagai juara grup di Liga Europa.

oleh AY Yustiawan diperbarui 28 Okt 2022, 09:30 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2022, 09:30 WIB
PSV Eindohoven vs Arsenal
Pemain Arsenal Takehiro Tomiyasu, tengah dan Gabriel Martinelli melompati sundulan dengan Andre Ramalho dari PSV selama pertandingan sepak bola grup A Liga Europa antara PSV dan Arsenal di stadion Philips di Eindhoven, Belanda, Kamis, 27 Oktober 2022. (AP Photo/Peter Dejong)

Liputan6.com, Jakarta Manajer Arsenal, Mikel Arteta, seperti diberi peringatan tentang seberapa cepat hal-hal dapat berubah dalam sepak bola. Ini dirasakannya setelah Arsenal kalah 0-2 di tangan PSV Eindhoven di matchday kelima Liga Europa, Jumat dini hari WIB (28/10/2022).

Pada pertandingan itu, pelatih asal Spanyol itu melakukan rotasi dengan membuat lima perubahan. Rotasi dilakukan usai Arsenal meraih hasil imbang 1-1 lawan Southampton di Liga Inggris.

Perubahan dilakukan Arteta untuk menjaga skuadnya tetap segar, dengan pemain seperti Bukayo Saka dan Gabriel Jesus beristirahat setelah memulai di bangku cadangan. Tapi, pertandingan kemarin sama sekali berbeda dari laga pertama mereka di Emirates.

Sebenarnya, The Gunners hanya membutuhkan satu poin untuk memastikan lolos ke fase gugur sebagai juara grup. Namun, gol Joey Veerman dan Luuk de Jong membuyarkan harapan Arsenal memetik tiga poin.

Dengan kemenangan ini PSV Eindhoven memantapkan posisi di peringkat kedua dengan poin 10 sekaligus memastikan kelolosan ke babak selanjutnya. Sementara itu, Arsenal masih menduduki puncak klasemen dengan poin 12.


Kurang Memuaskan

PSV Eindohoven vs Arsenal
Kieran Tierney dari Arsenal melakukan pelanggaran terhadap Xavi Simons dari PSV selama pertandingan sepak bola grup A Liga Europa antara PSV dan Arsenal di stadion Philips di Eindhoven, Belanda, Kamis, 27 Oktober 2022. (AP Photo/Peter Dejong)

Sebelumnya, disebut-sebut Arsenal disebut mulai kehabisan tenaga dalam beberapa pekan terakhir. The Gunners memang tidak kalah, tapi hasil-hasil pertandingan dan permainan di lapangan kurang memuaskan.

Arsenal ditahan imbang Southampton 1-1 dalam duel lanjutan Liga Inggris 2022/23. Hasil itu kurang memuaskan bagi pasukan Mikel Arteta, meski mereka masih di puncak klasemen.


Mulai Berat

Foto: Menang Tipis Atas PSV Eindhoven, Arsenal Genggam Tiket Babak 16 Besar Liga Europa
Arsenal sukses menumbangkan PSV Eindhoven pada laga Grup A Liga Europa 2022/2023 di Stadion Emirates,Jumat (21/10/2022). (AP/Ian Walton)

Sebelum laga tersebut, Arsenal hanya menang tipis 1-0 di tiga pertandingan beruntun semua kompetisi. Mereka mengalahkan Bodo/Glimt, Leeds United, dan PSV dengan satu gol saja.

Hasil-hasil tersebut mengindikasikan bahwa langkah Arsenal mulai berat untuk bertahan di level tertinggi. Penurunan level permainan Arsenal terlihat dari laga imbang dengan Southampton kemarin. Martin Odegaard dkk. memulai pertandingan dengan intensitas tinggi, tapi hanya bisa mencetak satu gol.


Pesaing

Foto: Menang Tipis Atas PSV Eindhoven, Arsenal Genggam Tiket Babak 16 Besar Liga Europa
The Gunners hanya mampu menang tipis atas sang tamu dengan skor 1-0. (AP/Ian Walton)

"Arsenal mengunjungi St. Mary's Stadium seperti tim papan atas yang telah memenangi delapan pertandingan beruntun," kata analis Sky Sports, Zinny Boswell.

"Begitu Xhaka mencetak gol pembuka, rasanya keran gol Arsenal akan terbuka. Southampton tampak kesulitan mengatasi sepak bola Arsenal yang membuat mereka disebut sebagai pesaing tangguh musim ini."


Klasemen

Foto: Menang Tipis Atas PSV Eindhoven, Arsenal Genggam Tiket Babak 16 Besar Liga Europa
Berkat kemenangan tersebut Arsenal tetap kokoh di puncak klasemen. Skuad Arteta menyapu bersih empat pertandingan dengan kemenangan dan belum pernah terkalahkan. Sedangkan PSV tertahan di peringkat ke-2 dengan koleksi tujuh poin. (AP/Ian Walton)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya