Ada Piala Dunia U-20, Menpora: Blackpink Tidak Bisa Konser di GBK

Menpora menegaskan konser Blackpink tidak bisa dilakukan di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Maret 2023 nanti.

oleh Thomas diperbarui 03 Nov 2022, 13:30 WIB
Diterbitkan 03 Nov 2022, 13:30 WIB
Blackpink
Blackpink saat tampil dalam YouTube Music Artist Lounge di Coachella 2019 (12/4/2019). (AFP/Roger Kisby)

Liputan6.com, Jakarta- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan girlgroup asal Korea Blackpink tidak bisa konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Maret 2023 mendatang. Pasalnya GBK sedang dipersiapkan untuk menggelar Piala Dunia U-20 2023.

Seperti diketahui Blackpink telah mengumumkan akan datang ke Indonesia tahun depan guna melakukan konser pada 11-12 Maret 2023. Lokasi konser juga sudah diumumkan yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Konser Blackpink ini hanya berselang dua bulan sebelum Indonesia menggelar Piala Dunia U-20 2023. Stadion Utama Gelora Bung Karno termasuk salah satu venue event bergengsi tersebut.

Dikhawatirkan konser Blackpink di GBK akan merusak rumput sehingga mengganggu pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023. Kebetulan SUGBK akan menjadi pusat utama gelaran Piala Dunia U-20 2023.

Menpora akhirnya angkat bicara soal konser Blackpink ini. Amali menegaskan Blackpink tidak boleh konser di GBK karena akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023.

"Pasti enggak boleh. Jadi semua stadion yang sudah terdaftar di FIFA dan sudah disetujui FIFA, November ini akan mulai direnovasi. Nah, bagi yang sudah selesai tidak diizinkan dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan lain. Itu clear betul," ujar Menpora kepada wartawan usai pelantikan Sesmenpora di Jakarta, Rabu (2/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tidak Bisa Dipakai

Menpora Bangkitkan Tradisi Senam SKJ, Bagus untuk Kebugaran dan Imunitas Tubuh
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali melakukan senam bareng di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta, Jumat (21/10).

GBK sendiri akan direnovasi untuk persiapan menggelar hajatan Piala Dunia U-20 2023. Sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 2023, GBK tidak boleh dipakai untuk kegiatan lain enam bulan sebelum pelaksanaan turnamen.

Tak hanya konser Blackpink, timnas Indonesia juga tak bisa memakai SUGBK untuk Piala AFF 2022. "Kami akan beritahu kepada pimpinan provinsi dan kabupaten/ kota bahwa lapangannya akan direnovasi. Karena itu kan ada perjanjian yang menjadi pegangan FIFA. Makanya, saya bisa pastikan itu (konser) tidak mungkin (digelar di GBK)," lanjut Menpora.


Yakin

Menpora yakin bisa mencegah Blackpink konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno meski promosi sudah gencar dilaksanakan. "Kan GBK punya negara. Tinggal bicara saja kepada Mensetneh. Jadi saya jamin," tegas Menpora Amali.

Indonesia menyiapkan enam lokasi untuk menggelar Piala Dunia U-20 2023. Seluruh stadion tersebut harus steril sejak enam bulan sebelum Piala Dunia U-20 dilaksanakan. Selain GBK, venue lainnya adalah Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya