Daftar Wasit yang Memimpin Piala Dunia 2022, Dari Insinyur hingga Polisi Paruh Waktu

Sebagian wasit ini memiliki latar belakang berbeda walau tetap tegas di lapangan.

oleh Yulianto diperbarui 13 Nov 2022, 10:00 WIB
Diterbitkan 13 Nov 2022, 10:00 WIB
Facundo Tello, wasit Piala Dunia 2022
Wasit asal Argentina yang akan bertugas di Piala Dunia 2022, Facundo Tello. (AFP/Javier Gonzalez Toledo)

Liputan6.com, Jakarta- Peran wasit pertandingan di Piala Dunia seringkali merupakan pekerjaan tanpa pamrih.

Sementara para pemain dibanjiri pujian ketika mereka melakukan pekerjaan yang luar biasa, wasit jarang dipuji karena melakukan pekerjaan mereka dengan baik.

Sebaliknya, mereka secara rutin dicerca – oleh pemain, manajer, dan penggemar karena kesalahan sekecil apa pun.

Kenyataannya adalah peran berisiko tinggi membutuhkan pengetahuan yang komprehensif tentang aturan permainan, tingkat kebugaran elit – sering kali mengharuskan mereka untuk berlari lebih dari pemain lapangan – dan kerja keras selama bertahun-tahun.

Untuk Piala Dunia 2022, FIFA telah merilis daftar 36 wasit, 69 asisten wasit, dan 24 ofisial pertandingan video yang mengawasi sistem asisten wasit video (VAR). Ini juga akan menjadi Piala Dunia pertama dengan ofisial pertandingan wanita – wasit Stephanie Frappart (Prancis), Salima Mukansanga (Rwanda), dan Yoshimi Yamashita (Jepang); asisten wasit Neuza Back (Brasil), Karen Diaz Medina (Meksiko), dan Kathryn Nesbitt (AS).

Piala Dunia 2022 Qatar juga akan melihat pengenalan Teknologi Offside Semi-Otomatis berbasis Artificial Intelligence (AI) baru. Sistem yang saat ini sedang diuji coba di babak grup Liga Champions dirancang untuk meningkatkan akurasi keputusan offside. Kamera yang dipasang di bawah atap stadion melacak semua 22 pemain yang merekam titik data dan menghitung posisi tepat mereka di lapangan.

Wasit juga akan memanfaatkan teknologi garis gawang, yang diperkenalkan selama Piala Dunia 2014 di Brasil. Sistem ini menggunakan 14 kamera berkecepatan tinggi untuk membuat animasi gambar 3D yang dapat memberi tahu wasit segera jika bola telah melewati garis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ini Dia Wasit yang Mewakili Asia dan Afrika

Siapa yang akan menjadi wasit Piala Dunia 2022?

AFC – Konfederasi Sepak Bola Asia

Enam wasit

10 asisten wasit

Empat ofisial pertandingan video

Abdulrahman al-Jassim (Qatar) – Pria asal Qatar berusia 35 tahun ini telah menjadi wasit FIFA sejak 2013 dan telah memimpin beberapa pertandingan papan atas. Dia bekerja sebagai ofisial VAR di Piala Dunia 2018 di Rusia. Dia juga menjadi wasit di Piala Asia AFC 2019 dan final Piala Dunia Antarklub FIFA 2019 antara Liverpool dan Clube de Regatas do Flamengo.

Chris Beath (Australia) – Seperti al-Jassim, Beath mengukir namanya di kancah internasional dengan menjadi wasit di Piala Asia AFC 2019 dan Piala Dunia Antarklub FIFA.

Alireza Faghani (Iran) – Berasal dari Kashmar di timur laut Iran, Faghani bermain sepak bola di kasta ketiga negara itu sebelum akhirnya beralih menjadi wasit. Dia menjadi wasit final Liga Champions AFC 2014, Piala Dunia 2018, dan sekarang menjadi wasit di A-League Australia.

Ma Ning (China) – Ma Ning menjadi wasit kedua China yang berpartisipasi di Piala Dunia.

Mohammed Abdulla Mohamed (UEA) – UEA telah menjadi wasit FIFA sejak 2010 dan menjadi wasit di Piala Asia AFC.

Yoshimi Yamashita (Jepang) – Pada April 2022, Yamashita menjadi ofisial wanita pertama yang mengawasi pertandingan Liga Champions AFC, di mana dia mengeluarkan tiga kartu kuning untuk Melbourne City.

CAF – Konfederasi sepak bola Afrika

Enam wasit

10 asisten wasit

Dua ofisial pertandingan video

Bakary Papa Gassama (Gambia) – Ini akan menjadi penampilan ketiga Gassama di Piala Dunia setelah Brasil 2014 dan Rusia 2018.

Mustapha Ghorbal (Aljazair) – Pria asal Aljazair berusia 37 tahun itu telah menjadi wasit beberapa pertandingan internasional, termasuk final Liga Champions CAF 2020 antara tim Mesir Zamalek dan Al Ahly, di mana dia mengeluarkan dua kartu merah dan lima kartu kuning.

Victor Gomes (Afrika Selatan) – Seorang wasit yang berbicara keras tanpa basa-basi, Gomes telah menjadi berita utama di lebih dari satu kesempatan. Pada 2018, dia dilaporkan menolak suap USD 30.000 untuk memperbaiki pertandingan Piala Konfederasi CAF antara Plateau United dari Nigeria dan USM Alger dari Aljazair.

Di final AFCON 2021, Gomes dengan tegas mengatakan kepada superstar Mesir, Mohamed Salah, untuk berhenti mengeluh sebelum dengan sinis menawarkan peluitnya.

Salima Mukansanga (Rwanda) – Mukansanga terus membuat sejarah. Dia adalah wanita pertama dari negara asalnya, Rwanda, yang menjadi wasit Piala Dunia Wanita FIFA, wanita pertama yang memimpin Piala Afrika dan sekarang menjadi salah satu wanita pertama yang menjadi wasit di Piala Dunia pria.

Janny Sikazwe (Zambia) – Sikazwe membanggakan CV yang mengesankan, setelah menjadi wasit final Piala Dunia Antarklub FIFA 2016 dan final Piala Afrika 2017 dan menjadi wasit Zambia pertama yang memimpin Piala Dunia 2018.

Namun, dia mungkin paling diingat karena salah memanggil full-time pada menit ke-85 dan ke-89 dalam pertandingan Piala Afrika antara Tunisia dan Mali pada Januari tahun ini. Belakangan diketahui bahwa dia menderita heat stroke dan kemudian dibawa ke rumah sakit.

Maguette Ndiaye (Senegal) – Wasit asal Senegal memimpin beberapa pertandingan di Piala Afrika 2021.

Salima Mukansanga, wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan Piala Afrika
Salima Mukansanga, wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan Piala Afrika (Kenzo Tribouillard / AFP)

Wasit dari Benua Amerika Tak Mau Kalah Unjuk Kebolehan

CONCACAF – Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah dan Karibia.

Lima wasit

12 asisten wasit

Tiga ofisial pertandingan video

Ivan Barton (Salvador) – Ivan Barton, berusia 30 tahun, telah memimpin Piala Emas CONCACAF 2019. Dia memimpin pertandingan semifinal antara Jamaika dan Amerika Serikat dan Nations League CONCACAF.

Ismail Elfath (Amerika Serikat) – Lahir di Maroko, Elfath datang ke AS saat berusia 18 tahun setelah memenangkan lotre visa. Dia membuat debut wasit MLS pada 2011 dan sejak itu telah menjadi salah satu ofisial paling dihormati di negara itu, meraih penghargaan MLS Referee of the Year dua kali dalam tiga tahun terakhir. Dia telah memimpin beberapa turnamen internasional, termasuk semifinal Piala Dunia Antarklub 2019.

Mario Escobar (Guatemala) – Pemain berusia 36 tahun ini telah menjadi wasit yang terdaftar di FIFA sejak 2013 dan memimpin beberapa turnamen CONCACAF.

Said Martinez (Honduras) – Pada usia 31 tahun, Said adalah salah satu dari tiga wasit dari Amerika Tengah yang memimpin Piala Dunia 2022. Said, yang juga memiliki gelar di bidang Matematika, menjadi wasit final Piala Emas CONCACAF 2021 antara Amerika Serikat dan Meksiko, mengeluarkan tiga kartu kuning di perpanjangan waktu.

Cesar Ramos (Meksiko) – Pemain Meksiko berusia 38 tahun ini telah menjadi wasit yang terdaftar di FIFA sejak 2014. Dia memimpin tiga pertandingan di Piala Dunia 2018, termasuk babak penyisihan grup dengan hasil imbang 1-1 antara Brasil dan Swiss. Selama pertandingan, para pemain Brasil menyatakan ketidaksenangan mereka kepada Ramos setelah dia menolak klaim pelanggaran pada dua kesempatan dan mengesampingkan tinjauan VAR.

CONMEBOL – Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan

Tujuh wasit

15 asisten wasit

Empat ofisial pertandingan video

Raphael Claus (Brasil) – Pria Brasil berpengalaman yang terakhir menjadi wasit di Copa America 2021.

Andres Matias Matonte Cabrera (Uruguay) – Wasit Uruguay yang terakhir memimpin Piala Arab pada 2021. Dia memimpin kemenangan 5-0 Qatar di perempat final atas UEA, di mana dia mengeluarkan dua penalti dalam waktu delapan menit satu sama lain.

Kevin Ortega (Peru) – Pada usia 30 tahun, wasit Peru adalah salah satu yang termuda di pesawat ke Qatar. Dia telah memimpin beberapa pertandingan tekanan tinggi, termasuk semifinal di Olimpiade Musim Panas 2020 antara Spanyol dan Jepang.

Fernando Rapallini (Argentina) – Pemain Argentina ini memiliki banyak pengalaman memimpin Divisi Primera Argentina dan turnamen internasional. Rapallini membuat sejarah pada 2021 ketika dia menjadi wasit Amerika Selatan pertama yang memimpin di Kejuaraan Eropa.

Wilton Sampaio (Brasil) – Pria berusia 40 tahun itu telah terdaftar di FIFA sejak 2013 dan terakhir kali memimpin Copa America 2021.

Facundo Tello (Argentina) – Tello membuat namanya terkenal di Argentina setelah terpilih menjadi wasit di divisi pertama negara itu setelah hanya empat pertandingan di tingkat kedua. Pada 2021, dia melakukan perjalanan ke Qatar untuk memimpin Piala Dunia Arab FIFA 2021.

Jesus Valenzuela (Venezuela) – Pria berusia 38 tahun itu pertama kali terdaftar sebagai wasit FIFA pada 2013. Pada Juli 2021, dia memimpin semifinal antara Kolombia dan Argentina di Copa America, di mana Valenzuela mengeluarkan 10 kartu kuning.

FOTO: Brasil Ditahan Imbang Ekuador di Kualifikasi Piala Dunia 2022
Wasit Wilmar Roldan menunjuk titik penalti sebelum menonton monitor VAR dan membatalkan keputusannya pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Ekuador dan Brasil di Stadion Casa Blanca, Quito, Ekuador, 27 Januari 2022. Pertandingan berakhir imbang 1-1. (Santiago Arcos/Pool via AP)

Selandia Baru Berpartisipasi walau Lewat Kontribusi Wasit

OFC – Konfederasi Sepak Bola Oceania

Satu wasit

Dua asisten wasit

Matthew Conger (Selandia Baru) – Sejak Australia bergabung dengan AFC pada 2006, Conger adalah satu-satunya wasit yang mewakili OFC di Piala Dunia 2022. Berasal dari Texas, AS, guru paruh waktu itu menjadi wasit satu pertandingan penyisihan grup di Piala Dunia 2018.

UEFA – Persatuan Asosiasi Sepak Bola Eropa

11 wasit

20 asisten wasit

11 video ofisial pertandingan

Istvan Kovacs (Rumania) – Penjaga gawang veteran itu akan memimpin Piala Dunia pertamanya tahun ini, setelah tampil impresif dalam beberapa pertandingan terakhir, termasuk thriller Manchester City versus Real Madrid awal tahun ini di Liga Champions.

Kovacs memainkan keunggulan cerdas yang memungkinkan Bernado Silva melepaskan tembakan setelah Toni Kroos melanggar Oleksandr Zinchenko dalam persiapan.

Stephanie Frappart (Prancis) – Frappart melakukan perdagangannya di Ligue 1 Prancis, tetapi telah mencatatkan beberapa penampilan internasional yang terkenal baru-baru ini, termasuk Piala Super UEFA 2019 antara Liverpool dan Chelsea.

Pada 2020, dia menjadi wanita pertama yang menjadi wasit pertandingan Liga Champions. Pada 2022, dia memimpin final Piala Prancis 2022 antara Nice dan Nantes.

Danny Makkelie (Belanda) – Wasit dan polisi paruh waktu Belanda yang berpengalaman ini telah lama memimpin pertandingan-pertandingan terkenal, termasuk final Liga Europa 2018.Empat pertandingan yang dia pimpin selama Kejuaraan Eropa tahun lalu membuatnya menjadi terkenal. Di semifinal antara Denmark dan Inggris di Wembley, Makkelie menghadiahkan penalti kontroversial kepada Inggris yang memungkinkan mereka maju ke final.

Szymon Marciniak (Polandia) – Wasit Polandia berusia 41 tahun ini hadir dengan segudang pengalaman, setelah mencatatkan tiga pertandingan di Piala Eropa 2016 dan dua di Piala Dunia 2018.

Antonio Mateu Lahoz (Spanyol) – Wasit Spanyol ini dikenal karena pendekatannya yang tidak lazim dalam memimpin pertandingan, tetapi dinilai tinggi oleh UEFA, yang mempercayakannya untuk memimpin final Liga Champions 2021.

Di Piala Eropa 2020, Mateu menyaksikan hasil imbang 2-2 antara Prancis dan Portugal di babak grup, di mana dia menghadiahkan tiga penalti dan empat kartu kuning.

Michael Oliver (Inggris) – Wasit Inggris ini hadir dengan banyak pengalaman domestik, memimpin pertandingan-pertandingan terkenal, seperti final Piala FA 2021. Oliver juga menjadi pemain reguler di Liga Champions, di mana dia mungkin paling dikenang karena memberikan penalti kepada Real Madrid yang akhirnya membawa mereka maju dengan mengorbankan Juventus. Keputusan itu memicu kapten Juventus, Gianluigi Buffon, yang biasanya tenang menuduh Oliver memiliki "tong sampah" untuk hatinya.

Daniele Orsato (Italia) – Sebagai andalan Liga Champions, Orsato menjadi wasit final Liga Champions 2020 antara Bayern Muenchen dan PSG. Dia juga bekerja sebagai wasit VAR selama Piala Dunia 2018.

Daniel Siebert (Jerman) – Dia memimpin tiga pertandingan di Piala Eropa 2020 dan menjadi wasit untuk final Piala Arab 2021 antara Tunisia dan Aljazair.

Anthony Taylor (Inggris) – Wasit berusia 44 tahun baru-baru ini dipercayakan untuk mengatur pertandingan seperti final Nations League antara Prancis dan Spanyol.

Dia juga menjadi wasit pertandingan Denmark versus Finlandia di Piala Eropa 2020, di mana Christain Eriksen mengalami serangan jantung di lapangan. Taylor dipuji karena melihat situasi dengan cepat dan dengan cepat mengatur perawatan medis.

Clement Turpin (Prancis) – Turpin telah memimpin Piala Eropa 2016 dan 2020 serta Piala Dunia 2018. Pada musim 2021/2022, dia memimpin sembilan pertandingan di Liga Champions, termasuk final.

Slavko Vincic (Slovenia) – Vincic, seorang insinyur telekomunikasi yang berkualitas, didorong untuk mencoba sebagai wasit oleh pamannya ketika dia berusia 20 tahun. Selama 11 tahun kemudian, dia terdaftar sebagai wasit FIFA. Dia memimpin tiga pertandingan di Piala Eropa 2020. Dia adalah wasit untuk final Liga Europa tahun ini antara Eintracht Frankfurt dan Rangers.

Pada 2020, Vincic menjadi berita utama setelah ditangkap sehubungan dengan penyelidikan polisi terhadap jaringan prostitusi dan narkoba yang beroperasi di Bosnia dan Herzegovina. Dia telah dibebaskan dari segala kesalahan.

Infografis Piala Dunia
Infografis Piala Dunia (Liputan6.com? Trie yas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya