Daftar Pemain Timnas Jerman di Piala Dunia 2022, Ada Pemain Termuda Turnamen

Berikut daftar 26 pemain skuad Timnas Jerman di Piala Dunia 2022.

oleh Rangga Ari diperbarui 18 Nov 2022, 17:00 WIB
Diterbitkan 18 Nov 2022, 17:00 WIB
Tim Grup E Piala Dunia 2022 Qatar - Timnas Jerman
Ilustrasi Timnas Jerman. (AFP/Ben Stansall)

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia 2022 Qatar akan segera dimulai dalam hitungan hari atau tepatnya pada 20 November 2022. Sebanyak 32 tim akan bertarung dalam delapan grup memperebutkan trofi yang terbuat dari emas 18 karat dan dua lapisan perunggu.

Timnas Jerman sudah mendaftarkan 26 pemainnya yang terdiri dari tiga penjaga gawang, sembilan pemain belakang, sepuluh pemain tengah dan empat pemain depan. Beberapa nama veteran masih masuk ke skuad Der Panzer seperti kiper Manuel Neuer dan penyerang Thomas Muller.

Meski demikian, Timnas Jerman memiliki rata-rata usia skuad yang terbilang muda dengan rata-rata usia pemain 26 tahun 7 bulan. Lantaran, Der Panzer juga mempercayai beberapa pemain mudanya, sebut saja Jamal Musiala, Karim Adeyemi dan Youssoufa Moukoko.

Nama terakhir menjadi pemain paling muda di skuad Timnas Jerman dengan usia 17 tahun saat didaftarkan dan akan 18 tahun pada dimulainya Piala Dunia atau 20 November 2022 nanti. Dilansir dari FIFA, Moukoko juga menjadi pemain termuda di turnamen Piala Dunia 2022 ini.

Jika Moukoko dimainkan, dia akan melewati catatan gelandang Denmark, Christian Eriksen dan menjadi pemain Eropa termuda kedua yang tampil di Piala Dunia berada setelah pemain Irlandira Utara, Norman Whiteside yang berusia 17 tahun 41 hari saat dimainkan melawan Yugoslavia pada Piala Dunia 1982.

Moukoko menjadi satu dari enam pemain berusia 18 tahun di Piala Dunia 2022 di Qatar, bersama Garang Kuol, Gavi, Jewison Bennette, Bilal El Khannous dan Abdul Fatawu Issahaku. Sebelumnya, pada Piala Dunia 2018 pemain termuda turnamen dipegang oleh winger Timnas Australia, Daniel Arzani yang berusia 19 tahun 5 bulan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Grup Neraka

Foto: 5 Pelatih dengan Gaji Tertinggi di Piala Dunia 2022 Qatar
Pelatih dengan gaji tertinggi di Piala Dunia 2022 Qatar adalah Hansi Flick. Ia tercatat mendapatkan upah sebesar 5,5 juta pound bersama Timnas Jerman. Pria 57 tahun itu tentu akan mengemban beban berat untuk mengembalikan kejayaan Die Mannschaft. (AFP/Ronny Hartmann)

Timnas Jerman tergabung dalam Grup E di Piala Dunia 2022. Der Panzer akan menghadapi Spanyol, Jepang dan Kosta Rika yang dianggap berat dan disebut grup neraka.

Pelatih Jerman, Hansi Flick mengakui bahwa Jerman tergabung di grup yang sulit. Menurut Flick, timnya takkan mudah untuk lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. Namun, sosok berusia 57 tahun itu menegaskan Timnas Jerman memiliki target besar.

“Ini tidak akan mudah, tetapi kami telah menetapkan harapan yang tinggi untuk diri kami sendiri pada turnamen ini,” ujar Hansi Flick, dalam laman resmi tim.

“Hasil drawing seperti ini tidak memberi Anda pilihan lain. Kita perlu mengetahui apa yang akan datang. Ini adalah grup yang menarik dan menyenangkan bagi kita semua,” imbuhnya.

 


Sukses di Piala Dunia

Foto: Barisan 5 Pemain Tertua yang Berhasil Angkat Trofi Juara Piala Dunia Sepanjang Sejarah, Miroslav Klose Terbaru
Miroslav Klose. Saat Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014 di Brasil usai mengalahkan Argentina 1-0 lewat perpanjangan waktu di partai final, striker Jerman Miroslav Klose yang saat itu berusia 37 tahun menjadi anggota skuad tertua yang dibawa pelatih Joachim Loew. Meski tak mencetak gol di laga final, Miroslav klose total membuat 2 gol sepanjang turnamen dan akhirnya memegang rekaor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang Piala Dunia yang diikuti dengan raihan 16 gol, melewati raihan striker Brasil, Ronaldo dengan 15 gol. (AFP/Nelson Almeida)

Jerman adalah salah satu tim besar di dunia dan salah satu tim tersukses di Piala Dunia. Mengoleksi empat trofi Piala Dunia yang membuat mereka berada di posisi kedua bersama Italia.

Jerman hanya kalah dari Brasil yang telah meraih lima gelar juara Piala Dunia. Empat trofi yang dimenangkan Die Mannschaft adalah pada tahun 1954, 1974, 1990, dan terbaru di Brasil 2014.

Piala Dunia 2022 Qatar akan menjadi keikutsertaan mereka yang ke-20 kalinya sejak turnamen ini diadakan pada 1930 silam.

Akan tetapi, mereka punya kenangan buruk di Piala Dunia 2018 di mana mereka gagal menembus fase grup.

Kala itu mereka finis di posisi juru kunci setelah hanya mengoleksi 3 poin dari 3 laga, di bawah Korea Selatan, Meksiko, dan Swedia.

 


Jadwal Timnas Jerman

Foto: Deretan Jersey Timnas di Piala Dunia yang Tidak Ada Unsur Warna Bendera Negaranya
Jersey Timnas Jerman didominasi dengan warna putih. Padahal, warna bendera mereka berwarna hitam-merah-kuning. Putih dekathui berarasal dari warna nasional Prussia yaitu putih dan hitam disertai logo elang bermahkota. Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) juga lahir pada era Prussia (1908) sehingga secara historis sudah mengenakan jersey putih-hitam sebelum Republik Federasi Jerman berdiri pada 1945. (AFP/Ben Stansall)

 

Timnas Jerman yang diasuh Hansi Flick, akan mulai berlaga pada Rabu (23/11/2022) di Khalifa International Stadium, Al Rayyan. Pertandingan pertama Der Panzer akan menghadapi Jepang.

- Jerman vs Jepang di Khalifa Intl. Stadium, 23 November 2022 pukul 20.00 WIB

- Spanyol vs Jerman di Al Bayt Stadium, 28 November 2022 pukul 02.00 WIB

- Kosta Rika vs Jerman di Al Bayt Stadium, 2 Desember 2022 pukul 02.00 WIB

Babak 16 besar Piala Dunia 2022 akan digelar pada 3-7 Desember 2022, diikuti babak perempat final pada 9-11 Desember 2022, dan babak semifinal pada 14-15 Desember 2022. Laga perebutan tempat ketiga digelar pada 17 Desember 2022, sementara babak final akan digelar pada 18 Desember 2022.

 


Daftar Skuad Jerman

Kiper: Manuel Neuer, Marc-Andre ter Stegen, Kevin Trapp

Belakang: Matthias Ginter, Antonio Rudiger, Niklas Sule, Nico Schlotterbeck, Thilo Kehrer, David Raum, Lukas Klostermann, Armel Bella-Kotchap, Christian Gunter

Tengah: Ilkay Gundogan, Jonas Hofmann, Leon Goretzka, Serge Gnabry, Leroy Sane, Jamal Musiala, Joshua Kimmich, Thomas Muller, Julian Brandt, Mario Gotze

Depan: Kai Havertz, Youssoufa Moukoko, Niclas Fullkrug, Karim Adeyemi

Infografis Stadion Piala Dunia 2022
Infografis Stadion Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya