Piala Dunia 2022: Bocoran Susunan Pemain Timnas Brasil Jelang Laga Kontra Serbia

Brasil bakal menghadapi Serbia di laga perdana Grup G Piala Dunia 2022 pada Jumat (25/11/2022) pukul 02.00 WIB, media setempat pun mulai membocorkan susunan pemain Selecao di pertandingan tersebut.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 23 Nov 2022, 17:30 WIB
Diterbitkan 23 Nov 2022, 17:30 WIB
Foto: Daftar 5 Pemain PSG dengan Caps Terbanyak saat Membela Timnas, Beda Nasib Sergio Ramos dan Lionel Messi
Neymar. Pemain Brasil berusia 30 tahun yang sejak awal musim 2017/2018 membela PSG usai meninggalkan Barcelona ini tercatat telah mengoleksi 121 caps bersama Tim Samba sejak melakukan debut pada 10 Agustus 2010. Total 75 gol dan 55 assist telah dicetaknya bersama Timnas Brasil yang akan berlaga di putaran final Piala Dunia 2022 Qatar. (AFP/Jung Yeon-je)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Brasil bakal segera memulai perjuangannya dalam Piala Dunia 2022. Selecao dijadwalkan bersua dengan Timnas Serbia dalam laga perdananya di Grup G yang dihelat di Lusail Stadium pada Jumat (25/11/2022) pukul 02.00 WIB.

Media mulai membocorkan susunan pemain Brasil jelang pertandingan tersebut. Tim Samba konon akan tampil habis-habisan di lini serang demi memetik kemenangan pertama di ajang sepak bola akbar empat tahunan.

Penggawa Manchester United (MU) Fred sebelumnya diperkirakan bakal turun sebagai starting XI saat timnya menghadapi Serbia. Akan tetapi, laporan di Brasil mengungkap pelatih Selecao Tite akan mengorbankan sang gelandang untuk memberi ruang bagi penyerang lain.

Globo–jaringan televisi Brasil–mengeklaim Tim Samba telah mengujicobakan formasi tersebut saat menjalani sesi latihan tertutup pada Senin dan Selasa waktu setempat. Komposisi yang inilah kemungkinan bakal digunakan di laga perdana.

Jika tak ada perubahan secara mendadak, juru taktik berusia 61 tahun bakal mengirim Richarlison dan Neymar untuk mengawal serangan. Sementara itu, Raphinha dan Vinicius Junior akan menghuni kedua sayap.

Adapun di lini belakang, Alisson masih dipercaya untuk menempati mistar gawang Timnas Brasil. Thiago Silva dan Marquinhos akan berada di bagian tengah pertahanan, sementara Danio dan Alex Sandro mengemban tugas sebagai full-back.

Globo menyebut formasi TImnas Brasil kali ini belum pernah digunakan di pertandingan-sebelumnya. Pasalnya dalam situasi normal pada 12 bulan terakhir, Fred selalu dibiarkan menjadi starter di sebagian besar laga Selecao.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tim Favorit

Foto: Ribut-ribut di Sesi Latihan Timnas Brasil Jelang Piala Dunia 2022
Pelatih Timnas Brasil, Tite, memberikan arahan kepada anak asuhnya saat sesi latihan di Turin, Italia. (AP/Luca Bruno)

Sekadar informasi, Brasil sejauh ini ramai digadang-gadang sebagai kandidat kuat untuk meraih trofi juara di Piala Dunia 2022. Maklum, skuad asuhan Tite memang memiliki jajaran pemain papan atas. Track record mereka pun bagus di duel-duel terdahulu.

Penelitian terbaru yang diusung Gracenote–salah satu perusahaan Nielsen–juga mengedepankan Brasil sebagai calon kampiun FIFA World Cup edisi ini. Menurut mereka, Selecao punya peluang 20 persen untuk mengangkat trofi pada 18 Desember.

Penilaian tersebut bukan tanpa alasan. Brasil memang layak dijagokan lantaran Tim Samba hanya kalah tiga kali dalam 50 pertandingan sejak tereliminasi dari Piala Dunia 2018 oleh Belgia.

Adapun Argentina menguntit di belakang Brasil dengan peluang 16 persen. Seperti halnya Selecao, La Albiceleste juga memiliki rapor baik. Lionel Messi dan kawan-kawan cuma takluk empat kali sejak disingkirkan Prancis pada Piala Dunia Rusia.

Mereka bahkan tidak terkalahkan selama lebih dari tiga tahun, sejak menyerah 0-2 dari Brasil pada Juli 2019. Sayangnya, peluang tim racikan Lionel Scaloni kini mulai dipertanyakan, mengingat Argentina baru menelan kekalahan 1–2 dari Arab Saudi di laga perdana .


Prediksi Lain

Foto: Ribut-ribut di Sesi Latihan Timnas Brasil Jelang Piala Dunia 2022
Pemain Timnas Brasil, Neymar dan Marquinhos tampak asyik bercanda saat sesi latihan di Turin, Italia. (AP/Luca Bruno)

Prediksi soal moncernya Brasil di FIFA World Cup edisi ini juga sempat diutarakan oleh ahli matematika dari Universitas Oxford, Joshua Bull.

Lewat pemodelan analisasinya, Joshua membuat prediksi lengkap soal negara mana saja yang akan lolos dari fase grup, serta menjadi juara dan runner-up grup.

Temuan ini merupakan hasil dari 100.000 kali percobaan dengan memasukkan data-data dan latar belakang tim yang bertanding. Dari 100.000 kali kesempatan percobaan simulasi, Joshua menyimpulkan ada 10 tim yang memiliki persentase kemungkinan juara terbesar.

Tim-tim yang dimaksud ialah Brasil (14,72 persen), Argentina (14,36 persen), Belanda (7,84), Spanyol (7,03 persen), Prancis (6,37 persen), Belgia (6,31 persen), Portugal (5,60 persen), Denmark (4,94 persen), Jerman (3,84), dan Uruguay (3,55 persen).

Selanjutnya Timnas Brasil diperkirakan bakal menjadi juara Piala Dunia 2022 di Qatar setelah mengalahkan Belgia di final. Sedangkan Timnas Inggris takluk di perempat final oleh Prancis.


Tanggapan Pemain Brasil

Foto: 5 Tim dengan Kedalaman Lini Depan Paling Menakutkan di Piala Dunia 2022, Siap-siap Jadi Juara?
Brasil bisa dibilang menjadi tim dengan kedalaman lini depan paling menakutkan di Piala Dunia 2022 nanti. Selecao juga banyak difavoritkan akan keluar sebagai juara di ajang empat tahunan ini. Diketahui, Tite telah memanggil Neymar Jr, Vinicius Junior, Gabriel Jesus, Antony, Gabriel Martinelli, Raphinha, Richarlison, Pedro, dan Rodrygo sebagai ujung tombak mereka. (AFP/Cardl De Souza)

Meski banyak didukung, pemain Brasil Richarlison punya kandidat juara lain di Piala Dunia 2022. Pesepak bola yang kini membela Tottenham Hotspur itu menjagokan Prancis, Belgia, dan Argentina, di samping negaranya.

“Ada banyak tim bagus (di Piala Dunia 2022). Juara bertahan, Prancis. Belgia, misalnya, dan juga Argentina yang punya skuad bagus serta berhasil menjuarai Copa America,” ujar Richarlison kepada Eurosport, seperti dilansir dari Metro.

“Saya pikir ada banyak tim bagus, tetapi kami adalah Brasil. Kami punya banyak sejarah, kami tidak pernah tersingkir dari Piala Dunia. Kami pasti akan mendapatkan sesuatu yang baik (di kompetisi tersebut),” pungkasnya.

Infografis Grup G Piala Dunia 2022
Infografis Grup G Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya