Tampil Impresif di Piala Dunia 2022, Striker Timnas Belanda Jadi Rebutan MU dan Real Madrid

Penyerang timnas Belanda Cody Gakpo jadi incaran klub raksasa Spanyol Real Madrid dan MU usai Piala Dunia 2022 di Qatar

oleh AY Yustiawan diperbarui 16 Des 2022, 07:00 WIB
Diterbitkan 16 Des 2022, 07:00 WIB
Timnas Belanda vs Timnas Qatar Grup A Piala Dunia 2022
Pemain Belanda, Cody Gakpo merayakan gol pertama timnya ke gawang Qatar saat matchday ketiga Grup A Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Al Bayt, Selasa (29/11/2022). (AP/Moises Castillo)

Liputan6.com, Jakarta Manchester United atau MU harus bersaing dengan Real Madrid jika mereka ingin mendaratkan penyerang timnas Belanda Cody Gakpo tahun depan. Pemain incaran kedua tim tersebut, saat ini masih bermain di PSV Eindhoven.

Pemain internasional Belanda itu dipahami sebagai target prioritas manajer MU Erik ten Hag menyusul penampilannya yang impresif bersama skuad Louis van Gaal di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Gakpo mencetak gol di ketiga pertandingan grup Belanda dan terus bersinar di level klub. Dia sudah mencatat 13 gol dan 17 assist dalam 24 pertandingan selama musim 2022-23.

Gakpo masih terikat kontrak di Stadion Philips hingga musim panas 2026, dan PSV pun akan berjuang keras untuk mempertahankan bintangnya. Namun, klub raksasa Belanda kemungkinan akan menuntut biaya tinggi jika menyetujui penjualan.

Menurut mantan pemain sayap Belanda Rene Van de Kerkhof, Real Madrid akan berusaha memenangkan perlombaan untuk mendtangkan Gakpo karena mereka mulai merencanakan skema permainan tanpa Karim Benzema.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bebas Transfer

FOTO: 5 Pemain Termuda Timnas Belanda yang Akan Berlaga di Piala Eropa 2020, Matthijs de Ligt Paling Berpengalaman -Cody Gakpo
Cody Gakpo. Striker berusia 22 tahun yang telah 4 musim membela PSV Eindhoven ini belum sekalipun memperkuat Belanda di level senior. Penampilan apiknya bersama PSV menjadi referensi pelatih Frank de Boer untuk memanggilnya dalam skuat. (AFP/Ferenc Isza)

Benzema akan berusia 35 tahun sehari setelah final Piala Dunia dan dijadwalkan menjadi pemain bebas transfer pada musim panas 2023. Meskipun Real Madrid diperkirakan akan menawarkan perpanjangan kontrak jangka pendek kepada pemenang Ballon d'Or itu.

Van de Kerkhof menyatakan bahwa Real Madrid memang memiliki minat serius pada Gakpo dan akan bersedia membayar harga yang diminta PSV sebesar 75 juta euro atau 64,6 juta pounds untuk mengalahkan Man United untuk mendapatkan tanda tangannya.


Serius

10 Negara Pastikan Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022
Pemain Belanda Cody Gakpo (kiri) merayakan setelah mencetak gol ke gawang Qatar pada pertandingan sepak bola Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, 29 November 2022. Belanda lolos ke babak 16 besar usai menang atas Qatar dengan skor 2-0. (AP Photo/Moises Castillo)

"Saya memiliki sumber Spanyol yang dapat dipercaya yang melaporkan bahwa Real ingin mendapatkan Cody Gakpo sebagai penerus Benzema," kata Van de Kerkhof seperti dikutip AS.

"Apa yang saya dengar adalah bahwa mereka memiliki minat serius pada Gakpo di sana, tetapi PSV tentunya tidak boleh menjualnya dengan harga kurang dari 75 juta euro musim dingin ini. Meski jumlah itu tidak menjadi masalah bagi klub itu."

Real Madrid memang tidak merencanakan langkah untuk Januari nanti. Tapi, mereka akan meningkatkan minat mereka di musim panas jika pemain berusia 23 tahun itu menolak pindah musim dingin ke Old Trafford


Realistis

Timnas Belanda vs Timnas Qatar Grup A Piala Dunia 2022
Pemain Belanda, Cody Gakpo merayakan gol pertama timnya ke gawang Qatar saat matchday ketiga Grup A Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Al Bayt, Selasa (29/11/2022). (AP/Moises Castillo)

Direktur sepak bola PSV Marcel Brands baru-baru ini mengakui bahwa Gakpo akan tertarik untuk pindah ke tempat lain jika ada proyek yang tepat, meskipun belum mendengar secara langsung tawaran dari calon pelamar.

"Anda harus realistis. Jika Anda berbicara tentang Cody Gakpo dan label harga yang melekat padanya, mungkin ada 10 sampai 12 klub di Eropa yang mampu membelinya," kata Brands kepada Eeuwig Trouw.

"Jumlahnya belum dibahas, tetapi jika klub yang tepat datang, Cody ingin pergi. Kesepakatan itu sudah dibuat sebelum saya datang. Itu pasti rekor transfer untuk PSV. Maka Anda tahu ke arah mana harus pergi."


Striker Baru

Babak 16 Besar Piala Dunia 2022: Belanda vs Amerika Serikat
Pemain Timnas Belanda, Cody Gakpo (kiri) berduel udara dengan pemain Timnas Amerika Serikat, Tim Ream dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Sabtu (3/12/2022) malam WIB. (AP/Natacha Pisarenko)

"Di media sepertinya semua klub antre, tapi kenyataannya kita belum tahu apa-apa tentang minat atau apa pun. Tenang saja. Saya sudah bicara dengan Cody, dia akan berlibur selama 10 hari. Jika ada sesuatu yang sedang dimainkan, mungkin diketahui oleh Cody atau manajemennya, tetapi belum diketahui oleh kami."

Gakpo telah mencatatkan total 55 gol dan 50 assist dalam 159 pertandingan untuk PSV sejak dipromosikan dari tim muda mereka. Di sisi lain Ten Hag telah mengonfirmasi bahwa timnya akan mencari striker baru di bulan Januari.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya