Roy Keane Kecam Sikap Emiliano Martínez Usai Argentina Jadi Juara Piala Dunia 2022

Argentina harus berterima kasih kepada Emiliano Martínez Martinez karena membantu meraih juara Piala Dunia 2022 Qatar

oleh AY Yustiawan diperbarui 20 Des 2022, 10:16 WIB
Diterbitkan 19 Des 2022, 08:45 WIB
Foto: Hattrick Kylian Mbappe Tak Mampu Halangi Argentina Jadi Kampiun Piala Dunia 2022 Melalui Adu Penalti
Kiper Timnas Argentina, Emiliano Martinez melakukan selebrasi setelah berhasil memblok eksekusi penendang kedua Timnas Prancis, Kingsley Coman dalam laga final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Liputan6.com, Jakarta Mantan bintang Manchester United atau MU, Roy Keane, mengkritik sikap kiper Timnas Argentina Emiliano Martínez selama adu penalti final Piala Dunia 2022 Qatar di Lusail Iconic Stadium, Senin dini hari WIB (19/12/2022).

Argentina memenangkan Piala Dunia ketiga sejak 1986, mengalahkan Prancis 4-2 melalui adu penalti. Penentuan pemenang dilakukan lewat penalti setelah kedua tim main imbang 3-3 setelah perpanjangan waktu.

Kemenangan itu akhirnya memberi Lionel Messi satu-satunya trofi yang dia dambakan. Dia sekarang diabadikan sebagai pemain terhebat sepanjang masa.

Messi tampil sebagai jimat Argentina sepanjang turnamen, mencatatkan tujuh gol dan tiga assist. Itu termasuk dua gol selama final dan kemudian penalti yang sangat tenang dalam adu penalti.

Namun, dia juga harus berterima kasih kepada Martinez karena membantu Argentina mengangkat hadiah terbesar sepak bola. Penjaga gawang Aston Villa melakukan penyelamatan luar biasa mementahkan tendangan Randal Kolo Muani dan Kingsley Coman saat adu penalti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Suka

Lionel Messi Sabet Gelar Pemain Terbaik Piala Dunia 2022
(kiri ke kanan) Enzo Fernandez meraih penghargaan pemain muda terbaik, Lionel Messi meraih penghargaan pemain terbaik, Emiliano Martinez meraih penghargaan kiper terbaik, dan Kylian Mbappe meraih penghargaan pencetak gol terbanyak berpose setelah pertandingan sepak bola final Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Prancis di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, 18 Desember 2022. (AP Photo/Manu Fernandez)

Tapi, Keane mengkritik Martinez karena ulahnya saat pertandingan. Dia tampak melakukan selebrasi dengan menari setelah pemain Prancis gagal mengeksekusi penalti. “Permainan yang dia mainkan, kami tidak suka melihatnya," kata Keane.

Penilaian berbeda diutarakan rekan Keane, Garry Neville. "Dia sepertinya selalu pergi ke jalan yang benar," ujarnya. “Tapi kami selalu berpikir Argentina adalah favorit jika terjadi adu penalti karena dia," ucap Neville.


Setuju

Foto: Lionel Messi Raih Pemain Terbaik, Mbappe Top Skor di PialaDunia 2022
Argentina panen penghargaan di Piala Dunia 2022 ini. Enzo Fernandez dan Emiliano Martinez menemani Lionel Messi dalam penghargaan individual yang diterima oleh FIFA. (AP Photo/Manu Fernandez)

Neville setuju dengan Keane tetapi juga memuji Martinez karena berhasil menebak arah tembakan hampir setiap saat.

“Dia sepertinya selalu bergerak ke arah yang benar,” tambah mantan bek Manchester United itu. “Dia mengotak-atik kepala para pemain Prancis untuk bersikap adil, dan wasit seharusnya menghentikannya. Tapi tim Argentina ini akan melakukan apapun untuk menang.”


Rahasia

Duka Kylian Mbappe Usai Prancis Kalah dari Argentina di Final Piala Dunia 2022
Presiden Prancis Emmanuel Macron (kiri) dan kiper Emiliano Martinez (kanan) menghibur Kylian Mbappe (tengah) usai melawan Argentina pada pertandingan sepak bola final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, 18 Desember 2022. Argentina menang 4-2 dalam adu penalti melawan Prancis setelah pertandingan berakhir imbang 3 -3. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Kiper Aston Villa itu mengungkapkan rahasia keberhasilan dirinya menggagalkan tendangan penalti lawan. Dia menyebut rahasianya cuma ketenangan.

"Itu adalah pertandingan yang sangat rumit, mereka bangkit untuk menyamakan kedudukan dalam pertandingan, tetapi takdir kami untuk menderita," kata Martinez, dilansir NDTV.

"Kunci saya bisa menggagalkan dua tendangan penalti pemain Prancis karena saya berusaha bersikap tenang setelah kebobolan tiga gol di waktu normal," tambahnya.


Takdir

Duka Kylian Mbappe Usai Prancis Kalah dari Argentina di Final Piala Dunia 2022
Pemain Prancis Kylian Mbappe (kanan) membawa penghargaan Sepatu Emas saat pemain Argentina Enzo Fernandez (kiri), Lionel Messi, dan penjaga gawang Emiliano Martinez memegang penghargaan mereka setelah Argentina mengalahkan Prancis pada pertandingan sepak bola final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadion, Lusail, Qatar, 18 Desember 2022. Argentina menang 4-2 dalam adu penalti melawan Prancis setelah pertandingan berakhir imbang 3 -3. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Lebih lanjut, Martinez menyebut keberhasilan Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 adalah karena takdir.

Martinez juga mempersembahkan gelar Piala Dunia ini untuk keluarga yang selalu mendukungnya. "Saya pergi sangat muda ke Inggris. Saya mendedikasikan kemenangan ini untuk seluruh keluarga saya," ucapnya.


Lupakan

Foto: Dua Gol Mbappe di Babak Kedua Final Piala Dunia 2022 Paksa Argentina Lanjut Bermain di Extra Time
Angel Di Maria akhirnya berhasil mengecoh penjaga gawang Prancis Hugo Lloris dan menggandakan keunggulan bagi Argentina di menit ke-36. (AP Photo/Manu Fernandez)

Di sisi lain, kiper Prancis Hugo Lloris mengalami malam yang panas. Dia gagal menyelamatkan satu pun dari sembilan penalti yang dia hadapi dalam adu penalti untuk Prancis di turnamen besar.

Jelas, ada seni menjaga gawang dalam adu penalti dan Martinez adalah masternya. Lloris mungkin sudah menjadi pemenang Piala Dunia dari 2018, tetapi dia ingin melupakan semua tentang pertandingan malam ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya