Semifinal Piala AFF 2022: Tak Saling Jabat Tangan, Park Hang-seo Akui Punya Masalah dengan Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo mengaku punya masalah dengan Shin Tae-yong yang membuatnya enggan menjabat tangan pelatih Indonesia itu selepas leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di SUGBK, Jumat (6/1/2023).

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 07 Jan 2023, 00:01 WIB
Diterbitkan 07 Jan 2023, 00:01 WIB
Pelatih Vietnam, Park Hang-seo
Pelatih Vietnam, Park Hang-seo pada sesi konferensi pers usai pertandingan melawan Timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2022. (Bagaskara Lazuardi/Bola.com)

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo enggan berjabat tangan dengan Shin Tae-yong selepas melakoni leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1/2023).

Juru taktik berusia 65 tahun itu mengabaikan upaya rekan senegaranya yang mengulurkan tangan pasca pertandingan.

Sekadar informasi, ini bukanlah kali pertama Park Hang-seo dan Shin Tae-yong menunjukkan tensi tinggi di lapangan hijau.

Duo pelatih asal Korea Selatan itu juga terlihat tak memiliki hubungan baik saat mendampingi anak-anak asuhnya berlaga di ajang SEA Games 2021 beberapa waktu lalu. Padahal, mereka merupakan kompatriot yang sama-sama berkarier di kancah ASEAN.

Usut punya usut, Park Hang-seo memiliki masalah pribadi dengan Shin Tae-yong. Hal ini diakuinya sendiri saat memberi keterangan dalam sesi konferensi pers usai laga Indonesia vs Vietnam di semifinal Piala AFF 2022.

Saat ditanyai wartawan, pelatih The Golden Stars itu enggan mengungkap alasan spesifiknya mengabaikan ajakan jabat tangan Shin Tae-yong. Namun, ia mengisyaratkan ada hal tak beres yang terjadi antara dirinya dengan juru taktik Indonesia.

"Sebenarnya ini adalah hal privat, mengapa Anda (wartawan) bertanya di sini? Tetapi ya, antara saya dengan dia (Shin Tae-yong) ada beberapa masalah," ujarnya kepada awak media pada Jumat (6/1/2023) malam WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanggapan Shin Tae-yong

Egy dan Witan Pastikan Keunggulan Indonesia atas Kamboja di Kualifikasi Grup A Piala AFF 2022
Pelatih Shin Tae Yong sesaat sebelum laga kualifikasi Grup A Piala AFF 2022 antara timnas Indonesia melawan Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (23/12/2022). Egy Maulana Vikry dan Witan Sulaeman berhasil melesakkan gol ke gawang Kamboja hingga laga berakhir dengan kemenangan Indonesia 2-1. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Shin Tae-yong juga sempat dimintai konfirmasi serupa oleh media. Mantan pelatih Korea Selatan itu pun ditanyai soal masalahnya dengan Park Hang-seo, yang membuat mereka tak saling berjabat tangan.

Namun, Shin Tae-yong enggan memberi banyak komentar. Juru taktik berusia 52 tahun itu malah meminta wartawan untuk bertanya langsung kepada sang kompatriot.

"Tanya saja pada dia (Park Hang-seo)," tutur Shin Tae-yong kala menghadiri sesi jumpa pers pasca pertandingan.


Berakhir Imbang

Timnas Indonesia Percaya Diri Jelang Melawan Vietnam di Laga Kandang Semifinal Piala AFF 2022
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) saat sesi latihan resmi jelang laga kandang semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/1/2023). Timnas Indonesia akan melakoni leg pertama semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam, Jumat (6/1). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pertemuan Indonesia vs Vietnam di fase empat besar ajang sepak bola Asia Tenggara berakhir tanpa pemenang. Duo kesebelasan gagal menembus lini pertahanan masing-masing, hingga laga berakhir imbang 0-0.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tetap mengapresiasi performa anak-anak asuhnya, meski gagal memetik kemenangan. Juru taktik asal Negeri Ginseng menilai Skuad Garuda telah bekerja keras dan menunjukkan upaya maksimal di laga tersebut.

“Para pemain sudah bekerja maksimal di pertandingan hari ini. Memang ada beberapa peluang yang tidak bisa dimanfaatkan dengan baik dan tidak bisa mendapat kemenangan, itu yang sangat disayangkan. Tetapi, saya mau bilang bahwa kedua tim bekerja sangat keras hari ini,” tuturnya.

Adapun Indonesia bakal kembali meladeni perlawanan Vietnam di leg kedua semifinal Piala AFF 2022. Duel tersebut dijadwalkan berlangsung di My Dinh National Stadium, Vietnam pada Senin (9/1/2023) mendatang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya