Profil Calon Ketua Umum PSSI Doni Setiabudi, Mantan Orang Kepercayaan Atta Halilintar

Doni Setiabudi jadi salah satu calon Ketua Umum PSSI 2023-2027. Dia bersaing dengan Erick Thohir, La Nyala Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, dan Fary Djami Francis.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 11 Feb 2023, 20:21 WIB
Diterbitkan 06 Feb 2023, 08:00 WIB
Doni Setiabudi
Doni Setiabudi mendaftar jadi calon ketua, wakil, dan Exco PSSI. (Bola.com/Muhammad Adiyaksa)

Liputan6.com, Jakarta - Doni Setiabudi jadi salah satu calon Ketua Umum PSSI 2023-2027. Dia bersaing dengan Erick Thohir, La Nyala Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, dan Fary Djemy Francis.

Sosok yang akrab disapa Kang Jalu ini bukan orang baru di sepak bola Indonesia. Dia pernah mengurus klub milik selebriti Tanah Air Atta Halilintar yakni AHHA PS Pati, yang saat ini bernama FC Bekasi City.

Doni Setiabudi kala itu menjadi manajer klub. Namun, dia memutuskan mundur sebagai bentuk tanggung jawab atas kegagalan tim meraih target.

Sebelumnya sosok Doni dikenal sebagai menjabat CEO Bandung Premier League (BPL), kompetisi sepak bola amatir berbasis Jawa Barat yang rutin dilaksanakan setiap tahun sejak 2017.

Liga ini diselenggarakan sebagai upaya pencarian bibit unggul pesepak bola muda di Tanah Air. Sebanyak 20 klub komunitas di Jawa Barat terdaftar mengikuti BPL tahun 2022 lalu.

BPL menarik perhatian karena menggunakan video assistant referee (VAR). Kehadiran teknologi dalam pertandingan ini membuktikan niat Doni agar sepak bola bebas dari intervensi luar. Sebab, dengan begitu kecurangan bisa diminimalisir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tidak Lolos Verifikasi

Piala Wali Kota Solo 2021
Doni Setiabudi. Foto : Media PSG Pati

Hasrat memperbaiki sepak bola Indonesia pun mendorong Doni untuk kembali mendaftarkan diri sebagai calon Wakil Ketua Umum PSSI. Sebelumnya dia mencoba pada periode 2019-2024 sebagai pendamping Arif Putra Wicaksono.

Namun Doni tidak lolos verifikasi. Syarat aktif di sepak bola dalam koridor PSSI sekurang-kurangnya lima tahun jadi penghalang. Dalam catatan PSSI, keikutsertaan Doni dalam sepak bola masih kurang 11 bulan.

Dengans syarat sekarang sudah terpenuhi, Doni mantap mencoba menjadi calon ketua umum PSSI 2023-2027. Selain itu, Doni juga mencoba peruntungan pada posisi calon wakil ketua umum dan anggota komite eksekutif PSSI.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya