Tenis Meja Bidik 2 Emas dan 1 Perak di SEA Games 2023 Kamboja

Sudah ada enam atlet yang dipersiapkan membela Indonesia di cabor Tenis Meja pada SEA Games 2023 di Kamboja.

oleh Thomas diperbarui 02 Mar 2023, 22:45 WIB
Diterbitkan 02 Mar 2023, 19:03 WIB
Ilustrasi Bet Tenis Meja
Ilustrasi Bet Tenis Meja (Image by MasterTux from Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta- Pengurus Pusat Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PP PTMSI) menargetkan meraih dua medali emas dan satu perak pada SEA Games 2023 di Kamboja. Persiapan maksimal digenjot demi memenuhi target tersebut.

Target tersebut sudah melalui pertimbangan matang berdasarkan hasil review terakhir cabang olahraga tenis meja dalam rangka persiapan SEA Games ke-32 Kamboja pada 27 Februari 2023 lalu di Kantor NOC Indonesia Lantai 18 FX Mall Senayan Jakarta.

Menurut Ketua Umum PP.PTMSI Komjen Pol (Purn) Oegroseno, target tersebut bukan suatu hal yang memberatkan tapi harus diperjuangkan.

"Tidak ada yang berat selagi kita punya kemauan kuat untuk meraih sesuatu termasuk mewujudkan target 2 emas dan 1 perak di SEA Games ke-32 Kamboja nanti," kata Oegroseno dalam keterangan tertulus, Kamis (2/3/2023).

Mantan Wakapolri itu kemudian menjelaskan bahwa persiapan menuju SEA Games 2023 Kamboja itu juga tidak boleh main-main.

PTMSI pun akan all out untuk mewujudkan target tersebut karena masyarakat tenis meja Indonesia sudah lama merindukan medali emas di pesta olahraga terbesar di kawasan Asia Tenggara itu. PTMSI mempersiapkan enam atlet dengan rincian tiga putra dan tiga putri untuk berjuang di Kamboja.


Proses Panjang

Ilustrasi Bet Tenis Meja
Ilustrasi Bet Tenis Meja (Image by HeungSoon from Pixabay)

Keenam atlet tersebut lanjut Oegroseno, merupakan atlet nasional yang telah disiapkan sejak SEA Games Filipina 2019 dan Vietnam 2022.

"Mereka ini bukan asal comot begitu saja tetapi berdasarkan rekam jejak prestasinya seperti telah menjuarai Kejurnas TenisMeja di Yogyakarta pada Juli 2022 dan seleknas di Kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ)," tambah mantan Kapolda Sumut ini.

Oegroseno juga menjelaskan bahwa seleksi nasional ini merupakan proses yang cukup berat yang harus dilalui oleh para atlet karena dilakukan oleh tenaga tenaga profesional di Kampus UNJ melalui tahapan tes sembilan tahapan tes: daya tahan, body competition, antopometri, flexibikity, kekuatan otot, reaksi, vertikal jump power, agility dan koordinasi.


Daftar Atlet

Sebagai rangkaian dari pemantapan dan pematangan persiapan, kata Oegroseno, para atlet ini menjalani pelatnas selama dua bulan sekaligus try out mengikuti kejuaraan WTT Star Contenderdi Bangkok Thailand pada bulan April mendatang.

Adapun nama-nama atlet yang dipersiapkan menuju SEA Games ke-32 Kamboja adalah; Rafanael Nikola Norman, Hafidh Nuur Annafi, Affan Mauludana Pratama (putra), Novida Widarahman, Siti Aminah dan Dwi Oktaviany Sugiarto (putri).

Nama-nama mereka itu sudah didaftarkan ke NOC Indonesia dalam bentuk Entry by Name ke panitia SEA Games ke-32 Kamboja.

PP.PTMSI juga mengirimkan dua orang wasit tenis meja dengan sertifikat internasional (IJ) berdasarkan undangan resmi dari SEATTA untuk bertugas pada SEA Games ke-32 Kamboja.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya