Hasil BRI Liga 1 Persis Solo vs Arema: Laskar Sambernyawa Tahan Imbang Singo Edan

Persis Solo gagal meraih poin penuh saat menjamu Arema dalam laga pekan ke-30 BRI Liga 1 2022/2023. Laskar Sambernyawa cuma mampu bermain imbang 1-1 dengan Singo Edan.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 15 Mar 2023, 17:45 WIB
Diterbitkan 15 Mar 2023, 17:09 WIB
Fernando Rodriguez - Persis Solo
Persis Solo hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan Arema FC dalam laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 pada Rabu (15/3/2023), usai Fernando Rodriguez mencetak gol penyama kedudukan lewat tendangan penaltinya di babak kedua. (Bola.com/Aryo Atmaja)

Liputan6.com, Sleman - Persis Solo gagal meraih poin penuh saat menjamu Arema dalam laga pekan ke-30 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/3/2023) sore WIB.

Laskar Sambernyawa cuma mampu bermain imbang 1-1 dengan tamunya, setelah Fernando Rodriguez mencetak gol penyeimbang lewat tendangan penalti di babak kedua.

Hasil ini membuat Persis Solo tetap terkunci di peringkat 10 klasemen sementara dengan torehan 37 poin dari 30 pertandingan. Sementara itu, Arema juga bertahan di urutan 13 setelah mengoleksi 34 angka dari 27 laga.

Persis dan Arema mencoba mencari ruang untuk membongkar lini pertahanan masing-masing di awal babak pertama. Namun, kedua kesebelasan tak kunjung mampu mencetak gol hingga pertandingan berjalan lebih dari 10 menit.

Irfan Bachdim mencoba menciptakan peluang bagi timnya di menit 13. Ia membangun serangan sebelum melepaskan crossing ke dekat jaring Arema.

Malang, rekannya gagal menyadari upaya tersebut. Tak ada pemain yang menjemput bola dan melakukan finishing. Alhasil angka pertama gagal didapatkan oleh tim tuan rumah.

Kebuntuan belum mampu dipecahkan hingga laga memasuki menit ke-20. Dendi Santoso mendapat kesempatan terbaik untuk mencetak gol pada menit 25. Akan tetapi, sepakannya yang terlalu lemah membuat bola berhenti sebelum mencapai gawang.

Beruntung kegagalan tersebut mampu dibayar semenit berselang. Dendi melakukan shooting yang cenderung melebar dari tepi kotak penalti.

Bola sempat mengenai tubuh Jaimerson, sehingga membuatnya berbalik arah dan menembus gawang Gianluca Pandeynuwu. Skor sementara pun berubah menjadi 0-1 untuk keunggulan Singo Edan.

Persis Solo berusaha mengejar ketertinggalan. Mereka meningkatkan intensitas permainan demi mencetak angka penyimbang. Akan tetapi, sejumlah upaya yang dilakukannya masih belum mampu membuahkan gol pertama.

Justru Arema yang nyaris mencetak gol kedua di menit 44. Evan Dimas melakukan serangan balik sendirian dan mencoba menusuk bola ke gawang Gianluca. Keuntungan bagi Persis Solo lantaran tendangannya tidak on target.

Situasi tak kunjungan berubah hingga pengujung babak pertama. Tambahan waktu dua menit belum cukup bagi Laskar Sambernyawa untuk menyeimbangkan kedudukan. Skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Kedua Persis Solo vs Arema

BRI Liga 1 2022/2023: Persib Bandung vs Arema FC
Pemain Arema FC, Evan Dimas mengontrol bola di kepala pada pertandingan pekan ke-26 BRI Liga 1 2022/2023 melawan Persib Bandung yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Kamis (23/2/2023). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Persis Solo masih mengais peluang untuk membongkar lini pertahanan Arema di babak kedua. Namun, tak ada peluang terlalu berbahaya yang mampu diciptakan Laskar Sambernyawa hingga pertandingan berjalan lebih dari 50 menit.

Irfan Jauhari sempat memperoleh sedikit ruang tembak di menit 53. Akan tetapi, tetapi shooting-nya terlalu lemah, sehingga si kulit bundar dapat langsung diamankan dengan mudah oleh Adilson Maringa.

Kesempatan emas akhirnya didapat Persis Solo di menit 67. Wasit menghadiahi tim tuan rumah dengan tendangan penalti. Fernando Rodriguez yang ditunjuk menjadi algojo sanggup menunaikan tugasnya dengan baik.

Ia mengeksekusi dengan tenang sekaligus mengecoh Adilson Maringa. Bola diarahkan ke sisi kiri gawang, sehingga membuat kiper Arema mati langkah. Skor sementara akhirnya berubah menjadi imbang 1-1.

Duo kesebelasan kembali menemui jalan buntu di 15 menit akhir pertandingan waktu normal. Tidak ada gol baru yang mampu diciptakan, baik oleh kubu Laskar Sambernyawa maupun Singo Edan.

Samsul Arif berhasil membobol gawang Arema di menit 56. Sepakan kaki kirinya keras mengarah ke jaring kawalan Adilson. Sayang, gol tersebut dianulir wasit. Abduh Lestaluhu yang sempat memberi umpan dianggap telah berada dalam posisi offside.

Drama terjadi di menit-menit akhir waktu normal. Persis dipaksa bermain dengan 10 penggawa setelah Taufiq Febriyanto diganjar kartu kuning kedua oleh wasit.

Arema yang unggul jumlah pemain pun mencoba memanfaatkan situasi. Joko Susilo memasukkan Muhammad Rafli di masa injury time demi menambah daya gedor timnya.

Malang, upaya ini tak serta-merta mampu membuat Singo Edan mencetak gol tambahan. Skor imbang 1-1 bertahan sampai wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga.


Susunan Pemain Persis Solo vs Arema

Foto: Inilah Deretan 4 Kiper Terbaik usai Berakhirnya BRI Liga 1 Musim 2021 / 2022
Adilson Maringa. Kiper asal Brasil berusia 31 tahun ini baru di awal musim ini memperkuat Arema FC di BRI Liga 1. Namun ia langsung klop dengan lini belakang Singo Edan. Total tampil 30 laga, ia mampu mencatat 14 kali clean sheet di BRI Liga 1 dan kebobolan 23 gol. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Persis Solo: Gianluca Claudio Pandeynuwu; Andri Ibo, Jaimerson da Silva Xavier, Rian Miziar; Abduh Lestaluhu, Alexis Messidoro, Sutanto Tan, Arapenta Poerba; Irfan Bachdim, Fernando Rodriguez, Ferdinand Sinaga

Arema: Adilson Maringa; Rizky Dwi Febrianto, Sergio Silva, Bagas Adi Nugroho, Johan Ahmad Farizi; Renshi Yamaguchi, Evan Dimas, Jayus Hariono; Dendi Santoso, Abel Camara, Ilham Udin Armaiyn


Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya