Menang Lawan Brentford, Manchester United Dapat Kabar Buruk dari FA

Manchester United kini menjadi klub yang paling banyak didenda. Man Utd kalahkan Arsenal dalam jumlah total denda yang diterima karena perilaku buruk pemain.

oleh Defri Saefullah diperbarui 07 Apr 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 07 Apr 2023, 13:00 WIB
Foto: Cetak Gol ke-27 Musim Ini, Marcus Rahford Bawa MU Ramaikan Persaingan di Tiga Besar Liga Inggris 2022 / 2023
Selebrasi striker Manchester United, Marcus Rashford (kedua kanan) bersama rekannya Marcel Sabitzer setelah mencetak gol ke gawang Brentford pada laga lanjutan Liga Inggris 2022/2023 di Old Trafford Stadium, Manchester, Kamis (6/4/2023) dini hari WIB. (AFP/Darren Staples)

Liputan6.com, London- Manchester United berhasil menang 1-0 atas Brentford pada Kamis (6/4/2023) lalu. Satu gol dari Marcus Rashford berhasil membungkam Brentford.

Hasil ini sekaligus mengamankan posisi MU di posisi empat klasemen Liga Inggris. Manchester United masih unggul 3 poin atas Tottenham Hotspur yang ada di posisi kelima.

Namun usai pertandingan ini, Man Utd mendapatkan kabar buruk dari FA. MU kini menjadi klub yang paling banyak disanksi denda.

Manchester United sekarang menjadi klub yang paling sering didenda melewati Arsenal yang sebelumnya memegang "rekor" tak bagus ini. Kini, MU harus membayar FA dengan total 202 ribu pounds atau Rp 3,7 Miliar gara-gara ulah para pemain di lapangan.

MU mendapatkan denda lagi sebesar 65 ribu pounds karena mengelilingi wasit untuk meminta penalti saat menang 3-1 atas Fulham bulan lalu. Manchester United disanksi karena sudah tidak berperilaku dengan sopan untuk menghindari kekacauan saat Willian handsball.

Saat itu, Willian mendapatkan kartu merah karena pelanggarannya. Striker Fulham Aleksandar Mitrovic dan manajer Fulham juga diusir karena tampak marah-marah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


FA Tak Ingin Wasit Liga Inggris Dikasari

Foto: Son dan Kane Tak Berkutik, MU Bungkam Tottenham Hotspur di Liga Inggris
Dua gol kemenangan Manchester United atas Tottenham seluruhnya tercipta di babak kedua, masing-masing lewat aksi Fred dan Bruno Fernandes. (AP/Dave Thompson)

 

Federasi Sepak Bola Inggris atau FA memang ingin mengurangi tindakan kasar kepada wasit. Maka itu, mereka sudah mengganjar para pelanggar hingga 1,3 juta pounds atau Rp 24 Miliar kepada berbagai klub.

15 dari 20 klub di Liga Inggris sudah diganjar denda minimal satu kali. Hanya Newcastle, Brentford, Leicester, Bournemouth dan Southampton klub yang belum disanksi denda oleh FA.

Manchester United sudah tiga kali disanksi musim ini. Sebelumnya, MU diganjar denda 82 ribu pounds untuk pelanggaran atas wasit di laga melawan Newcastle dan Chelsea.

 


Kronologi Pelanggaran yang Dilakukan Pemain Manchester United

Foto: Marcus Rashford Tak Terbendung, Borong 2 Gol Bawa MU Lumat Leicester City di Liga Inggris
Pemain Manchester United, Marcus Rashford mencetak gol ke gawang Leicester City pada laga Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu (19/2/2023). MU menang tiga gol tanpa balas. (AP Photo/Dave Thompson)

 

Saat melawan Newcastle 16 Oktober lalu, Ten Hag dan pemainnya sangat frustrasi kepada wasit karena tak memberikan penalti atas pelanggaran kepada Jadon Sancho dan Cristiano Ronaldo. Pertandingan itu berakhir dengan skor 0-0.

Wasit Craig Pawson saat itu tak mengabulkan permintaan pemain depan Newcastle Callum Wilson yang menginginkan penalti usai pelanggaran oleh Raphael Varane.

MU diganjar denda lagi karena memprotes keputusan wasit yang memberi Chelsea penalti pada 22 Oktober 202022. Jorginho membuat Chelsea unggul terlebih dahulu sebelum disamakan oleh Casemiro.

 


Pelanggaran Pemain Manchester United Lainnya

Foto: Cetak Gol ke-27 Musim Ini, Marcus Rahford Bawa MU Ramaikan Persaingan di Tiga Besar Liga Inggris 2022 / 2023
Bek Manchester United, Luke Shaw berbisik kepada pelatih Erik ten Hag setelah ditarik keluar akibat cedera saat menghadapi Brentford pada laga lanjutan Liga Inggris 2022/2023 di Old Trafford Stadium, Manchester, Kamis (6/4/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Dave Thompson)

 

Pada Februari, MU juga didenda 55 ribu pounds karena terlibat perkelahian dengan Crystal Palace. Ini menyusul kartu merah yang diterima Casemiro.

Casemiro sempat mencekik leher pemain Palace, Will Hughes. Sekitar 20 pemain terlibat dalam perkelahian panas itu.

Ten Hag berkilah pemain MU hanya ingin memproteksi rekan-rekannya yang lain. Total denda 202 ribu pounds yang diterima MU lewati Arsenal yang sudah mendapatkan denda 185 ribu dari FA.


Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya