Play-Off NBA: Lakers Unggul 3-1 atas Grizzlies, Bucks Terancam Disingkirkan Heat

Lakers menang lagi atas Grizzlies berkat permainan gemilang pemain 38 tahun LeBron James di play-off NBA.

oleh Thomas diperbarui 25 Apr 2023, 12:51 WIB
Diterbitkan 25 Apr 2023, 12:51 WIB
LeBron James
LeBron James merayakan keberhasilan mencetak poin untuk Lakers saat melawan Grizzlies di play-off NBA 2023 (AP)

Liputan6.com, Jakarta- Los Angeles Lakers kembali mengamankan keuntungan main di kandang sendiri. Lakers menang 117-111 atas Memphis Grizzlies lewat overtime pada game keempat play-off NBA 2022/2023 di Crypto.com Arena, Selasa (25/4/2023) siang WIB.

Lakers kini unggul 3-1 atas Grizzlies setelah menang dua kali di kandang pada game tiga dan empat. Selanjutnya game kelima akan berlangsung di markas Grizzlies pada Kamis pagi WIB.

Keberhasilan Lakers unggul 3-1 ini sangat mengejutkan. Mereka cuma unggulan ketujuh di Wilayah Barat play-off NBA ini. Lakers bahkan lolos ke play-off harus melalui turnamen play-in. Sedangkan Grizzlies adalah unggulan kedua.

Pertemuan Lakers dengan Grizzlies berlangsung ketat sejak kuarter pertama. Setelah merebut kuarter pertama, Lakers sempat tancap gas unggul 15 poin di pertengahan kuarter dua. Namun Grizzlies bisa memangkas menjadi hanya terpaut dua poin saat jeda paruh pertama.

Grizzlies mendominasi paruh kedua dan nyaris meraih kemenangan di kandang Lakers. Grizzlies mampu unggul tujuh angka saat laga tersisa lima menit lagi. Lakers secara luar biasa mampu bangkit berkat tiga kali tembakan tiga angka dari D’Angelo Russell.

Drama terjadi di 10 detik ahir pertandingan saat skor imbang. Lakers gagal berbalik unggul setelah power forward Jaren Jackson Jr memblok aksi pemain asal Jepang, Rui Hachimura.

Grizzlies langsung melakukan fast break dimotori Ja Morant. Bola dioper Morant kepada Desmond Bane yang berdiri bebas guna membuat Grizzlies unggul dua poin dengan tersisa 6,1 detik.


LeBron Menggila

LeBron James mengambil kendali permainan. LeBron melesakkan lay-up untuk menyamakan skor saat laga tersisa 0,8 detik. LeBron menerobos pertahanan Grizzlies dan mengelabui Jackson Jr yang merupakan pemain bertahan terbaik NBA musim ini.

Laga harus berlanjut ke overtime setelah tembakan Ja Morant saat buzzer diblok Anthony Davis. Di babak tambahan Lakers mendominasi. Davis dan LeBron memegang kendali. Davis mencetak lima poin, LeBron empat poin.

LeBron kembali memainkan peran penting di overtime. Drive LeBron berakhir dengan dua poin sehingga Lakers unggul lima angka ketika overtime tersisa 29 detik. Lakers tak pernah tertinggal di overtime dan memastikan kemenangan lewat dua lemparan bebas Austin Reaves.

Meski sudah 38 tahun 115 hari, LeBron tampil perkasa di laga ini dengan double-double dahsyat 22 poin dan 20 rebound. Dia menjadi pemain tertua dalam sejarah NBA yang bisa membuat 20 poin dan 20 rebound dalam satu pertandingan.

Pencetak poin terbanyak Lakers di laga ini adalah Reaves dengan 23 poin. Anthony Davis sendiri cuma menghasilkan 12 poin. Di kubu Grizzlies, Bane finis dengan 36 poin. Morant hanya menghasilkan 19 angka.

Dengan unggul 3-1, Lakers berpeluang besar tembus semifinal Wilayah Barat. 95 persen tim yang sudah memimpin 3-1 akan lolos ke babak semifinal wilayah.


Bucks Senasib dengan Grizzlies

Jimmy Butler
Jimmy Butler melepaskan tembakan saat membantu Miami Heat mengalahkan Milwaukee Bucks (AP)

Nasib Grizzlies serupa dengan Milwaukee Bucks. Unggulan pertama Wilayah Timur NBA itu kini tertinggal 3-1 dari Miami Heat yang lolos lewat jalur turnamen play-in.

Heat secara luar biasa menang 119-104 saat menjamu Bucks di Kaseya Center. Small Forward Jimmy Butler menjadi bintang lapangan pada comeback Heat ini dengan membuat 56 poin ditambah sembilan rebound.

Bucks pada laga ini sudah bisa memainkan kembali bintangnya Giannis Antetokounmpo yang sempat terkena cedera punggung pada awal game pertama. Giannis absen di game kedua dan ketiga.

Giannis sebenarnya sudah tampil dahsyat di laga ini dengan menorehkan triple double (26 poin, 10 rebound dan 13 assists). Namun semuanya diruntuhkan Butler.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya