Atlet Indonesia Bakal Main di Liga Bisbol Profesional Jepang Tahun 2024

Organisasi Neo Asia Profesional Bisbol meluncurkan program yang mengundang atlet bisbol dari beberapa negara berkembang di Asia Tenggara dan Asia Tengah termasuk Indonesia.

oleh Thomas diperbarui 29 Mei 2023, 19:16 WIB
Diterbitkan 29 Mei 2023, 15:50 WIB
Atlet Indonesia Bakal Main di Liga Bisbol Profesional Jepang
Atlet Indonesia Bakal Main di Liga Bisbol Profesional Jepang

Liputan6.com, Jakarta- Atlet Indonesia berkesempatan tampil di Liga Bisbol Profesional Jepang pada tahun 2024 nanti. Organisasi Neo Asia Profesional Bisbol bekerjasama dengan Liga Profesional Bisbol Kyushu meluncurkan program yang mengundang atlet bisbol dari beberapa negara berkembang di Asia Tenggara dan Asia Tengah untuk diseleksi agar bisa bergabung dengan Tim Bisbol Asia Golden Larks.

Para pemain bisbol Indonesia akan mengikuti pemusatan Latihan (Training Centre) yang berlangsung dari bulan Mei 2023 hingga Maret 2024. Setelah itu Tim Bisbol Profesional ini akan berangkat dan berlaga di Liga Bisbol Profesional Independen Kyushu - Jepang yang rencananya akan dimulai pada bulan April 2024.

Pemain Indonesia yang akan mengikuti seleksi mayoritas merupakan penggawa timnas bisbol Indonesia. Nantinya tim Bisbol Asia Golden Larks tak hanya berisi pemain dari Indonesia, tapi juga ada negara lain seperti Filipina, Srilanka, Pakistan, hingga Thailand. Namun Indonesia akan mendominasi komposisi tim ini.

Chairman Neo Asia Profesional Bisbol Nonaka Kazuto mengatakan tujuan pembentukan yayasan ini adalah untuk memberikan panggung bagi atlet bisbol di Indonesia untuk lebih berkembang dan juga untuk mempopulerkan olahraga bisbol di Tanah Air agar banyak dikenal masyarakat seperti olahraga sepak bola.

“Saya berharap, dengan memberikan panggung ini bisa meningkatkan kualitas timnas kita serta daerah-daerah lain di Indonesia agar lebih maju dalam olahraga baseball ini,” kata Kazuto dalam pidatonya di konferensi pers pengenalan Yayasan Neo Asia Profesional Bisbol di Leisure Inn Arion Hotel, Jakarta Timur, Senin siang.

“Di Indonesia, olahraga baseball belum terkenal seperti contoh sepak bola. Maka bantuan pemerintah untuk federasi baseball Indonesia masih minim. Saya berharap dengan adanya gerakan ini akan membuat baseball Indonesia lebih bagus,” tambah Kazuto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tujuan Tim Bisbol Dibentuk

“Setelah 10 tahun melihat kondisi Indonesia seperti ini, saya menginginkan adanya perubahan agar bisbol Indonesia itu menjadi sesuatu yang menjadi harapan yang lebih besar. Maka dibantu oleh direktur Fukuhara dan rekan-rekan pengurus lain di Jepang, mereka bekerja sama mendirikan organisasi ini,” lanjutnya.

"Tujuan utamanya mengembangkan bisbol di Indonesia Karena kondisi bisbol Indonesia belum bisa jadi mata pencaharian. Dengan adanya kontrak pemain dan pertukaran pelatih. Diharapkan bisa mengembangkan bisbol Indonesia. Menjadikan pemain Indonesia mendapat penghasilan yang cukup. Pemilihan atlet Indonesia berdasarkan kontribusi di timnas. Mereka tak hanya dinilai dari skill tapi juga semangat dan hatinya juga terhadap olahraga ini."


Pemain Bisbol Indonesia Antusias Main di Jepang

Sementara itu CEO Neo Asia Jepang Fukuhara Ryuji mengatakan pembentukan Neo Asia Profesional Bisbol ini untuk memberikan panggung bagi atlet-atlet di Indonesia untuk mengembangkan skill-nya. Untuk diketahui sebelumnya belum pernah ada tim bisbol profesional di Indonesia. Inisiasi dari Neo Asia Profesional Bisbol menjadi terobosan baru bagi bisbol Indonesia.

“Jadi Neo Asia League ini didirikan atas dasar ingin memberikan panggung yang lebih tinggi lagi kepada para pemain di Indonesia,” kata Ryuji.

Untuk diketahui, Jepang merupakan salah satu negara terkuat di jagat bisbol dunia. Mereka pernah tiga kali menjadi juara dunia bisbol. Pada edisi 2023, Jepang kembali menjadi juara setelah mengalahkan Amerika Serikat 3-2.

Jepang juga punya banyak pemain top yang bermain di Major League Baseball (MLB) di Amerika Serikat. Ada Shohei Ohtani, Hideki Matsui, hingga Yu Darvish.

"Saya pribadi sangat senang ya. Ini program yang ditunggu-tunggu oleh komunitas baseball di Indonesia. Kita butuh banget yang seperti ini," ujar pemain bisbol Indonesia Muhammad Akbar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya