Jelang FIFA Matchday Lawan Palestina, Manajer Timnas Indonesia Minta Klub Segera Lepas Pemain

Sejumlah pemain belum kunjung bergabung dengan Timnas Indonesia lantaran belum dilepas klubnya jelang laga FIFA Matchday melawan Palestina pada Rabu (14/6/2023) menjadi. Menanggapi situasi ini, manajer timnas Sumardji buka suara dan memohon pengertian dari pihak klub.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 08 Jun 2023, 18:45 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2023, 18:45 WIB
Foto: Skuad Timnas Indonesia Semakin Lengkap pada Hari Kedua Latihan, Marc Klok hingga Lilipaly Merapat ke Surabaya
Sejumlah pemain Timnas Indonesia melakukan latihan menjelang laga FIFA Matchday melawan Palestina di Lapangan Thor, Surabaya, Rabu (7/6/2023) sore WIB. Sebanyak tujuh pemain tambahan meliputi Edo Febriansyah, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Marselino Ferdinan, Ernando Ari, dan Stefano Lilipaly sudah ikut bergabung pada latihan hari kedua. Sayangnya, masih terdapat pula sejumlah penggawa lain yang belum kunjung bertolak ke Surabaya. (Bola.com/Wahyu Pratama)

Liputan6.com, Jakarta Polemik pelepasan pemain kembali menjadi persoalan jelang FIFA Matchday Timnas Indonesia melawan Palestina.

Seperti diketahui, skuad racikan Shin Tae-yong sudah dipastikan menantang dua negara dalam laga uji coba yang dihelat pertengahan bulan ini.

Pasukan Garuda diagendakan lebih dulu meladeni Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Rabu (14/6/2023).

Setelahnya, Timnas Indonesia bakal menjajal kekuatan sang juara Piala Dunia, Argentina, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (19/6/2023).

Guna mempersiapkan laga tersebut, juru taktik asal Korea Selatan telah memanggil 26 penggawa untuk mengikuti sesi pemusatan latihan di Surabaya, Jawa Timur. Namun, hingga memasuki hari ketiga latihan, sejumlah pemain Timnas Indonesia belum bergabung.

Beberapa nama yang berkarier di luar negeri, mulai dari Jordi Amat, Saddil Ramdani, Pratama Arhan, Shayne Pattynama, hingga Asnawi Mangkualam memang belum bisa bertolak ke Tanah Air lantaran punya jadwal bertanding dengan klub.

Situasi berbeda dialami oleh Elkan Baggott yang sementara ini sudah tak terikat kewajiban di tim, sehingga ia dapat segera menjalani pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia.

Di samping itu, terdapat pula sejumlah penggawa yang absen berlatih dengan Skuad Garuda meski berada di dalam negeri. Rizky Ridho dan Witan Sulaeman belum kunjung melipir ke Surabaya lantaran masih ditahan Persija Jakarta.

Adapun trio PSM Makassar, Reza Arya Pratama, Yakon Sayuri, serta Yance Sayuri belum bisa memenuhi panggilan lantaran harus memperkuat Juku Eja di play-off Liga Champions Asia melawan Bali United hingga 10 Juni 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manajer Timnas Indonesia Mohon Pengertian dari Klub

Foto: Miris, Latihan Resmi Perdana Timnas Indonesia Cuma Dihadiri 8 Pemain!
Sejumlah pemain Timnas Indonesia melakukan latihan resmi menjelang laga FIFA Matchday melawan Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, (6/6/2023). Hanya ada 8 pemain yang mengikuti sesi tersebut. Mereka adalah Sandy Walsh, Andy Setyo, Rafael Struick, Ivar Jenner, Syahrul Trisna, Dendy Sulistyawan, Fachruddin Aryanto, dan Dimas Drajad. (Bola.com/Wahyu Pratama)

Menanggapi hal ini, Manajer Timnas Indonesia Sumardji pun buka suara. Ia dengan tegas meminta pengertian dari pihak klub agar segera mengizinkan para pemainnya untuk bergabung dengan Skuad Garuda di Surabaya.

“Saya sampaikan di sini, ada dua pemain Persija yang masih ditahan. Semestinya Witan Sulaeman dan Rizky Ridho ada di sini karena tidak ada kegiatan di klub,” ujar Sumardji dalam pernyataan yang dipublikasikan di situs resmi PSSI pada Rabu (7/6/2023).

“Mohonlah mengerti karena kami juga menginginkan adanya chemistry antar pemain. Komunikasi timnas dan klub jangan seperti ini lagi,” tambahnya.

“Semua ini demi bangsa dan negara. Jadi saya mohon pengertiannya. Ini dilakukan untuk kepentingan bangsa dan negara,” sambung pria kelahiran 1972 itu.


TC Timnas Indonesia Baru Diikuti 15 Nama

Para pemain timnas Indonesia menerima instruksi dari pelatih
Para pemain timnas Indonesia menerima instruksi dari pelatih saat menjalani persiapan melawan Palestina dan Argentina pada FIFA Matchday, 14 dan 19 Juni 2023 (dok.PSSI)

Tak termasuk Elkan Baggott, sebelumnya baru ada 15 nama yang dilaporkan sudah tergabung dalam sesi pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia di Surabaya.

Mereka adalah Sandy Walsh, Andy Setyo, Rafael Struick, Ivar Jenner, Syahrul Trisna, Dendy Sulistyawan, Fachruddin Aryanto, Dimas Drajad, Stefano Lilipaly, Ernando Ari, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Marc Klok, dan Edo Febriansyah.

Jika tak ada aral melintang, Timnas Indonesia diharapkan berkumpul dengan skuad lengkap per 12 Juni 2023. Pasalnya, Jordi Amat, Saddil Ramdani, Pratama Arhan, Shayne Pattynama, dan Asnawi Mangkualam masih dijadwalkan memperkuat klub hingga 10-11 Juni 2023

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya