Striker Manchester City Erling Haaland Dinobatkan sebagai Pemain Terbaik PFA 2022/2023

Striker Manchester City Erling Haaland dinobatkan sebagai Pemain Terbaik PFA 2022/2023 oleh Asosiasi Pesepak Bola Profesional (PFA). Sementara penyerang Arsenal Bukayo Saka memenangkan penghargaan Pemain Muda Terbaik.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 30 Agu 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2023, 11:00 WIB
Erling Haaland
Striker Manchester City Erling Haaland dinobatkan sebagai Pemain Terbaik PFA 2022/2023 oleh Asosiasi Pesepak Bola Profesional (PFA). (AP Photo/Shuji Kajiyama)

Liputan6.com, Jakarta - Erling Haaland dinobatkan sebagai Pemain Terbaik PFA 2022/2023 oleh Asosiasi Pesepakbola Profesional (PFA). Striker Manchester City itu menyingkirkan rekan setimnya John Stones dan Kevin De Bruyne, duo Arsenal Bukayo Saka serta Martin Odegaard, Harry Kane dari Tottenham Hotspur - sekarang di Bayern Munchen untuk memenangkan penghargaan tersebut.

Sebelumnya, Haaland juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik FWA, Pemain Liga Inggris dan Pemain Muda Terbaik, dan Pemain Terbaik Manchester City Musim 2022/2023.

"Merupakan suatu kehormatan untuk memenangkan penghargaan bergengsi ini. Diakui oleh pesaing Anda adalah perasaan yang luar biasa dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang memilih saya," kata Haaland usai menerima penghargaan Pemain Terbaik PFA 2022/2023 kepada mancity.com.

"Itu adalah musim yang tak terlupakan bagi tim dan bagi saya secara pribadi. Memenangkan treble adalah sesuatu yang tidak pernah saya bayangkan, jadi mencapainya dengan sekelompok pemain yang spesial adalah perasaan yang luar biasa."

"John, Rodri, Ruben, dan Kevin semuanya layak mendapat tempat di Tim Terbaik Tahun Ini dan saya senang upaya mereka dihargai dengan pengakuan ini juga," ucap Haaland menambahkan.

"Kami menciptakan beberapa kenangan luar biasa musim lalu, namun sekarang kami ingin melakukan hal yang sama lagi tahun ini. Kami telah memulai musim dengan baik dan kami harus terus melaju."

Haaland yang didatangkan Manchester City pada Juni 2022 juga dinominasikan untuk penghargaan Pemain Muda Terbaik PFA. Tetapi, dia dikalahkan Bukayo Saka dari Arsenal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pencapaian Erling Haaland dengan Manchester City di Musim 2022/2023

Foto: Momen Pep Guardiola Cium Erling Haaland, Anak Kesayangan dan Kebanggan
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, merangkul Erling Haaland saat perayaan juara UEFA Super Cup 2023 di Stadion Georgios Karaiskakis, Kamis (17/8/2023). Laga Piala Super Eropa kali ini berakhir imbang 1-1 dalam 90 menit, Man City menang 5-4 di babak adu penalti. (AFP/Spyros Bakalis)

Erling Haaland bergabung dengan Manchester City dari Borussia Dortmund dengan nilai transfer 51 juta pound pada Juni 2022. Dia mencetak 52 gol dalam 53 penampilan di semua kompetisi untuk membantu The Citizens memenangkan treble bersejarah Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions.

Pemain berusia 22 tahun ini memecahkan banyak rekor gol dan menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Inggris yang mencetak 36 gol hanya dalam 35 penampilan. Dia juga memenangkan Sepatu Emas pertamanya di kasta tertinggi Inggris.

Haaland juga menyumbang delapan assist dan 44 keterlibatan golnya menyamai total tertinggi yang pernah ada dalam sejarah Liga Inggris yang dibuat mantan bintang Arsenal Thierry Henry.

 


Bukayo Saka Raih Penghargaan Pemain Muda Terbaik PFA

Foto: 8 Gelandang Berpengaruh di 4 Besar Liga Inggris 2022 / 2023, Sori Nih Liverpool Gak Diajak
Gelandang Arsenal, Bukayo Saka memberi penghormatan kepada fans usai berakhirnya laga menghadapi Crystal Palace pada laga Liga Inggris 2022/2023 di Emirates Stadium, London (19/3/2023). Serupa dengan Gabriel Martinelli, Bukayo Saka juga tak pernah absen membela Arsenal dalam 33 laga di Liga Inggris musim 2022/2023. Ketajamannya sebagai pencetak gol dan assist sama baiknya, dengan koleksi 13 gol dan 11 assist. (AFP/Justin Tallis)

Setelah dinominasikan untuk penghargaan Pemain Muda Terbaik PFA sebanyak tiga kali, Bukayo Saka akhirnya meraih suara terbanyak. Penyerang Arsenal itu mengungguli rekan setimnya Gabriel Martinelli, bintang Manchester City Erling Haaland, Moises Caicedo, Evan Ferguson, dan Jacob Ramsey.

Saka membuktikan dirinya sebagai pemain yang menonjol untuk skuad asuhan Mikel Arteta yang finis kedua di Liga Inggris musim lalu. Dia mencetak 15 gol tertinggi dalam karirrnya dan memberikan 11 assist dalam 48 penampilan di semua kompetisi.

Empat belas gol dan 11 assist dicatat pemain berusia 21 tahun itu dalam 38 laga Liga Inggris. Dia adalah satu dari dua pemain yang mencatatkan dua digit gol dan assist di Liga Inggris bersama pemain Liverpool Mohamed Salah.

"Pemain Muda PFA. Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk menerima penghargaan ini dan mencantumkan nama saya di samping para pemenang sebelumnya," kata Saka.

"Memiliki pengakuan dari rekan-rekan Anda adalah perasaan yang sangat istimewa! Terima kasih kepada PFA dan selamat kepada semua pemenang dan nominasi lainnya malam ini."

Baik Saka dan Haaland juga terpilih dalam PFA Premier League Team of the Year yang mencakup total sembilan pemain antara Man City dan Arsenal.


Peringkat Liga Inggris

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya