Hasil Euro 2024: Dramatis, Prancis Singkirkan Portugal 5-3 Lewat Adu Penalti

Timnas Prancis berhasil lolos ke semifinal Euro 2024 dan bakal menghadapi Spanyol usai menang 5-3 lewat adu penalti lawan Portugal.

oleh Defri Saefullah diperbarui 06 Jul 2024, 04:49 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2024, 04:43 WIB
Bruno Fernandes
Gelandang Portugal Bruno Fernandez terjungkal saat berebut bola dengan bek Prancis William Saliba pada laga perempat final Euro 2024 (AP)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Prancis berhasil lolos ke semifinal Euro 2024 usai menang 5-3 atas Portugal lewat adu penalti pada laga perempat final yang berlangsung di stadion Volksparkstadion, Hamburg, Sabtu (6/7/2024). Prancis sukses eksekusi seluruh penalti, sedangkan Joao Felix gagal eksekusi satu penalti Portugal.

Prancis bakal menghadapi Spanyol di laga semifinal Euro 2024 pada Selasa (10/7/2024). Ini bakal jadi duel menarik yang bisa jadi penentu siapa juara.

Jalannya Pertandingan Portugal vs Prancis

Kedua tim bermain cukup hati-hati sampai menit ke-5. Belum ada peluang berbahaya dan gol tercipta baik dari Prancis maupun Portugal.

Menit ke-10, Portugal mendapatkan tendangan bebas dan corner sekaligus. Bruno Fernandes sebagai eksekutor belum maksimal arahkan bola sehingga skor masih 0-0.

Bruno Fernandes jajal keberuntungan di menit ke-16 lewat tembakan keras. Namun bola mengenai bek Prancis sehingga hanya menghasilkan corner.

Giliran Theo Hernandez yang menjajal keberuntungan Prancis di menit ke-20. Tembakan kerasnya masih bisa ditepis Diogo Costa.

Raphael Leao tampak menjadi ancaman nyata buat Prancis lewat dribelnya dari sayap kiri. Toh Prancis mampu meredamnya hingga menit ke-27.

Duel Portugal vs Prancis berjalan sangat ketat. Prancis saja baru melepas 3 tembakan hingga menit ke-34. Portugal baru satu tembakan.

Hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 antara Portugal melawan Prancis tetap bertahan. Adakah yang bisa mencetak gol di babak kedua?

 

 


Babak Kedua Portugal vs Prancis di Euro 2024

Cristiano Ronaldo
Bintang Portugal dibayangi bek Prancis Dayot Upamecano pada laga perempat final Euro 2024 (AP)

Kylian Mbappe langsung beraksi di babak kedua. Tepatnya di menit ke-50, dia melepas tembakan usai umpan satu dua dengan Randal Kolo Mouani tapi tepat ke arah kiper.

Sementara itu, berdasarkan lansiran squawka, Ronaldo tampak belum memberi dampak apa-apa. Dia bahkan hanya menyentuh bola 11 kali sepanjang babak pertama.

Portugal membuka dua peluang langsung di menit ke-61. Manfaatkan umpan Cancelo, Bruno Fernandes lepas tembakan yang masih bisa ditepis. Bola rebound pun coba dimanfaatkan Cancelo tapi gagal berbuah gol.

Kiper Mike Maignan tampil luar biasa. Dia menepis tembakan Vitinha di menit ke-63, juga tendangan backheel Ronaldo. Skor masih setia 0-0 antara Portugal melawan Prancis.

Portugal tampak lebih agresif di babak kedua. Sampai menit ke-65, jumlah tembakan meningkat sampai 7, lewat jumlah tembakan Prancis yang berjumlah enam.

Prancis pun nyaris mencetak gol lewat Randal Kolo Mouani di menit ke-66. Namun tembakannya masih bisa diblok Ruben Dias.

Peluang super emas didapatkan Prancis lewat Eduardo Camavinga. Tembakannya dari sisi kanan di menit ke-70 meluncur tips kearah kiri gawang. Nyaris!

25 menit terakhir, Prancis mulai tambah daya gedor. Ini utamanya terjadi usai Ousmane Dembele masuk gantikan Antoine Griezmann, tapi Prancis belum juga cetak gol sampai menit ke-86.

N'Golo Kante mencoba peruntungan lewat tembakan jarak jauh di menit ke-88. Tendangannya tepat mengarah ke Diogo Costa. Duel sepertinya bakal mengarah ke perpanjangan waktu. 

Hingga pertandingan berakhir, skor masih tetap 0-0. Duel Portugal vs Prancis dilanjutkan ke perpanjangan waktu.


Babak Perpanjangan Waktu Portugal vs Prancis

Raphael Leao
Raphael Leao mendengarkan instruksi dari Roberto Martinez saat laga Portugal vs Prancis di perempat final Euro (AP)

Cristiano Ronaldo membuang peluang emas di menit ke-93. Mendapatkan umpan tarik Bernardo Silva, tendangannya masih melambung ke langit. Padahal, dia sudah di depan gawang dan tak dijaga.

Kylian Mbappe juga gagal maksimalkan peluang di menit ke-97. Mendapatkan umpan dari Ousmane Dembele yang sudah berlari jauh, Mbappe terlalu lama menggoreng bola sehingga tembakannya bisa diblok.

Hingga babak pertama perpanjangan waktu berakhir, skor masih setia 0-0. Portugal dan Prancis seperti sudah kehabisan tenaga.

Babak Kedua Perpanjangan Waktu

Kylian Mbappe diganti Barcola di babak kedua perpanjangan waktu. Sedangkan Joao Felix masuk untuk gantikan Raphael Leao.

Joao Felix langsung dapatkan peluang di menit ke-108. Manfaatkan umpan Conceicao, sundulan Joao Felix masih menyamping. Apakah duel ini bakal dilanjutkan adu penalti?

Menit ke-112, giliran Prancis mendapatkan peluang lewat Ousmane Dembele. Menyerang dari kanan, tendangan kaki kirinya masih melambung di atas gawang.

Peluang terakhir Portugal didapatkan Nuno Mendes tapi tembakannya mengarah kepada Maignan. Skor tetap 0-0 sampai pertandingan berakhir dan dilanjutkan adu penalti.

Adu Penalti Portugal vs Prancis

Prancis memilih Ousmane Dembele jadi eksekutor pertama. Winger PSG ini mengubah skor 1-0 untuk Prancis.

Portugal samakan skor 1-1 usai Ronaldo eksekusi penalti dengan baik. Tembakannya ke arah kiri tak bisa ditepis Maignan.

Prancis kembali unggul 2-1 lewat gol penalti Youssof Fofana. Bernardo Silva membuat skor jadi 2-2 untuk Portugal.

Jules Kounde bikin Prancis kembali unggul 3-2. Portugal tertinggal karena tendangan Joao Felix mengenai tiang.

Barcola membuat Prancis unggul 4-2 usai penaltinya sukses. Nuno Mendes jaga harapan Portugal saat membuat skor jadi 4-3.

Theo Hernandez tuntaskan kemenangan Prancis usai sukses eksekusi penalti. Prancis menang 5-3.


Susunan Pemain Portugal vs Prancis

Cristiano Ronaldo
Bintang Portugal Cristiano Ronaldo beradu cepat dengan Theo Hernandez pada laga perempat final Euro 2024 (AP)

Portugal (4-2-3-1): Diogo Costa; Cancelo, Dias, Pepe, Mendes; Vitinha, Palhinha; Silva, Fernandes, Leao; Ronaldo

Prancis (4-3-3): Maignan; Jules Kounde, Dayot Upamecano, Saliba, Theo Hernandez; Kante, Tchouameni, Camavinga; Griezmann, Mbappe, Kolo Muani

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya