Kena Sanksi Satu Pertandingan Gara-Gara Lemparan Dalam, Manajer Manchester United Membela Diri

Mendapat sanksi, Ten Hag tidak akan berada di pinggir lapangan untuk lawatan Manchester United ke Goodison Park usai jeda internasional, saat menghadapi Everton di Liga Inggris.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 13 Nov 2023, 09:30 WIB
Diterbitkan 13 Nov 2023, 09:30 WIB
Erik ten Hag
Pelatih Kepala Manchester United, Erik Ten Hag (tengah) berbicara dengan Bruno Fernandes (kiri) saat pertandingan sepak bola final Piala Liga Inggris antara Manchester United dan Newcastle United di Stadion Wembley di London, Minggu, 26 Februari 2023. Manchester United sukses mengakhiri puasa gelar pada Minggu (26//2023). MU menjadi juara Piala Liga Inggris atau Carabao Cup 2022/2023 setelah menang 2-0 atas Newcastle United di Stadion Wembley, London. (AP Photo/Alastair Grant)

Liputan6.com, Jakarta Erik ten Hag telah dijatuhi larangan mendampingi timnya satu pertandingan gara-gara protesnya saat Manchester United menang atas Luton pada Sabtu lalu. Pada laga itu, Setan Merah kembali ke jalur kemenangan di Old Trafford usai mengalahkan Hatters 1-0 berkat gol Victor Lindelof.

Namun, di antara keseruan pertandingan Manchester United lawan Luton, penonton mungkin melewatkan kejadian ketika Ten Hag mendapat kartu kuning karena mengeluh tentang lemparan ke dalam.

Peraturan baru Liga Inggris menyatakan bahwa tiga kartu kuning akan mengakibatkan larangan satu pertandingan bagi para manajer. Sebelumnya, aturan hukuman sebanyak empat kartu kuning, tapi kini menjadi tiga kartu kuning.

Dengan hukuman ini, Ten Hag tidak akan berada di pinggir lapangan untuk lawatan United ke Goodison Park usai jeda internasional, saat menghadapi Everton di Liga Inggris.

Terkait dengan pemberian kartu kuning setelah pertandingan, pelatih asal Belanda itu mengatakan menerima putusan tersebut. "Ya, begitulah adanya, jadi saya harus menerimanya. Itu tidak bagus tapi saya yakin kami akan bersiap untuk itu," kata Ten Hag pada beIN Sports.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Posisi Ten Hag Sementara Digantikan Staf Pelatih

Erik ten Hag - Manchester United - Liga Inggris
Manajer Manchester United Erik ten Hag dalam pertandingan Liga Inggris melawan Brighton & Hove Albion di Stadion American Express Community, Jumat (5/5/2023) dini hari WIB. (Glyn KIRK / AFP)

"Staf pelatih saya akan mengambil alih, mereka sangat kompeten untuk melakukan pekerjaan itu," kata Ten Hag.

"Jadi itu adalah momen yang sangat jelas, itu adalah lemparan ke dalam," jelas Ten Hag pada konferensi pers pasca pertandingan.

"Tapi itu yang kedua kalinya. Saya berada di atasnya dan itu sangat jelas dan nyata [itu] bola kami. Itu adalah ucapan saya, oleh karena itu, saya mendapat kartu kuning," ujarnya lagi.


Kemenangan Bikin Erik ten Hag Bisa Bernapas Lega

Erik ten Hag - Manchester United - Liga Inggris
Manajer Manchester United Erik ten Hag. (Darren Staples / AFP)

Ditanya apakah dia akan mendapat denda atas insiden tersebut, Ten Hag menjawab: "Jika pemain mendapat kartu merah, mereka mungkin akan didenda. Tapi, untuk kartu kuning, mereka tidak didenda. Ada poin tertentu yang Anda miliki untuk menerima keputusan, apa yang harus saya lakukan juga."

Sementara itu, kemenangan United atas Luton membuat mereka berada di urutan keenam klasemen sementara Liga Inggris dan akan memberi Ten hag ruang bernapas yang berharga seiring berkembangnya spekulasi mengenai masa depannya di Old Trafford.


Posisi Erik ten Hag Mulai Tersudut di Old Trafford

Foto: Di Ambang Reuni, Begini Kebersamaan Erik Ten Hag dan Andre Onana yang Sedang Diincar MU
Pelatih Ajax Amsterdam, Erik Ten Hag saat laga 32 besar Liga Europa 2019/2020 melawan Getafe di Coliseum Alfonso Perez Stadium, Getafe, 20 Februari 2020. (AFP/Javier Soriano)

Sebelumnya, akibat performa buruk di awal musim, Ten Hag kini semakin tersudut. Fans mulai kehilangan kesabaran dan menuntut pergantian manajer.

Pasalnya start MU musim ini lebih buruk dibandingkan manajer lain seperti David Moyes, Jose Mourinho, Ole Gunnar Solskjaer hingga Louis van Gaal yang langsung dipecat.


Pemain Manchester United Masih Mendukung Ten Hag

Foto: Masih Bela MU, Ini Dia 5 Pemain Aktif Setan Merah dengan Penampilan Terbanyak di Semua Ajang
Striker Manchester United, Marcus Rashford mendapat instruksi dari pelatih Erik ten Hag saat bersiap kembali memasuki lapangan menghadapi Leeds United pada laga Liga Inggris 2022/2023 di Elland Road, Leeds (12/2/2023). Marcus Rashford hingga kini telah bermain dalam 345 laga di semua ajang sejak dipromosikan dari tim U-18 pada tengah musim 2015/2016. Ia telah mencetak total 118 gol dan 66 assist dari jumlah laga tersebut.(AFP/Oli Scarff)

Meski dalam tekanan hebat, Ten Hag beruntung karena para pemain ternyata masih mendukungnya. Bocoran ini diungkap striker MU Rasmus Hojlund usai laga kontra FC Kopenhagen.

"Saya pikir semua pemain di ruang ganti mendukung penuh Erik ten Hag. Saya berharap ini hanya masalah waktu saja (untuk kembali meraih kemenangan)," ujar Rasmus Hojlund kepada Manchester Evening News, Kamis (9/11/2023).

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya