Era Baru Dimulai, CEO Manchester United Richard Arnold Resmi Mengundurkan Diri Setelah 16 Tahun Mengabdi

CEO Manchester United, Richard Arnold, resmi mengundurkan diri setelah menghabiskan 16 tahun di klub. Keputusan ini diambil setelah MU mengumumkan kesepakatan investasi dengan Sir Jim Ratcliffe.

oleh Razaqa Hariz diperbarui 13 Des 2023, 18:30 WIB
Diterbitkan 13 Des 2023, 18:30 WIB
Manchester United
Richard Arnold. (Dok. Man United)

Liputan6.com, Jakarta - CEO Manchester United, Richard Arnold, resmi mengundurkan diri setelah menghabiskan 16 tahun di klub. Keputusan ini diambil setelah MU mengumumkan kesepakatan investasi dengan Sir Jim Ratcliffe.

Dilansir dari Mirror, Arnold dicopot dari jabatannya sebagai direktur pada 8 Desember dan kehilangan status sebagai 'orang dengan kendali signifikan' di klub. Patrick Stewart, Penasihat Umum MU, sekarang menjabat sebagai pengganti Arnold untuk sementara waktu.

"Merupakan suatu keistimewaan yang luar biasa untuk melayani klub sepak bola hebat ini selama 16 tahun terakhir. Melalui suka dan duka, yang konstan adalah dedikasi dari karyawan dan penggemar kami," ungkap Arnold dikutip Mirror.

Sir Jim Ratcliffe diketahui sedang dalam proses menyelesaikan kesepakatan senilai £1,3 miliar untuk memperoleh 25 persen saham di MU.

Kesepakatan ini juga akan memberinya kendali atas bisnis olahraga yang sebelumnya dipegang oleh Glazers. Sebagai Ketua INEOS, dia diperkirakan akan melakukan beberapa perubahan signifikan, terutama setelah mengkritik klub karena pengeluaran transfer yang dianggapnya "uang yang dihabiskan dengan tidak bijak".

Dampaknya, beberapa pimpinan MU berisiko kehilangan pekerjaan, dan Arnold, yang mengambil alih sebagai CEO menggantikan Ed Woodward pada Februari 2022, menjadi korban pertama. Sebulan yang lalu, diumumkan bahwa ia akan meninggalkan Setan Merah, dan sekarang kepergiannya telah diresmikan.   

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka semua atas kesetiaan dan komitmen mereka, dan berharap semua orang yang terkait dengan klub mendapatkan yang terbaik di masa depan," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Glazer Berterima Kasih atas Jasa Arnold

Foto: Owner Manchester United Glazer Family.
Joel Glazer (Kanan) sekali lagi meminta maaf atas keterlibatan Manchester United di Liga Super Eropa. (Dok. Sky Sports)

Keluarga Glazer merespon kepergian Richard Arnold dengan kesedihan dan mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam atas kontribusinya selama 16 tahun di MU.   

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Richard atas pengabdiannya yang luar biasa kepada Manchester United selama 16 tahun terakhir, dan mendoakan yang terbaik untuk usahanya di masa depan," ucapnya.

 


Ratcliffe ingin Jean-Claude Blanc Menjadi Pengganti

Foto: Sir Jim Ratcliffe, Miliarder Inggris yang Dikabarkan Tertarik Beli Manchester United
Ketertarikan miliarder kaya raya asal Inggris, Sir Jim Ratcliffe terhadap MU tampaknya juga harus mendapat persaingan. Perusahaan Amerikas Serikat, Apollo dikabarkan juga memiliki ketertarikan untuk membeli sejumlah saham Manchester United. Bahkan, diskusi awal antara Apollo dan Glazer dikabarkan sudah terjadi. (AFP/Valery Hache)

Jean-Claude Blanc, mantan kepala PSG, diperkirakan akan menjadi pengganti Arnold setelah meninggalkan PSG untuk memimpin divisi olahraga INEOS pada tahun 2022.   

Selama periode 11 tahun di Parc des Princes, Blanc menyaksikan PSG meraih 20 trofi, termasuk lima gelar Liga Prancis. Setelah merasa pencapaiannya sudah mencukupi, ia menerima tawaran dari Sir Jim Ratcliffe untuk menjabat sebagai CEO di divisi olahraga INEOS.   


Peringkat Sementara Manchester United

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya