Manchester United Gagal Tampil di Kompetisi Eropa, Gaji Erik ten Hag Bakal Dipotong 25 Persen

Erik Ten Hag bawa Manchester United ke final Piala FA, tapi Setan Merah saat ini ada di urutan keenam klasemen Liga Inggris 2023/2024, selisih 13 poin di belakang tim urutan keempat Aston Villa.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 25 Apr 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 25 Apr 2024, 14:00 WIB
Manchester United vs Sheffield United
Alejandro Garnacho dari Manchester United, kanan, berebut bola dengan Jayden Bogle dari Sheffield United selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester United dan Sheffield di Stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Rabu, 24 April 2024. (AP Photo/Dave Thompson)

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester United Erik ten Hag harus menelan pil pahit jika dia tetap ingin mempertahankan pekerjaannya pada Liga Inggris musim 2024/2025. Dia harus rela gajinya di Old Trafford dipotong sebesar 25 persen.

Saat ini terdapat spekulasi luas seputar masa depan pelatih asal Belanda itu. Bahkan, pemegang saham minoritas baru klub Sir Jim Ratcliffe sudah menyusun daftar 10 orang yang berpotensi menjadi penggantinya.

Ten Hag memang telah berhasil membawa Setan Merah ke final Piala FA, tetapi tim tersebut saat ini berada di urutan ketujuh klasemen Liga Inggris, atau 16 poin di belakang tim urutan keempat Aston Villa, meskipun dengan dua pertandingan tersisa.

Akibatnya, mendapat tempat di Liga Champions musim depan sangat kecil kemungkinannya. Dilansir ESPN, absennya MU dari kompetisi Eropa akan membuat gaji Ten Hag dipotong sebesar 25%.

Laporan tersebut mengklaim bahwa mantan pelatih kepala Ajax saat ini berpenghasilan sekitar 9 juta pounds per tahun, sehingga pengurangan tersebut akan membuat gajinya berkurang menjadi sekitar 6,75 juta pounds.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manajemen Berencana Pertahankan Ten Hag

Foto: 5 Pelatih Liga Inggris yang Terancam Dipecat
Erik Ten Hag menjadi salah satu pelatih yang terancam kehilangan pekerjaan. Performa MU yang angin-anginan membuat nama sang pelatih mencuat sebagai orang yang harus bertanggung jawab atas melemahnya penampilan MU musim ini. (AFP/Oli Scarff)

Terlepas dari kesulitan tim selama musim 2023-24, manajemen klub masih berencana untuk menunjuk Ten Hag sebagai pelatih pada awal musim depan.

Ten Hag diharapkan bisa memberikan lebih banyak trofi musim ini. Terdekat, Setan Merah akan menghadapi Manchester City di final Piala FA pada akhir Mei.

Namun, penampilan dan hasil yang lebih buruk di tahap akhir musim dapat menyebabkan klub berpikir ulang, dengan dua pertandingan liga berikutnya melawan dua tim terbawah Sheffield United dan Burnley.


Cedera Pemain Ganggu Pekerjaan Ten Hag

Erik ten Hag - Brentford vs Manchester United
Pelatih Manchester United, Erik ten Hag jelang laga menghadapi Brentford pada laga pekan ke-30 Premier League 2023/2024 di Gtech Community Stadium, London, Sabtu (30/3/2024). (AP Photo/Ian Walton)

Penampilan Man United di semifinal Piala FA melawan Coventry City pada Minggu lalu memang mengkhawatirkan, namun mereka akhirnya berhasil melaju ke final berkat adu penalti.

Benar juga bahwa klub mengalami masalah cedera parah musim ini. Ten Hag kehilangan sejumlah pemain penting dalam waktu lama, ternyata berdampak besar pada penampilan dan hasil.


Calon Pengganti Ten Hag Punya Kekurangan

Foto: Timnas Inggris Geber Latihan Jelang Bentrok dengan Juara Bertahan Euro, Italia
Pelatih kepala Timnas Inggris, Gareth Southgate saat latihan persiapan menjelang laga Kualifikasi Euro 2024 melawan Italia yang berlangsung di St George's Park, Burton-on-Trent, Inggris, 21 Maret 2023. The Three Lions dijadwalkan akan bertandang ke Italia pada Sabtu (25/03/2023) dini hari WIB di Stadion Diego Armando Maradona, Napoli. (AFP/Paul Ellis)

Sementara itu, beberapa calon pengganti Ten Hag dinilai masih memilik beberapa kekurangan. Bos Inggris Gareth Southgate adalah penunjukan berisiko karena kurangnya pengalamannya di level klub.

Sementara itu, Graham Potter, meski memiliki bakat yang jelas, pernah mengalami kesulitan di Chelsea, dan ada tanda tanya mengenai kesesuaiannya untuk peran tersebut di Old Trafford.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya