Hasil BRI Liga 1: Dihajar Persija, PSIS Gagal Rebut Tiket Championship Series dari Madura United

PSIS Semarang gagal merebut tiket Championship Series BRI Liga 1 lantaran takluk dari Persija Jakarta di laga pekan terakhir. Madura United yang bermain imbang dengan Arema FC jadi pemilik tiket tersebut lantaran berhasil finis di urutan 4 klasemen akhir.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 30 Apr 2024, 17:15 WIB
Diterbitkan 30 Apr 2024, 17:15 WIB
Riko Simanjuntak dan Lucao - Persija Vs PSIS di BRI Liga 1 2023/2024
Winger Persija Jakarta, Riko Simanjuntak mencoba lepas dari pengawalan bek PSIS Semarang, Lucao dalam laga pekan ke-34 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (30/4/2024) sore WIB. PSIS Semarang kalah 1-2 dari Persija Jakarta, sehingga gagal melaju ke championship series BRI Liga 1 2023/2024. (Bola.com/Abdul Aziz)

Liputan6.com, Jakarta PSIS Semarang gagal merebut tiket Championship Series BRI Liga 1 2023/2024. Kepastian ini didapat usai Laskar Mahesa Jenar kalah 1-2 dari Persija Jakarta dalam duel pekan terakhir yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa (30/4/2024) sore WIB.

PSIS justru harus rela melorot ke peringkat 6 klasemen akhir BRI Liga 1 menyusul kegagalannya mengamankan poin. Sementara itu, tiket terakhir championship series resmi menjadi milik Madura United yang finis di posisi 4 besar dengan perolehan 55 angka dari 34 laga setelah ditahan imbang Arema FC di pekan ke-34.

Menilik jalannya duel, Persija Jakarta dan PSIS Semarang kesulitan membongkar lini pertahanan masing-masing di awal babak pertama. Tak ada ancaman terlalu berbahaya yang mampu dibuat hingga laga berjalan lebih dari 20 menit.

Macan Kemayoran sempat mendapat peluang bagus ketika Boubakary Diarra melakukan pelanggaran terhadap Hanif Sjahbandi jelang cooling break. Persija Jakarta diberi hadiah tendangan bebas dari jarak ideal, tetapi bola yang diarahkan ke gawang tim tamu langsung mampu ditepis oleh kiper Rizky Darmawan.

PSIS Semarang pun coba balas menebar ancaman lewat aksi Gali Freitas pada menit 36. Ia melepaskan tendangan on target ke jaring kawalan Cahya Supriadi. Namun, aksi itu langsung diamankan oleh penjaga gawang tuan rumah.

Tak ada gebrakan signifikan yang dibuat kedua tim jelang memasuki pengujung waktu normal babak pertama. Tambahan durasi sekitar 4 menit saat injury time gagal dimanfaatkan, sehingga skor 0-0 bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Kedua Persija Jakarta Vs PSIS Semarang

BRI Liga 1 2021: Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang
Pemain PSIS Semarang, Fredyan Wahyu Sugiantoro berusaha mengejar bola saat melawan Persebaya Surabaya dalam laga pekan ke-6 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (03/10/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Persija Jakarta lanjut menebar ancaman serius di babak kedua melawan PSIS Semarang. Peluang kembali didapat lewat skenario tendangan bebas dari jarak dekat, tetapi kiper tim tamu lagi-lagi menunaikan tugasnya dengan baik untuk mencegah terjadinya gol.

Kebuntuan akhirnya terpecah pada menit 64. PSIS Semarang lebih dulu membuka keunggulan usai Fredyan Wahyu melepas shooting dengan kaki kiri yang memanfaatkan crossing Riyan Ardiansyah. Skor berubah menjadi 1-0.

Sayangnya, kegembiraan PSIS tak bertahan lama. Baru tiga menit berselang, Persija Jakarta sudah berhasil menyamakan kedudukan lantaran header Marko Simic gagal diantisipasi oleh Rizky Darmawan.

Macan Kemayoran pun tampil makin perkasa setelah berhasil mengejar ketertinggalan dari tim tamu. Di menit 73, anak-anak asuh Thomas Doll menggandakan torehan skornya lewat direct free kick Maciej Gajos yang bersarang di sudut kiri jaring PSIS Semarang.

Tak ada gol baru yang tercipta di sisa waktu normal babak kedua hingga injury time. Skor 2-1 untuk keunggulan Persija Jakarta atas PSIS Semarang bertahan sampai bubaran.


Madura United Segel Tiket Championship Series

Liga 1 Persikabo 1973 vs Madura United
Pemain Madura United, Malik Risaldi, merayakan gol setelah mencetak gol ke gawang Persikabo 1973 dalam laga pekan kesembilan BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (19/8/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Adapun di tempat berbeda, duel Madura United melawan Arema FC juga diawali dengan kebuntuan. Duo kesebelasan sama-sama sulit membongkar lini pertahanan masing-masing untuk mencetak gol di paruh pertama.

Laskar Sape Kerrab sempat coba mengancam pada menit ke-18 ketika Dalberto melepas tendangan jarak jauh yang langsung menyasar jaring Arema. Keuntungan bagi tim tamu lantaran bola kirimannya masih melebar dari tiang gawang.

Tak ada perubahan yang ditunjukkan kedua tim di sisa waktu babak pertama. Skor imbang tanpa gol mau tak mau bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Madura United dan Arema FC pun belum berhasil keluar dari kebuntuan. Pertandingan bergulir hingga menit 60 dengan tidak adanya satu pun gol pun tercipta.

Nestapa justru menghampiri Laskar Sape Kerrab di menit 73. Novan Sasongko diganjar kartu merah oleh wasit yang membuat dia terpaksa meninggalkan lapangan lebih dulu. Arema FC yang sudah unggul jumlah pemain gagal memanfaatkan keuntungan tersebut.

Duel berakhir imbang 0-0 di pekan terakhir Regular Series BRI Liga 1, yang memastikan Madura United jadi pemilik tiket keempat championship series musim ini.


Dewa United Finis di Urutan 5

Foto: Tampil Spartan, Dewa United Lumat Persita Tangerang di BRI Liga 1
Pemain Dewa United merayakan gol yang dicetak oleh Egy Maulana Vikri saat melawan Persita Tangerang pada laga BRI Liga 1 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Kamis (27/3/2024). Kemenangan ini membuat Dewa United naik ke posisi enam klasemen sementara BRI Liga 1 2023/2024 dengan 44 poin. Di sisi lain, Persita tertahan di posisi ke-14 dengan 31 poin. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sementara itu, Dewa United yang sebelumnya memiliki sedikit peluang tersisa untuk melaju ke championship series juga dipastikan gagal tembus ke empat besar berkat hasil imbang di laga Madura United vs Arema FC.

Tangsel Warrior semula bertengger di urutan 6 klasemen BRI Liga 1 dengan selisih 3 poin dari Madura United di urutan 4. Praktis, tim yang bermarkas di Indomilk Arena harus memenuhi sejumlah syarat berat untuk membuat keajaiban.

Pertama, Madura United wajib kalah di pekan terakhir. PSIS Semarang juga perlu menelan hasil minor atau setidaknya bermain imbang di laga pemungkas. Selanjutnya, Dewa United harus menang alias merup tiga poin dengan selisih gol akhir di atas Madura United serta PSIS apabila Laskar Mahesa Jenar mencetak hasil seri.

Sayangnya, dengan capaian imbang Laskar Sape Kerrab di laga kontra Arema, syarat-syarat tersebut otomastis gagal dipenuhi. Dewa United berakhir sebagai penghuni peringkat 5 tabel BRI Liga 1 dengan perolehan 54 poin usai menang 2-1 atas Borneo FC di pekan 34.


Klasemen Akhir BRI Liga 1 2023/2024

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya