3 Pemain Paling Moncer Milik Timnas Inggris: Jadi Senjata Andalan di Euro 2024

Ada setidaknya 3 pemain Timnas Inggris paling moncer yang bisa jadi andalan Gareth Southgate dalam Euro 2024. Siapa saja mereka? Simak ulasannya pada halaman berikut.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 30 Mei 2024, 03:00 WIB
Diterbitkan 30 Mei 2024, 03:00 WIB
Harry Kane dan Jude Bellingham di Timnas Inggris.
Jude Bellingham dan Harry Kane jadi dua dari bintang Timnas Inggris yang bisa jadi andalan di Euro 2024. (AFP/Gabriel Bouys)

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Euro 2024 bakal bergulir mulai 14 Juni mendatang. Sebanyak 24 tim nasional papan atas Eropa siap berpartisipasi, dengan seluruh peserta dibagi ke dalam enam grup berbeda.

Inggris di bawah asuhan Gareth Southgate tak ketinggalan ambil bagian dalam perhelatan kali ini. Skuad The Three Lions tergabung di grup C dan akan menghadapi persaingan sengit dengan Slovenia, Denmark, serta Serbia.

Adapun laga perdana Timnas Inggris dijadwalkan berlangsung pada Senin (17/6/2024) di Veltins-Arena. Anak-anak asuh Southgate nantinya akan bentrok dengan Serbia guna memperebutkan tambahan 3 poin di klasemen.

Meski timnas Inggris pernah menorehkan sejarah dengan meraih gelar Piala Dunia pada 1966, kiprah mereka di panggung Piala Eropa belum sepenuhnya memuaskan. Pencapaian terbaik Inggris hanyalah menjadi runner-up di edisi 2020 usai kalah lewat drama adu penalti dari Italia.

Tak ayal, Euro 2024 bakal menjadi panggung baru buat Timnas Inggris mengakhiri dahaga gelar. Pelatih Gareth Southgate diyakini bakal menurunkan kekuatan terbaik demi membuat gebrakan di ajang empat tahunan tersebut.

Ada setidaknya 3 pemain paling moncer yang bisa jadi andalan Southgate dalam Euro 2024. Siapa saja mereka? Simak ulasannya pada halaman berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Harry Kane (Bayern Munchen)

Foto: Aksi Berkelas Bukayo Saka dan Harry Kane di Markas MU Bawa Inggris Hancurkan Makedonia Utara pada Kualifikasi Euro 2024
Para pemain Timnas Inggris merayakan gol keenam ke gawang Makedonia Utara yang dicetak Kalvin Phillips (tengah) pada laga Grup C kualifikasi Euro 2024 antara Timnas Inggris menghadapi Makedonia Utara di Old Trafford, Manchester (19/6/2023). (AP Photo/Dave Thompson)

Harry Kane merupakan pencetak gol konsisten milik Timnas Inggris. Dia setia membobol jaring lawan, baik saat menunaikan tugas bersama klub maupun tim nasional.

GiveMeSport mencatat pesepak bola berusia 30 tahun itu mampu melesakkan 44 gol dan 12 assists dalam 45 penampilan untuk Bayern musim ini, meski timnya gagal mempertahankan mahkota Bundesliga.

Sementara itu di level internasional, Kane sudah tampil 89 kali bersama The Three Lions sejak debut pada 2015 silam dan menyumbangkan 62 gol untuk negaranya.

Tak heran jika Harry Kane layak dijadikan andalan Gareth Southgate di area serangan Timnas Inggris, mengingat dia juga punya kapabiliatas bagus dalam bekerja dengan pemain sayap serta mengelola bola secara tajam melewati lini depan.


2. Jude Bellingham (Real Madrid)

Foto: Belum Genap 20 Tahun, 5 Pemain ABG Berikut Berpeluang Membela Negaranya di Piala Dunia 2022 Qatar
Jude Bellingham. Gelandang tengah Inggris berusia 19 tahun yang sejak awal musim 2020/2021 membela Borussia Dortmund ini diperirakan akan masuk skuad Three Lions dalam putaran final Piala Dunia 2022 Qatar. Bersama Borussia Dortmund ia telah tampil dalam 107 laga di semua ajang dengan torehan 18 gol dan 20 assist. Sementara bersama Timnas Inggris ia telah mengoleksi 17 caps dengan torehan 1 assist sejak melakukan debut pada 12 November 2020. (AFP/Marco Bertorello)

Jude Bellingham kian menjelma menjadi bintang papan atas di musim debutnya bersama Real Madrid. Dia membantu Los Blancos mengunci gelar juara LaLiga 2023/2024 serta menantang Borussia Dortmund di final Liga Champions pada Minggu (2/6/2024) mendatang.

Situs Transfermarkt mencatat Bellingham mampu mengoleksi 23 gol dan 12 assists dalam 41 pertandingan lintas ajang untuk Real Madrid sepanjang musim 2023/2024. Statistik semacam ini umumnya dimiliki oleh striker elite, tetapi sang pemain mampu mencapai hal itu sebagai gelandang serang sembari tetap menjalankan tugas bertahan.

Berkat performanya yang moncer, pemuda berusia 18 tahun cukup sering menjadi andalan Timnas Inggris di bawah asuhan Gareth Southgate. Dia telah membukukan 29 penampilan dan memberi kontribusi 3 gol sejak debut bersama The Three Lions pada November 2020.


3. Phil Foden (Manchester City)

Timnas Wales vs Timnas Inggris Grup B Piala Dunia 2022
Pemain Inggris, Phil Foden saat matchday ketiga Grup B Piala Dunia 2022 melawan Wales di Ahmad Bin Ali Stadium, Rabu (30/11/2022). (AP/Abbie Parr)

Phil Foden tampil gemilang bersama Manchester City di bawah komando Pep Guardiola. Dia bahkan menyabet predikat pemain terbaik Premier League musim ini berkat kontribusinya yang moncer untuk The Citizens.

Foden tercatat menyumbangkan 19 gol dan 8 assists dari total 35 penampilan bersama City di Liga Inggris 2023/2024. Capaian itu sukses membantu pasukan Guardiola mempertahankan gelar sekaligus mencetak sejarah dengan menjadi tim yang mampu mengoleksi trofi Premier League 4 kali berturut-turut.

Adapun di level tim nasional Foden telah mencatatkan 33 penampilan dan 4 assists sejak debut dalam skuad asuhan Gareth Southgate pada September 2020. Dia juga diyakini bisa jadi kunci kesuksesan Timnas Inggris berkat fleksibilitas yang dimiliki.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya