Babak Pertama Timnas Indonesia vs Filipina: Gol Indah Thom Haye Jadi Pembeda

Timnas Indonesia berhasil unggul sementara atas Filipina di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

oleh Thomas diperbarui 11 Jun 2024, 20:23 WIB
Diterbitkan 11 Jun 2024, 20:23 WIB
Timnas Indonesia Ditahan Imbang Tanzania
Timnas Indonesia (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia berhasil memimpin 1-0 atas Filipina di babak pertama laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pada laga di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (11/6/2024), gelandang Thom Haye menjadi pencetak gol pertama skuad Garuda.

Timnas Indonesia mendapat peluang emas pertama di laga ini pada menit ketujuh. Umpan silang Thom Haye begitu memanjakan Marselino Ferdinan. Sayangnya sundulan Marselino masih bisa diamankan kiper Kevin Mendoza.

Filipina sendiri bermain bertahan total. Timnas Indonesia mencoba menembusnya lewat tendangan jarak jauh. Dua kali percobaan dilakukan Thom Haye dan Justin Hubner. Namun masih belum menemui sasaran.

Peluang emas kembali didapat Indonesia pada menit 27. Verdonk nyaris bikin gol di laga debut. Umpan silang Rafael Struick disambar Verdonk di tiang jauh. Namun sepakan Verdonk masih bisa dihalau Mendoza dengan kakinya.

Dua menit kemudian, Mendoza kembali menyelamatkan gawang Filipina. Pemain Persib Bandung ini dengan gemilang bisa menepis sepakan keras kaki kanan dari Marselino.

Indonesia akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit 31. Kesalahan pemain Filipina yang kehilangan bola di daerah sendiri diselesaikan Thom Haye dengan eksekusi menawan. Haye melepaskan tendangan melengkung dari luar kotak penalti sehingga tak kuasa dijangkau Mendoza.

Pada menit 41, Ragnar Oratmangoen mencoba peruntungan mencetak gol seperti Thom Haye. Akan tetapi tendangan jarak jauh Ragnar masih melambung dari gawang Mendoza. Skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Filipina

Timnas Indonesia: Ernando Ari, Jay Idzes, Justin Hubner, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, Calvin Verdonk, Nathan Tjoe A On, Thom Haye, Marselino, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick

Filipina: Kevin Mendoza, Scott Woods, Adrian Ugelvik, Jesper Nyholm, Santiago Rublico, Michael Baldisimo, Dylan Demuynck, Kevin Ingreso, Patrick Reichelt, Zico Bailey, Alex Monis

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya